Kelebihan dan Kekurangan Work From Home dan Tips Menjalaninya dengan Nyaman

work from home

Work from home atau bekerja dari rumah sedang gencar digalakan akibat situasi yang tidak kondusif belakangan ini. Namun sebenarnya Work from Home (WFH) sudah ada sejak dulu. Hanya saja tidak banyak perusahaan yang menerapkannya karena berbagai pertimbangan. WFH sendiri memiliki beberapa macam model pelaksanaan. Ada perusahaan yang tetap menerapkan jam kerja seperti halnya bekerja di kantor. Ada juga perusahaan yang membebaskan jam kerja kepada karyawannya asalkan pekerjaan selesai pada jam tertentu. Apapun model yang digunakan, secara garis besar WFH memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penjelasannya untuk kamu serta tips menjalani WFH agar tetap produktif.

Kelebihan Work From Home

1. Produktivitas Meningkat

Produktivitas kamu dapat meningkat karena kamu bekerja pada waktu yang paling maksimal menurut dirimu sendiri. Bekerja dari rumah artinya kamu bekerja di tempat yang paling nyaman dan cenderung tidak ada tekanan. Hal ini justru meningkatkan produktivitas kerja. Bahkan tak jarang banyak ide dan gagasan baru yang muncul ketika WFH.

2. Pola Hidup yang Seimbang

Dengan bekerja dari rumah, kamu akan memiliki kehidupan yang jauh lebih seimbang antara mengurus pekerjaan dengan menghabiskan waktu dengan keluarga. Penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan karyawan meningkat 10% ketika mereka lebih bebas mengatur jam kerja mereka sendiri. Masih berkaitan dengan poin pertama, pekerjaan yang lebih cepat selesai tentu akan memberikan kamu waktu yang lebih banyak untuk keluarga. Bahkan kamu juga bisa menggunakannya untuk bercengkrama dengan keluarga jauh.

3. Lebih Hemat Pengeluaran

Selain lebih hemat bagi operasional perusahaan, WFH juga akan menghemat pengeluaranmu. Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang bensin, jajan makan siang, dan sebagainya.

4. Lebih Fleksibel Waktu dan Tempat

Karena kamu menentukan sendiri jam kerja dan lokasinya, kamu menjadi lebih fleksibel. Artinya, kamu bisa bekerja di ruang tamu, di kamar, bahkan mungkin di ruang kerja pribadi di rumah. Menurut penelitian The Motley Fool, jam kerja yang fleksibel dapat meningkatkan produktivitas 60% karyawan daripada mereka yang harus bekerja di kantor dengan jam kerja rutin. Karena kamu bisa memiliki manajemen waktu yang lebih baik.

work from home 2 700x467 - Kelebihan dan Kekurangan Work From Home dan Tips Menjalaninya dengan Nyaman

Kekurangan Work From Home

1. Fokus Sering Terganggu

Karena dekat dengan keluarga, terutama anak-anak, sangat besar kemungkinan kamu akan mengalami gangguan sehingga fokus sering terpecah. Tidak hanya keluarga, gangguan seperti hewan peliharaan yang sedang manja, menerima paket dari kurir, dan sebagainya juga bisa memecah konsentrasimu. Terlebih lagi jika kamu mudah teralihkan oleh hal-hal remeh.

2. Berkurangnya Motivasi Kerja

Tentu ada masa kamu akan mengalami penurunan motivasi kerja. Baik itu karena masalah pribadi maupun dengan atasan. Hal ini bisa menghambat pekerjaanmu karena tidak ada tekanan dari manapun untuk menyelesaikannya. Terutama jika kamu orang yang moody.

3. Rentan Miskomunikasi

Work from Home mengharuskan kamu mengirim laporan dan segala macam pekerjaan secara daring atau online. Salah satu kekurangan menggunakan jaringan internet adalah tidak stabil. Sehingga kemungkinan terjadi miskomunikasi sangat tinggi.

4. Susah Melakukan Monitoring

Beberapa jenis pekerjaan sulit dilakukan dengan metode WFH. Begitu juga dengan sistem monitoringnya. Misalnya, pekerjaan lapangan yang mengharuskan kamu bertemu klien, dan sebagainya.

kekurangan wfh 700x467 - Kelebihan dan Kekurangan Work From Home dan Tips Menjalaninya dengan Nyaman

Tips Menjalani WFH

  • Meskipun kamu dapat memulai pekerjaan kapanpun, usahakan untuk tetap bangun pagi dan sarapan. Dengan begitu, konsentrasi kamu masih dalam kondisi prima. Selain itu, kamu juga jadi lebih responsif terhadap atasan.
  • Usahakan untuk selalu memiliki suasana kerja yang kondusif. Jauhkan hal-hal yang berpotensi memecah konsentrasimu. Jika perlu, minta anggota keluarga untuk tidak mengganggu sementara waktu.
  • Disiplin terhadap diri sendiri adalah kunci dari keberhasilan WFH. Tidak hanya sebatas pekerjaan selesai, tapi juga harus dibarengi dengan adanya tanggung jawab dan konsistensi kuat dari kamu.
  • Jika perlu, gunakan banyak catatan pengingat mengenai pekerjaan apa saja yang harus kamu selesaikan pada hari itu (to-do-list). Dengan begitu, kamu mengurangi risiko lupa menyelesaikan satu atau beberapa tugas.
  • Kamu harus memahami batasan dirimu dalam bekerja. Bekerja dari rumah meningkatkan potensi kamu melakukan lembur kerja secara berlebihan. Hal ini juga tidak baik bagi kesehatanmu dan bisa memengaruhi hari kerja berikutnya.

Nah, bagaimana? Kamu jadi semakin paham kan kenapa tidak semua perusahaan masih kesulitan menerapkan Work from Home. Kalau Sahabat Qelola sendiri? Apakah kamu salah satu yang harus menjalani WFH? Jika ya, pastikan tips di atas kamu terapkan ya agar tugas kamu cepat selesai meskipun tidak diawasi. Agar pekerjaanmu tidak terganggu oleh urusan transfer atau membayar tagihan di Indonesia, kamu bisa menggunakan Qelola. Dengan berbagai fiturnya, kamu tidak perlu keluar rumah hanya untuk transfer uang ke Indonesia. Semua transaksi dapat kamu lakukan dari rumah. Unduh dan install Qelola saat ini juga dengan mengikuti tautan ini.

Tags: , , , ,