Fokus Studi Seni Kuliner di Malaysia, Ini Rekomendasinya!

Seni Kuliner

Belajar culinary arts atau seni kuliner bisa dilakukan dengan mudah pada universitas yang ada di Malaysia. Bukan tanpa sebab, tidak sedikit universitas di Malaysia yang menawarkan studi ini untuk jenjang Strata 1. Kualitas pendidikannya juga terjamin, mengingat pemerintah Malaysia secara langsung turun tangan untuk mendukung bidang pendidikan di negara tersebut.

Mungkin untuk masyarakat Indonesia, bidang ini masih terdengar asing. Padahal jika melihat peluang karir yang ditawarkan, bidang seni kuliner juga cukup menjanjikan. Mulai dari koki ternama hingga pengusaha bidang kuliner, setiap ilmunya bisa Anda pelajari pada jurusan kuliah ini.

Untuk memberikan gambaran mengenai bidang studi seni kuliner, Anda bisa melihatnya pada bagian berikut ini.

Universitas dengan Studi Seni Kuliner di Malaysia

Untitled design706 - Fokus Studi Seni Kuliner di Malaysia, Ini Rekomendasinya!

Untuk mengambil jurusan ini, ada beberapa kampus yang cukup direkomendasikan mengingat kualitas pendidikan di bidang seni kulinernya yang baik.

Sunway University

Mendapatkan akreditasi bergengsi dari Le Cordon Bleu, Sunway University menjadi rekomendasi pertama ketika Anda ingin mengambil studi seni kuliner di Malaysia. Jika Anda mengetik Le Cordon Bleu di mesin pencarian Anda, maka tak akan heran mengapa akreditasi yang didapatkan Sunway University menjadi sangat penting dalam bidang studi ini.

Berjaya University College of Hospitality

Salah satu universitas swasta di Malaysia yang fokus pada bidang perhotelan dan kuliner yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal ini dibuktikan dengan banyak penghargaan yang sudah didapatkan, seperti misalnya Kuala Lumpur Mayor’s Tourism Award 2017, serta World Gourmet Summit Award of Excellence. Dengan dua penghargaan ini, Berjaya University College of Hospitality benar-benar menjadi kompetitor yang patut diperhitungkan pada persaingan kualitas kampus dengan studi culinary art.

KDU University College

Jika Sunway University telah mendapatkan akreditasi dari Le Cordon Bleu dari Perancis, maka KDU University College merupakan universitas yang bekerjasama dengan ALMA Italia yang telah memiliki nama besar di dunia kuliner. Tak main-main, dedikasi pada program studi seni kuliner ditunjukkan dengan menyediakan program internasional sehingga mahasiswanya bisa merasakan pengalaman belajar di negara lain (Swiss, Italia, dan Perancis).

Terakhir, Taylor’s University

Jika Anda mencari studi seni kuliner untuk universitas swasta yang ada di Malaysia, mungkin Taylor’s University bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Lokasinya yang terletak tak jauh dari Sunway membuat universitas ini memiliki lingkungan pergaulan yang cukup bergengsi. Satu daya tarik utama yang dimiliki universitas ini adalah bahwa lulusan dari Taylor’s University menempati peringkat ke-4 untuk penerimaan kerja di kawasan Asia. Menarik bukan?

Mata Kuliah yang Dipelajari

Untitled design705 - Fokus Studi Seni Kuliner di Malaysia, Ini Rekomendasinya!

Jika berbicara mengenai mata kuliah yang dipelajari, cakupannya ternyata cukup luas. Mulai dari urusan pengoprasian dapur hingga kewirausahaan, berikut daftar mata kuliah umum yang akan Anda pelajari:

  • Pengoperasian dapur dan kuliner.
  • Bakery ala Perancis atau Boulangerie Viennoiserie.
  • Studi minuman.
  • Masakan klasik.
  • Kontrol dalam pengeluaran dan biaya.
  • Manajemen perhotelan.
  • Prinsip akuntansi dan marketing.
  • Kewirausahaan.
  • Seni kuliner.
  • Lingkungan bisnis.
  • Masakan kontemporer.
  • Perkenalan pada perhotelan dan turisme.
  • Keamanan dan sanitasi makanan.
  • Bakery.

Tentu untuk mata kuliah lanjutan dan peminatan, cakupannya akan dipersempit dan diperdalam sesuai dengan fokus yang diinginkan.

Dokumen yang Harus Anda Persiapkan dan Perkiraan Biaya Kuliah

Untitled design704 - Fokus Studi Seni Kuliner di Malaysia, Ini Rekomendasinya!

Mengingat perkuliahan akan dilaksanakan di Malaysia, yang notabene di luar area negara Indonesia, ada beberapa dokumen legal yang harus Anda persiapkan ketika akan belajar di salah satu universitas tersebut.

Untuk tingkat Strata 1, dokumen yang diperlukan adalah fotokopi paspor (identitas diri dan semua halaman paspor), transkrip nilai ujian akhir atau ujian nasional SMA, serta sertifikat bahasa Inggris (dengan skor minimal 5,5 untuk IELTS, 6,0 untuk TOEFL).

Sedangkan untuk tingkat Magister, dokumen yang diperlukan adalah fotokopi identitas dan paspor (seluruh halaman), transkrip nilai program S1 yang sudah dijalani, serta sertifikat bahasa Inggris (6,5 untuk IELTS, 7,0 untuk TOEFL).

Perkiraan biaya yang akan Anda keluarkan adalah sekitar Rp285.000.000 sampai dengan Rp360.000.000 untuk program Strata 1. Jika dikonversikan ke dalam ringgit, mungkin jumlahnya sekitar RM80.000 sampai dengan RM110.000. Jika dilihat dari jumlah mungkin cukup besar, namun jika dilihat dari ilmu yang didapat, tentu biaya ini masih masuk akal dan tergolong ekonomis.

Baca Juga: Masuk Kuliah Kedokteran di Malaysia, Pahami Dulu Hal Ini

Mengambil fokus studi seni kuliner memang bukan pilihan yang umum, namun tidak berarti memiliki peluang kerja yang sempit. Nyatanya, banyak pekerjaan bisa didapatkan jika Anda cukup jeli melihat peluang. Ketika nantinya Anda sudah mendapatkan pekerjaan yang baik, jangan lupa untuk mengirimkan uang kepada keluarga di Indonesia. Selalu gunakan layanan remitansi berkualitas dari Qelola, yang akan mengirimkan uang Anda secara real-time dan biaya yang sangat murah. Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini secara langsung. Semoga sukses dengan studi dan karir Anda di dunia kuliner!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,