8 Kota di Malaysia, Little France Bukit Tinggi Salah Satunya!

kota di malaysia

Malaysia merupakan salah satu destinasi liburan luar negeri favorit orang Indonesia yang jaraknya cukup dekat. Cuaca dan musim yang hampir sama membuat para wisatawan semakin nyaman untuk berjalan-jalan di beberapa kota di Malaysia. Sebelum berangkat ke Malaysia, simak terlebih dahulu beberapa kota indah di Malaysia yang pastinya menawarkan beragam pengalaman baru untuk Anda!

1. Little France Bukit Tinggi, Pahang

fa488ffecb8d284259db140b89fe4272 - 8 Kota di Malaysia, Little France Bukit Tinggi Salah Satunya!

Sumber: expedia.co.id

Bukit Tinggi atau Berjaya Hills terletak di Bentong, Pahang sering kali dilupakan karena keberadaan Genting Highland dan Cameron Highland lebih dikenal oleh wisatawan. Bukit Tinggi memang bukanlah tempat yang penuh dengan hiburan seperti di Genting, melainkan tempat untuk mencari kedamaian bagi wisatawan. Bukit Tinggi dirancang menyerupai kota di Prancis, sehingga dikenal sebagai Little France oleh warga lokal. Di sini Anda bisa menikmati pertunjukkan jalanan dan kafe bernuansa Eropa. Pengunjung juga dapat belajar membuat teh ala Jepang di Zen-inspired Japanese Village.

2. Ipoh, Kota dengan Arsitektur Kolonial

Untitled design 70 - 8 Kota di Malaysia, Little France Bukit Tinggi Salah Satunya!

Sumber: tripadvisor.co.id

Ipoh adalah ibu kota negara bagian Perak di Malaysia. Kota ini berada di area Sungai Kinta, sekitar 180 km utara Kuala Lumpur dan 123 km sebelah tenggara Kota Georgetown, Penang. Karena letaknya berada di antara Kuala Lumpur dan Penang, tak heran jika Ipoh selalu menjadi tempat transit dan destinasi wisata terkenal di Malaysia. Ipoh juga terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat dan murah, lho!

Ketika berlibur di Ipoh, Anda wajib datang ke Birch Memorial Clock Tower yang menjadi legenda karena telah berdiri sejak tahun 1909 silam. Tempat ini bersejarah karena dibangun untuk mengenang James WW Birch, seorang pejabat kolonial Inggris di Perak pada tahun 1826-1875. Selanjutnya adalah Kek Lok Tong yang merupakan sebuah kuil Buddha dan berada di sebuah gua di Gunung Rapat. Di sini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kompleks kuil yang terdiri atas altar utama yang menampilkan dewa-dewa China. Masih banyak sekali wisata menarik di Ipoh yang wajib Anda kunjungi.

3. Johor Bahru, Bermain di Legoland Malaysia 

C8Kj5%2FdCnE75BMxGpYYdcJVuEQbV3CnmF8ONfpQKM2nSWWBIIZYawS1qMa7rEFnfREAefVg3w9SPPqHm4DPBrF2wjrWo%2BMilYnihpeYe1NGxklTDNf2SWOCYdEeU%2BXBux9WD4JOnHCsahVcWw8zxjTtWzfc0Wp4LW8w8P9TaFvF7DRrVlrJiPV2pHEYOMneWq0GaSVrk2kJQDIz4VwKzVpb72x7TSU5Ima5iZxKQr8Y8r%2B%2FYvbZ4m6LsXh6ePvB6B6kEKKc0JBZx6%2F4T1s9bts1EexHQ%2FPnWbUWH5nxBHo0%3D?auto=compress%2Cformat&cs=srgb&ixlib=java 1.1 - 8 Kota di Malaysia, Little France Bukit Tinggi Salah Satunya!

Sumber: traveloka.com

Jika Anda berlibur bersama keluarga dan anak-anak, Johor Bahru menjadi tujuan tepat karena memiliki sejumlah theme park yang dijamin seru! Legoland Malaysia merupakan salah satu theme park tersohor di Malaysia bahkan Asia, berada di Iskandar Puteri, Johor Bahru. Karena lokasinya dekat dengan Singapura, Legoland Malaysia bisa dicapai dengan bus dalam waktu kurang lebih 60 menit.

Legoland Malaysia adalah theme park outdoor dengan lebih 40 macam permainan dan menjadi Legoland pertama di Asia. Ketika akan mengunjunginya, Anda dapat memesan tiket secara online dengan membuka website Legoland. Di sini Anda akan menemui berbagai macam wahana permainan yang tentunya seru dan menyenangkan. 

Legoland menjadi “surga” bagi penggemar lego karena di sini akan menemui banyak miniatur-miniatur yang dibuat menggunakan lego. 

4. Kuala Lumpur dengan Segala Keramaiannya

Kuala Lumpur atau Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur merupakan ibu kota negara Malaysia yang berkembang pesat baik penduduk maupun ekonomi. Kota itu juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kuala Lumpur memiliki beragam destinasi wisata yang dapat Anda nikmati, lho! Selain itu, Kuala Lumpur Malaysia juga berkembang menjadi surga belanja para wisatawan dengan dibangunnya beberapa mal besar. 

Ikon paling terkenal di Kuala Lumpur adalah Menara Kembar Petronas. Menara Kembar Petronas terletak di pusat Kota Kuala Lumpur (Kuala Lumpur City Center), telah menjadi ikon terpopuler dari Kuala Lumpur dan juga Malaysia. Menara ini memiliki 88 lantai dengan ketinggian 452 meter. Anda bisa sekedar berfoto-foto di sekitar menara atau membeli tiket untuk menikmati pemandangan dari atas bangunan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mulai dari siang hari hingga malam hari.

Selanjutnya, Anda bisa berkeliling di Bukit Bintang yang memiliki banyak tempat dengan tampilan instagramable. Anda bisa menikmati wisata kuliner di Jalan Alor yang menyuguhkan beragam hidangan yang lezat dan harga terjangkau. Jika ingin belanja oleh-oleh dan souvenir khas Malaysia, Anda bisa mendatangi Central Park atau Malaysia Heritage Walk yang menjual berbagai kebutuhan wisata dengan harga murah. 

Baca Juga: Berikut Ini Oleh-Oleh Unik yang Wajib Dibawa dari Malaysia

5. Puas Berbelanja di Kota Kuching

Kuching merupakan salah satu kota di Malaysia yang cukup populer di telinga para traveler. Di sini Anda dapat berwisata dengan biaya relatif murah. Mulai dari hotel murah, jajanan kuliner, dan berbagai souvenir di daerah Chinatown semakin menambah kenikmatan liburan Anda di Kuching. Kota Kuching juga menjadi tempat wisata alternatif bagi masyarakat Kalimantan Barat saat ingin memburu barang dengan brand ternama.

Kuching juga menawarkan berwisata dengan penuh ketenangan. Para pecinta alam juga bisa mengunjungi Semenggoh Nature Reserve tempat tinggal orang utama yang hidup di alam bebas. Bako National Park yang mirip sejenis hutan dengan berbagai flora dan fauna yang menarik untuk dijelajahi.

6. Menikmati Keindahan Alam Langkawi

10 things to see - 8 Kota di Malaysia, Little France Bukit Tinggi Salah Satunya!

Sumber: langkawi-info.com

Bagi pecinta suasana pantai dan pulau, liburan ke Langkawi adalah pilihan tepat ketika berkunjung ke Malaysia. Langkawi merupakan sebuah kepulauan yang berada di Laut Andaman dan memiliki julukan “The Jewel of Kedah”. Ya, meski bukan negara kepulauan, Malaysia juga memiliki deretan pantai indah yang bisa menambah vitamin bagi Anda pencari aroma laut. Wisatawan dapat memilih berbagai moda transportasi mulai udara, darat, dan laut untuk mencapai Langkawi. Beberapa pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Beringin, Pantai Rebak, dan Pulau Singa Besar.

Rekomendasi tempat snorkeling terbaik berada di Pulau Payar. Anda akan dibuat takjub akan keindahan laut berwarna biru dan keragaman biota laut. Atau Anda bisa melakukan trekking ringan di Sky Bridge yang berada di puncak Gunung Mat Cincang. Untuk mencapai Sky Bridge bisa juga menggunakan Langkawi Cable Car yang akan membawa Anda menyaksikan pemandangan dari atas.

7. Penang, Surga Dunia Para Pecinta Kuliner

top view georgetown capital penang island malaysia from top penang hill 35977 604 - 8 Kota di Malaysia, Little France Bukit Tinggi Salah Satunya!

Penang memang terkenal dengan pemandangan menakjubkan Kota Georgetown dari atas Penang Hill. Anda bisa berburu kuliner di sebagian besar sudut kota. Saking banyaknya pusat kuliner di Penang, kota ini dijuluki “the best street food”. Coba datangi Gurney Hawker Centre tempat berkumpulnya para pedagang kaki lima. Anda bisa mencicipi aneka makanan khas Malaysia, China, dan India dengan harga murah meriah. Ramah sekali bukan untuk dompet para traveler?

Tidak hanya kuliner, Penang adalah kota dengan suasana bangunan berarsitektur unik dan bernilai sejarah yang tinggi. Tidak mengherankan lagi UNESCO menjadikan Kota Penang dalam daftar warisan budaya di dunia.

8. Putrajaya, Pusat Pemerintahan dengan Bangunan Modern

lago putrajaya - 8 Kota di Malaysia, Little France Bukit Tinggi Salah Satunya!

Sumber: cdn.civitatis.com

Bagi Anda penyuka arsitektur modern, dijamin Anda akan sangat terinspirasi saat mengunjungi salah satu kota di Malaysia ini. Putrajaya akan membawa Anda ke masa depan dengan melihat bangunan-bangunan yang modern dan futuristik. Kota administratif ini memiliki tata kota yang rapi dengan model gedung-gedung bersandingan satu sama lain.

Beberapa destinasi wisata di Putrajaya antara lain:

  • Dataran Kemerdekaan Putrajaya
  • Heritage Square
  • Istana Darul Ehsan
  • Masjid Puta
  • Millenium Monumen (Malaysia)
  • Putrajaya Landmark
  • Taman Selatan
  • Taman Wetlands Putrajaya, dan sebagainya.

Putrajaya sangat mudah dijangkau melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur dan KLIA Transit.

Demikian ulasan mengenai kota di Malaysia yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk berwisata di Malaysia bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung untuk membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,