Cari Tahu Info Tentang Biaya Kuliah di Malaysia Hanya di Sini

kuliah di malaysia

Setiap orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya. Hal ini membuat beberapa orang tua bahkan rela menghabiskan banyak uang agar anaknya bisa jadi lulusan sarjana bahkan sampai ke luar negeri. Memilih negara yang tepat untuk melanjutkan jenjang pendidikan adalah hal utama yang sangat penting. 

Sebut saja Malaysia, negara ini ternyata banyak diminati oleh warga negara Indonesia untuk melanjutkan studi lho! Selain lokasinya yang sangat dekat dengan Indonesia, Malaysia juga punya segudang universitas terbaik yang patut diacungi jempol. Lalu berapa ya biaya kuliah di Malaysia? Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Kenapa Pilih Kuliah di Malaysia?

group diverse grads throwing caps up sky 53876 56031 - Cari Tahu Info Tentang Biaya Kuliah di Malaysia Hanya di Sini

Mungkin diantara Anda saat ini ada yang sedang galau memilih negara mana yang layak untuk dijadikan tempat menimba ilmu. Bisa meneruskan studi ke kampus-kampus di benua Eropa, Amerika, atau Australia mungkin terlihat sangat keren, namun bukan jaminan hal itu akan sesuai dengan Anda. Tak perlu jauh-jauh, Malaysia bisa jadi opsi yang masuk akal bagi Anda yang ingin kuliah di luar negeri.

Jika Anda memutuskan untuk kuliah di Malaysia, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Salah satunya adalah kemampuan bahasa Inggris Anda dijamin akan meningkat secara pesat. Seperti yang Anda ketahui bahwa Malaysia dulunya merupakan negara jajahan Inggris. Hingga kini, bahasa Inggris bahkan juga jadi bahasa pengantar di universitas-universitas yang ada di Malaysia. Oleh karena itu mau tidak mau Anda harus menguasai bahasa Inggris sebaik mungkin. Secara tidak langsung hal ini akan menjadi kebiasaan yang juga membantu kemampuan bahasa Inggris Anda menjadi lebih lancar.

Ada banyak alasan kenapa Malaysia adalah negara yang tepat untuk Anda mempercayakan cita-cita Anda yang setinggi langit. Setiap tahunnya, jumlah warga negara Indonesia yang belajar di Malaysia selalu meningkat. Alasannya pun sangat sederhana selain dekat, biaya hidup di Malaysia relatif murah. Di sisi lain, banyak universitas yang kompeten yang menawarkan banyak program studi menjanjikan yang tidak ada di Indonesia. Dan yang paling penting biaya kuliah di Malaysia juga cukup terjangkau lho!

Berapa Biaya Kuliah di Malaysia?

Untitled design629 - Cari Tahu Info Tentang Biaya Kuliah di Malaysia Hanya di Sini

Penerapan kisaran biaya kuliah di Malaysia kurang lebih sama dengan yang ada di Indonesia. Besar kecilnya biaya yang harus Anda bayar tergantung dari jurusan apa yang dipilih. Misalnya saja kedokteran, tentunya jurusan ini membutuhkan biaya yang paling besar jika dibandingkan dengan jurusan yang lainnya. Selain itu universitas negeri di sana juga lebih murah apabila dibandingkan dengan universitas swasta. Berikut ini adalah kisaran biaya kuliah di Malaysia:

  • Kisaran Total Biaya Kuliah di Malaysia untuk S1 dalam Rupiah
Jurusan Universitas Negeri Universitas Swasta
Pariwisata dan Perhotelan 40 juta – 100 juta 150 juta – 255 juta
Teknologi Informasi 50 juta – 100 juta 200 juta – 350 juta
Bisnis  50 juta – 100 juta 200 juta – 330 juta
Teknik 50 juta – 130 juta 200 juta – 550 juta

 

  • Kisaran Total Biaya Kuliah di Malaysia untuk S2 dalam Rupiah
Jurusan Universitas Negeri Universitas Swasta
Pariwisata dan Perhotelan 80 juta – 130 juta 200 juta – 500 juta
Teknologi Informasi 80 juta – 85 juta 150 juta – 400 juta
Bisnis  45 juta – 90 juta 75 juta – 195 juta
Teknik 80 juta – 130 juta 200 juta -450 juta

Baca Juga: 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Mengatur Keuangan Saat Kuliah di Malaysia

Tentu sangat menyenangkan apabila mimpi Anda untuk kuliah di luar negeri bisa tercapai. Jika Anda sudah mantap untuk kuliah di Malaysia, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Mulai dari mental, kemandirian, dan mengatur keuangan selama berada di negeri orang. Tidak mudah untuk bisa beradaptasi secara cepat di tempat asing walaupun Malaysia letaknya tidak jauh dari Indonesia dan memiliki bahasa yang hampir sama. 

Karena jauh dari keluarga, tentu Anda harus pintar-pintar dalam mengatur biaya hidup agar bisa bertahan tanpa kendala. Kebutuhan akan pulsa dan kuota internet tentunya juga akan menjadi prioritas penting karena Anda saat ini hidup di era digital yang serba online. Nah, info menarik nih untuk mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di Malaysia. Anda bisa mengisi ulang pulsa dan kuota internet melalui aplikasi Qelola. Singkatnya, jika sewaktu-waktu Anda kehabisan pulsa dan kuota internet, Anda bisa membelinya langsung lewat aplikasi yang ada di ponsel.

Aplikasi Qelola ini pada dasarnya merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia langsung dari handphone. Selain untuk transfer uang, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar berbagai tagihan di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS, dan TV Kabel. Ditambah lagi, melalui aplikasi ini Anda juga bisa isi ulang pulsa dan kuota internet.

Caranya bagaimana? Mudah saja, unduh aplikasi Qelola terlebih dahulu melalui Playstore dan daftarkan nomor Anda. Selanjutnya segera nikmati fitur yang ada di dalamnya dalam sekali klik saja. Biaya administrasinya pun cukup terjangkau yaitu 2RM per transaksi dan masih mendapat diskon sebesar 30%. Informasi lainnya tentang Qelola bisa Anda temukan lewat website resminya di sini. 

Tags: , , ,