6 Rekomendasi Kuliner Street Food Malaysia yang Bikin Ketagihan

street food malaysia

Jalan-jalan ke Malaysia kurang lengkap jika tidak mencicipi berbagai kuliner street food-nya yang sangat menggoyang lidah. Setiap kota di Malaysia memiliki kawasan street food yang menyajikan beragam kuliner khas lokal, Chinese, India, Eropa, dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa kuliner street food Malaysia yang wajib Anda coba dan mungkin jarang Anda temui di Indonesia. Check this out!

1. Nasi Lemak

makanan enak 1 - 6 Rekomendasi Kuliner Street Food Malaysia yang Bikin Ketagihan

Sumber: doyanresep.com

Kuliner khas Malaysia satu ini mirip dengan nasi gurih atau nasi uduk yang sangat populer di Indonesia. Nasi lemak terbuat dari campuran nasi dan kelapa serta dicampur rempah-rempah. Selain itu juga ditambahkan lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi, sambal goreng teri kacang, dan sotong. Dijamin Anda akan kenyang setelah menyantap sepiring nasi lemak yang bisa Anda temukan dengan mudah di street food, kedai maupun restoran di Malaysia. 

2. Roti Canai 

Roti satu ini merupakan akulturasi kuliner dari bangsa Melayu dan bangsa India Tamil. Biasanya pemilik kedai roti canai adalah keturunan India atau Bangladesh yang tinggal di Malaysia. Bahan dan cara pembuatan roti canai pun terbilang cukup mudah. Caranya dengan mencampurkan tepung terigu, garam, dan mentega, kemudian diuleni atau di aduk hingga tercampur rata dan tidak lengket. Kemudian ambil sedikit adonan untuk dipipihkan. 

Nah, teknik memipihkan roti inilah yang menjadikan keunikan tersendiri. Hanya orang tertentu yang bisa melakukannya. Salah sedikit, adonan roti bisa sobek atau bahkan terlempar, karena dalam pembuatannya memang harus dilempar dan diputar di udara. Selain roti canai, ada juga berbagai varian barunya, yaitu roti milo, roti’O, roti pisang, roti tisu, dan roti kaya. Tidak harus ke kedai roti, Anda bisa menjumpai roti canai di jajanan pinggiran. Harga satu buah roti canai original atau roti kosong, sangat ramah di kantong hanya sekitar RM1,5 atau Rp4.500. Kenyang tidak harus mahal, kan?

3. Muah Chee

Kuliner street food Malaysia selanjutnya yang bisa Anda cicipi adalah muah chee. Muah chee memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang legit. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang diolah, diberi berbagai isian, dan kemudian ditaburkan ke gula halus dan kacang. Muah chee satu ini mirip dengan mochi, namun Anda akan merasakan perbedaan setelah mencicipinya. Penasaran bukan?

4. Apam Balik

Untitled design 2020 07 01T235046.359 - 6 Rekomendasi Kuliner Street Food Malaysia yang Bikin Ketagihan

Sumber: beautynesia.id

Salah satu makanan khas street food Malaysia yang bisa Anda temukan dengan mudah adalah apam balik. Sekilas apam balik ini mirip dengan martabak manis dari Indonesia. Perbedaannya terletak pada varian rasanya dan bentuk serta teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan martabak manis. Selain itu, penyajian apam balik dilipat menjadi dua, sehingga lebih mirip dengan pancake. Dibagian tengah adonan apam balik diberi sup jagung yang kental, kemudian diberi selai kacang yang semakin menambah kenikmatan. Cobain deh!

5. Cucur Udang

Cucur udang khas Malaysia seperti halnya bakwan di Indonesia. Cucur udang dibuat dari campuran tepung, daun seledri cincang, dan udang utuh yang kemudian digoreng hingga matang dan kering. Biasanya, cucur udang disajikan saat masih dalam keadaan hangat dan terlebih dulu dipotong menjadi beberapa bagian. Jangan lupa, siram potongan cucur udang dengan saus kacang pedas yang pasti akan menggugah selera Anda. Dengan merogoh kocek RM5 atau sekitar Rp15.000, Anda sudah bisa menikmati seporsi cucur udang yang tersebar di berbagai pusat kuliner street food Malaysia.

6. Air Mata Kucing

Untitled design 2020 07 01T234054.046 - 6 Rekomendasi Kuliner Street Food Malaysia yang Bikin Ketagihan

Sumber: cookpad.com

Air Mata Kucing menjadi salah satu minuman andalan Malaysia. Mata kucing adalah nama lain dari buah kelengkeng di Malaysia. Sedangkan air mata kucing adalah minuman yang terdiri dari buah kelengkeng yang sudah dikupas dan dibuang bijinya, kemudian dicampur dengan air dan gula serta es. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air mata kucing juga bisa untuk meredakan panas dalam. Minuman ini cocok menjadi teman makan Anda. Wajib coba, ya!

Baca Juga: Jelajahi 8 Kuliner Malaysia Legendaris yang Tak Akan Terlupakan

Sebelum berangkat liburan ke luar negeri, pastikan Anda menyusun budget dengan teliti. Pastikan Anda bisa mengatur budget liburan dengan baik agar tetap bisa puas mencicipi berbagai kuliner street food Malaysia tersebut di atas. Rencanakan dan siapkan biaya liburan Anda mulai sekarang menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung lagi ketika harus membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment dan transfer uang ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Ajak teman-teman dan keluarga Anda juga untuk memanfaatkan layanan sesama pengguna aplikasi Qelola. Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , ,