Asal Mula Kota Kuching di Malaysia dan Sejuta Pesonanya

kota kuching

Kota Kuching merupakan kota terbesar ke-4 di Malaysia. Di sini terdapat berbagai suku, seperti suku Melayu, Dayak, dan suku kecil lainnya. Kuching merupakan ibu kota negara bagian Sarawak, salah satu negara bagian di Malaysia yang terletak di Pulau Kalimantan atau warga Malaysia biasa menyebutnya dengan Borneo.

Kota Kuching merupakan kota terbesar ke-4 di Malaysia setelah Kuala Lumpur, Penang, dan Johor Bahru. Ekonomi yang maju membuat pembangunan di negara bagian Malaysia ini merata dengan kota yang lain. Di bagian utara semenanjung terdapat pusat bisnis, yaitu Penang. Sedangkan di bagian selatan, yaitu Johor Bahru yang menjadi kota terbesar. Sedangkan di Borneo yaitu Kuching yang menjadi pusatnya.

Sejarah Kota Kuching

sungai di kota kuching - Asal Mula Kota Kuching di Malaysia dan Sejuta Pesonanya

Sumber: www.frnews.com

Kota Kuching merupakan Ibu Kota Sarawak, Malaysia. Kota ini juga merupakan ibu kota divisi Kuching. Pada tahun 1827 pada masa Kekaisaran Brunei, Kuching merupakan ibu kota ketiga Sarawak. Kuching menjadi Ibu Kota Sarawak setelah Sarawak diserahkan kepada James Brooke untuk membantu Kerajaan Brunei dalam menghancurkan pemberontakan pada tahun 1841. Kota ini selalu mendapat perhatian dan pembangunan selama pemerintahan Charles Brooke seperti pembangunan sistem sanitasi, rumah sakit, penjara, benteng, dan pasar. Kuching merupakan tujuan utama kuliner bagi wisatawan dan merupakan pintu gerbang utama ketika mengunjungi Sarawak dan Kalimantan.

Ada pun sejarah lokal mengatakan bahwa kota ini diberi nama sesuai dengan sungai kecil yang terdapat di negara tersebut, yaitu “Sungai Kuching” yang melintasi kota. Anda juga dapat menemukan berbagai motif dan hiasan berbentuk kucing di sekeliling kota. Diantaranya, air mancur kucing yang berada di seberang Hotel Grand Margherita. Kemudian juga terdapat sebuah pilar kucing yang ditutupi bunga rafflesia di bundaran sudut Jalan Padungan dan Jalan Chan Chin Ann. Di balai kota utara Kota Kuching juga terdapat patung keluarga kucing.

Wisata dan pesona di kota Kuching

cat museum exterior - Asal Mula Kota Kuching di Malaysia dan Sejuta Pesonanya

Sumber: www.atlasobscura.com

Selain patung-patung yang terdapat di sepanjang jalan Kota Kuching, Anda juga bisa menemukan grafiti kucing di deretan dinding, kemudian toko-toko yang berjejer dengan suvenir kucing, dan bahkan terdapat sebuat kafe yang bertemakan kucing yang diberi nama Meow Meow Cat Café!

Yang menjadi pusat destinasi wisata utama dan yang paling terkenal di Kota Kuching adalah Cat Museum. Di museum ini terdapat lebih dari 4.000 artefak termasuk lukisan dan memorial yang berhubungan dengan kucing. Pada dasarnya, museum tersebut memiliki kaitan erat dengan keberadaan seekor kucing. Beberapa isinya mencakup seekor kucing mumi dari Mesir Kuno, sebuah galeri ikan yang ada hubungannya dengan kucing, dan terdapat lima spesies kucing liar yang ditemukan di Borneo.

Saat Anda berkunjung di kota ini, Anda pasti akan merasa takjub. Hal ini karena selain patung, grafiti bahkan lukisan yang bergambar kucing juga terdapat kucing sungguhan yang sering berkeliaran di kota ini. Saat berada di taman, trotoar, dan bahkan di lampu merah. Bagi Anda penggemar kucing tentu akan menyukai destinasi wisata yang satu ini. Selain itu juga, Kuching merupakan kota yang nyaman dan sangat efisien untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda juga bisa membeli oleh-oleh atau hiasan apa pun itu yang berbentuk kucing karena kota ini tak luput dari yang namanya kucing.

Mengelola Keuangan Ketika di Malaysia

EP 11 2 - Asal Mula Kota Kuching di Malaysia dan Sejuta Pesonanya

sumber : www.malaydaily.com

Saat Anda berada di Kota Kuching, Anda tidak perlu khawatir dengan pembayaran yang harus Anda lakukan saat hendak bertransaksi. Anda bisa menggunakan Qelola sebagai alat bantu dalam transaksi Anda. Bagi Anda yang belum tahu, Qelola adalah sebuah platform keuangan yang menawarkan sebuah cara yang lebih baik dalam mengelola dan mengirim uang Anda. Aplikasi mobile Qelola dapat membantu para pekerja migran (TKI) yang bekerja di luar negeri untuk mengelola dana di negara asal (Indonesia) secara efektif di mana saja dan kapan saja.

Qelola merupakan sebuah aplikasi sejenis perbankan atau m-banking yang bisa Anda jadikan sebagai akses mudah dalam bertransaksi. Tujuan utama dari aplikasi ini berfokus untuk membantu pekerja migran seperti TKI yang bekerja di luar negeri untuk mengelola dana Anda dan berharap hal ini dapat membantu Anda mendapatkan kehidupan yang lebih baik dengan perencanaan keuangan yang siap setelah Anda kembali ke negara asal Anda.

Dengan Qelola, Anda juga akan mendapat banyak manfaat seperti, transfer domestik dan internasional lebih cepat dan lebih murah. Qelola juga menawarkan instrumen multi-keuangan, manajemen dalam berinvestasi, serta memiliki platform tunggal untuk pembayaran seperti multi-tagihan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam mengatur keuangan Anda. Qelola juga telah bekerja sama dengan berbagai bank yang ada di Indonesia yang akan memudahkan Anda. Untuk mendapatkan aplikasi Qelola, Anda hanya tinggal mengunduhnya saja melalui Appstore dan Playstore Anda di smartphone. Mudah bukan? Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola di gadget kesayangan Anda sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , ,