Rekomendasi 7 Nasi Lemak, Kuliner Malaysia Paling Mendunia

nasi lemak

Nasi lemak merupakan salah satu jenis hidangan favorit masyarakat Malaysia yang sudah mendunia. Hidangan ini cocok disajikan dalam momen apapun termasuk saat Lebaran. Kuliner lebaran khas Malaysia satu ini mirip dengan nasi gurih atau nasi uduk yang sangat populer di Indonesia. Nasi lemak terbuat dari campuran nasi dan kelapa serta dicampur rempah-rempah. Penyajian kuliner khas Malaysia ini yaitu dengan ditambahkan lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi, sambal goreng teri kacang, dan sotong. Dijamin Anda akan kenyang setelah menyantap sepiring nasi lemak ini. Yuk simak rekomendasi nasi lemak paling enak di Malaysia!

1.  Nasi Lemak Saleha

Untitled design 2020 06 20T204758.286 - Rekomendasi 7 Nasi Lemak, Kuliner Malaysia Paling Mendunia

Sumber: food.detik.com

Datangi Kampung Pandan Dalam dan temukan nasi lemak Saleha satu ini. Tampilan satu porsi nasi sangat lengkap berisi nasi putih, telur rebus, sambal, ikan teri, kacang, ayam goreng, dan mentimun. Satu porsi nasi disajikan dalam piring beralaskan daun pisang. Ciri khas nasi yang beraroma harum ini memiliki rasa sambal yang manis dan pedas. Untuk satu porsi pembeli harus merogoh kocek RM20 atau sekitar Rp72.000.

2.  Nasi Mak Leha

Warung satu ini terletak di Jalan 1, Ampang Jaya, Selangor dengan sajian nasi lemak yang tak kalah lezat dengan yang lainnya. Ciri khas dari nasi Mak Leha ini yaitu penambahan kangkung dalam satu porsinya. Sambal ayam dan paru gorengnya cocok menemani santapan nasi yang dikukus ini. Jika Anda ingin mampir, datanglah sebelum jam 8 pagi untuk menghindari antrian panjang.

3.  Warung Nasi Tangling

Untitled design 2020 06 20T205359.716 - Rekomendasi 7 Nasi Lemak, Kuliner Malaysia Paling Mendunia

Sumber: food.detik.com

Warung ini terletak di sekitar taman bersejarah Kuala Lumpur tepatnya Jalan SS, Damansara Utama, Petaling Jaya, Selangor, tak pernah sepi pengunjung. Nasinya seperti nasi uduk. Dimasak dengan santan dan rempah-rempah hingga mengeluarkan aroma yang harum. Dilengkapi dengan lauk berupa teri goreng, rendang sapu, dan paru goreng. Anda disarankan untuk datang lebih pagi agar tidak kehabisan.

4.  Nasi Lemak Ikhbal

Untitled design 2020 06 20T210213.211 - Rekomendasi 7 Nasi Lemak, Kuliner Malaysia Paling Mendunia

Sumber: food.detik.com

Anda akan menemukan nasi uduk ala Malaysia ini dijual dengan harga sangat murah sekitar RM0,70 atau sekitar Rp2.400. Dalam sehari, kedai yang terletak di Jalan Lobak, Negeri Sembilan ini menjual lebih dari seribu bungkus. Adapun lauk berupa mee, bihun, kuih, telur, dan aneka lauk gurih lainnya. Di sini juga tersedia teh tarik dan kopi dengan harga murah.

5.  Nasi Lemak Bumbung

Warung nasi yang berada di Sea Park ini selalu ramai pengunjung meskipun dengan tampilan minimalis. Dalam satu porsi nasi terdapat nasi putih, ayam goreng, sambal, teri, dan telur mata sapi. Ayam goreng disajikan agak berair dan sambalnya manis dan pesan. Anda juga bisa menambah ikan teri jika dirasa kurang. Warung ini cocok dijadikan menu makan malam bersama teman dan keluarga karena buka dari jam 17.30 hingga 04.00. 

Baca Juga: Menikmati Penang Food yang Menggugah Selera, Sambangi 5 Lokasi Ini!

6.  Nasi Lemak Kampung Pandan

Untitled design 2020 06 20T205724.284 - Rekomendasi 7 Nasi Lemak, Kuliner Malaysia Paling Mendunia

Sumber: food.detik.com

Warung ini dulunya hanya berupa truk makanan, dan kini telah berubah menjadi warung yang sangat populer. Sejak beroperasi selama 35 tahun, kelezatan makanan yang disajikan dalam bungkusan kertas dan dilapisi daun pisang ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Hal yang paling menarik dari warung yang terletak di Jalan Nirwana ini adalah sambalnya yang dibuat dengan tambahan kepala parut. Jika Anda ingin lauk selain ayam goreng, Anda bisa memilih kikil dan telur rebus. 

7.  Ali Muthu & Ah Hock, Nasi Lemak Jumbo

Warung yang berada di Oasis Damansara ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00-17.00. Menariknya, dalam satu porsi nasi berisi nasi putih, mentimun, sambal, telur rebus, dan ayam goreng disajikan dengan ukuran jumbo. Berbeda dengan warung lainnya, sambal di sini memiliki banyak bumbu dengan rasa yang menendang selera makan Anda. Pengunjung juga bisa memesan kopitiam atau teh tarik untuk menemani santapan nasi khas Malaysia ini. 

Liburan ke Malaysia memang tak lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Dengan ragam pilihan destinasi wisata kuliner Malaysia, tentu Anda memerlukan banyak waktu untuk menjelajahi seluruhnya. Tempat mana dulu yang akan para foodies datangi? Nah, jika Anda ingin lebih puas mencicipi kuliner legendaris Malaysia ini, rencanakan dan siapkan biaya liburan Anda mulai sekarang menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung lagi ketika harus membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment dan transfer uang ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Ajak teman-teman dan keluarga Anda juga untuk memanfaatkan layanan sesama pengguna aplikasi Qelola. Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,