Jelajahi 8 Kuliner Malaysia Legendaris yang Tak Akan Terlupakan

kuliner malaysia

Malaysia tak hanya terkenal dengan destinasi wisata alam, hiburan, belanja, dan sejarahnya. Bisa dibilang Malaysia menjadi surganya para pecinta wisata kuliner. Terbukti dengan banyaknya kuliner Malaysia yang masih menjadi buruan para wisatawan hingga kini. Kuliner legendaris Malaysia sejak dulu menyajikan kelezatan rasa masakan yang tidak pernah berubah. Yuk, cari tahu kuliner paling legendaris di Malaysia!

1.  Wisata Kuliner Malam di Jalan Alor

The Ultimate Cheat Sheet For Seeing Kuala Lumpur In 3 Days 🇲🇾 700x467 - Jelajahi 8 Kuliner Malaysia Legendaris yang Tak Akan Terlupakan

Sumber: inspiredbymaps.com

Jalan Alor menjadi salah satu pusat kuliner di Malaysia dengan berbagai jenis street food. Terdapat banyak tempat makan yang menyajikan berbagai hidangan lokal hingga barat dapat Anda temukan dengan mudah. Restoran dan food stall ini buka dari sore hingga malam hari dan menyajikan beragam kuliner dari yang halal hingga non halal. Harga makanan yang ditawarkan di sepanjang jalan ini cukup terjangkau dan dijamin rasanya enak dan lezat!

Ketika Anda mampir kulineran di Jalan Alor ini, terdapat beberapa restoran terkenal yang wajib Anda coba. Seperti Wong Ah Wah’s Restaurant yang menyediakan menu ayam barbeque, sedangkan Chua Brother’s Restaurant dengan menu andalan sup bakso ikan. Jangan lupa mampir juga di Uncle Lim Kee yang menawarkan kenikmatan sup pan mee.

Rekomendasi makanan: BBQ chicken wing, BBQ lok lok, sate ala Malaysia, pan mee, char kway teow, es krim kepala dan srikaya, dan durian.

2.  Kelezatan Sayur Kailan Goreng di Restoran Muar

Tempat kuliner satu ini menyajikan berbagai menu makanan ala rumahan khas Kuala Lumpur. Jika Anda mampir di restoran legendaris ini, jangan lupa untuk memesan sayur kailan goreng yang terkenal akan kelezatannya. Di sini juga terdapat menu otak-otak yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bisa dikatakan bahwa Restoran Muar ini sering menjadi tempat melepas rasa lapar para wisatawan Indonesia ketika berada di Malaysia. Anda dapat mampir di restoran ini setiap hari kecuali hari Senin mulai pukul 11 siang hingga pukul 3 sore dan buka kembali pukul 6 sore hingga pukul 10 malam.

3.  Nasi Kandar Line Clear

Nasi Kandar menjadi salah satu kuliner khas Penang yang sangat mudah ditemukan. Lokasinya berada di Beside 161 & 177 Penang Road, George Town, Penang. Tempat makan legendaris di Penang ini buka 24 jam dan tidak memiliki cabang. Nasi Kandar Line Clear memiliki rasa otentik dengan harga ramah di kantong.

4.  Lienly Nasi Kerabu Tumis, Masakan Ikonik Malaysia

Untitled design 2020 06 10T220218.737 - Jelajahi 8 Kuliner Malaysia Legendaris yang Tak Akan Terlupakan

Sumber: remaja.my

Nasi Kerabu adalah masakan ikonik Malaysia yang memiliki banyak penikmatnya. Nasinya berwarna biru karena saat dimasak, nasi dicampur dengan kelopak bunga yang berwarna biru alami. Lauk pendamping nasi kerabu adalah ikan, ayam goreng, telur asin, ayam bakar, kambing bakar, kerupuk, dan juga sayuran rebus. Cobalah mencicipi kelezatan nasi biru ini di Lienley Nasi Kerabu Tumis yang berada di Jalan Abdul Kadir Adabi, Kota Bahru, Kelantan. Nasi kerabu dengan harga sangat terjangkau ini cocok sebagai teman santap sarapan dan makan siang Anda.

Baca Juga: 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

5.  Minum Teh dan Kopi di Hawker Stalls

Para pecinta teh dan kopi sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Hawker Stalls. Hawker Stalls merupakan salah satu tempat makanan paling murah di Ibukota Malaysia dengan menu utamanya berbagai jenis minuman teh dan kopi. Beberapa jenis minuman favorit para pengunjung yaitu teh ais atau es teh susu, teh o atau teh tanpa susu, kopi tongkat ali ginseng, dan teh o ais atau es teh dengan sedikit susu. Lokasi Hawker Stalls berada di Jalan Tun HS Lee dan Jalan Sultan, Chinatown, Kuala Lumpur. 

6.  Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery

Untitled design 88 - Jelajahi 8 Kuliner Malaysia Legendaris yang Tak Akan Terlupakan

Sumber: pinterest.com.au

Destinasi wisata kuliner legendaris di Kuala Lumpur ini merupakan surga kuliner bagi para vegetarian. Letaknya berada di Jalan Ampang 50450, Kuala Lumpur. Di sini Anda bisa menemukan kantin vegetarian yang terkenal akan kelezatan menu sajiannya. Salah satu daya tarik tempat ini adalah semua menu makanan yang disajikan tidak mengandung daging dan MSG sama sekali. Walau tidak mengandung MSG, namun cita rasa masakan di sini sangatlah nikmat.

Hal yang paling unik dan tidak dijumpai di tempat lain yaitu olahan makanan kebanyakan terbuat dari bahan tempe dan bahan non daging lainnya. Namun bentuk dari menu makanan yang disajikan terlihat sangat mirip dengan potongan daging bahkan paha ayam yang menggugah selera.

7.  Petaling Street Night Market, Cita Rasa Masakan Oriental

Salah satu kawasan pecinan ini menyuguhkan beragam kuliner Malaysia dengan cita rasa oriental yang kental. Petaling Street Night Market ramai dikunjungi saat malam hari dan cocok menjadi pilihan makan malam Anda bersama teman dan keluarga. Beberapa menu andalan bagi para wisatawan seperti hokkien mee, cheong fun hingga tao foo. Terdapat banyak makanan ringan lezat yang dijual dengan harga terjangkau seperti apam balik, chestnut, air mata kucing, dan dendeng daging. Satu lagi, jangan lupa cicipi menu legendaris bebek peking yang sangat lezat.

8.  Cicipi Manok Pansoh di Restoran My Village Barok Sarawak

Manok Pansoh 1024x681 - Jelajahi 8 Kuliner Malaysia Legendaris yang Tak Akan Terlupakan

Sumber: sibukliburan.id

Kuliner Malaysia ini bisa Anda nikmati di daerah Sarawak. Hal paling unik dari manok pansoh ini adalah proses memasaknya menggunakan bambu. Ayam yang telah dibumbui, dipanggang di dalam bambu di atas tungku panas. Saat dipanggang, permukaan bambu ditutup menggunakan daun ubi kayu atau singkong untuk menghalangi uap panas agar tidak keluar. Hasilnya adalah ayam panggang dengan cita rasa khas yang lezat.

Liburan ke Malaysia memang tak lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Dengan ragam pilihan destinasi wisata kuliner Malaysia, tentu Anda memerlukan banyak waktu untuk menjelajahi seluruhnya. Tempat mana dulu yang akan para foodies datangi? Nah, jika Anda ingin lebih puas mencicipi kuliner legendaris Malaysia ini, rencanakan dan siapkan biaya liburan Anda mulai sekarang menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung lagi ketika harus membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,