Masuk Kuliah Kedokteran di Malaysia, Pahami Dulu Hal Ini

Kuliah Kedokteran

Berkuliah di bidang kedokteran memiliki banyak kelebihan. Mulai dari keahlian yang bernilai tinggi, hingga manfaat yang bisa diberikan pada masyarakat luas. Ini mengapa kuliah kedokteran selalu menjadi salah satu favorit calon mahasiswa. Terlebih untuk beberapa universitas terkemuka di dalam dan luar negeri, seperti di Malaysia, bidang ini selalu memiliki peminat yang sangat banyak.

Kuliah kedokteran sendiri belajar mengenai ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran. Dimana keduanya mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah kesehatan atau masalah medis, baik pada manusia maupun di bidang lain seperti pada hewan. Berakar dari ilmu biologi dan kimia, mahasiswa bidang ini harus benar-benar memiliki dasar yang kuat agar dapat lulus dengan baik.

Seperti yang sudah disampaikan pada bagian awal tadi, bahwa Malaysia merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan calon mahasiswa bidang kedokteran. Namun mengapa demikian?

Kuliah Kedokteran di Malaysia

Untitled design638 - Masuk Kuliah Kedokteran di Malaysia, Pahami Dulu Hal Ini

Bukan tanpa alasan mengapa negara ini menjadi salah satu tujuan utama calon mahasiswa untuk kuliah kedokteran. Anda bisa menyimak beberapa alasannya di sini.

Dukungan Dari Pemerintah Langsung

Disamping program studi pendidikan, kuliah kedokteran juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Dukungan ini diwujudkan dengan kemudahan mahasiswa untuk mendapatkan tempat praktek, akses sumber informasi yang mudah, serta tersedianya lapangan kerja yang siap menerima lulusan program studi ini.

Berstandar Internasional

Memiliki kualitas dengan standar internasional, beberapa kampus di Malaysia dengan program studi kesehatan dan kedokteran juga masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Secara sederhana, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Malaysia bisa bersaing dengan pendidikan yang diberikan di Eropa atau Amerika, yang juga menjadi area tujuan calon mahasiswa mencari tempat kuliah.

Fasilitas Praktik yang Memadai

Meski berada di area ASEAN yang notabene masih tertinggal pada banyak hal dibandingkan Eropa dan Amerika, namun fasilitas yang tersedia di Malaysia untuk bidang kesehatan terbilang sangat mumpuni. Setiap mahasiswa bidang kedokteran benar-benar bisa merasakan dan mendapatkan pengalaman dengan alat terbaru, sehingga memiliki bekal yang kuat ketika nantinya lulus dari perkuliahan dan masuk ke dunia kerja.

Penuhi Syaratnya, Nikmati Proses Perkuliahannya

Untitled design639 - Masuk Kuliah Kedokteran di Malaysia, Pahami Dulu Hal Ini

Untuk masuk ke program studi kesehatan atau kedokteran, tentu yang paling utama adalah kemampuan akademik yang terkait pada bidang ini. Fasih dalam ilmu kimia dan biologi menjadi syarat mutlak agar calon mahasiswa bisa diterima dan merasakan pendidikan tinggi di Malaysia.

Secara umum, untuk syarat berkasnya adalah ijazah SMA dengan nilai rata-rata 80 hingga 90, ijazah D3 dengan jurusan yang relevan dengan kuliah kedokteran, dan bukti kemahiran bahasa Inggris dengan sertifikat terkait. Tiga hal ini wajib dipenuhi, serta tentu beberapa syarat berkas lain yang bisa langsung dilihat pada situs resmi universitas yang diinginkan calon mahasiswa.

Biaya Perkuliahan Bidang Kesehatan dan Kedokteran

Untitled design640 - Masuk Kuliah Kedokteran di Malaysia, Pahami Dulu Hal Ini

Topik bahasan biaya kuliah kedokteran mungkin jadi salah satu yang banyak dicari oleh calon mahasiswa. Pasalnya, besaran biaya juga akan menentukan apakah calon mahasiswa bisa melaksanakan perkuliahan atau tidak. Meski memang banyak beasiswa yang ditawarkan, namun penting mengetahui kisaran biaya yang akan diperlukan untuk proses perkuliahan.

Rentang biaya untuk satu tahun masa studi adalah Rp30.000.000 hingga Rp1.800.000.000. Memang cukup berbeda jauh, karena biaya ini akan tergantung pada dimana universitas yang dipilih, program studi apa yang diambil, serta beberapa faktor lain yang turut berpengaruh besar. Biasanya untuk program studi yang semakin fokus, biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.

Meski terlihat sangat besar, namun biaya perkuliahan ini terbilang masih terjangkau untuk standar kuliah kedokteran di dunia. Bisa dikatakan besarannya tak jauh berbeda dengan biaya kuliah kedokteran di Indonesia. Dengan kualitas yang ditawarkan pada pendidikan di Malaysia, sepertinya nilai ini bisa dikatakan cukup sepadan. Jika Anda melihat biaya kuliah kedokteran di Eropa atau Amerika, tentu nilainya akan jauh lebih besar, belum lagi ditambah dengan biaya hidup dan lain-lain.

Baca Juga: Rekomendasi Berobat ke Melaka: Rumah Sakit Mahkota

Kuliah kedokteran, dari dulu hingga kini, selalu menjadi salah satu bidang kuliah yang tidak pernah sepi peminat. Kebutuhan tenaga kesehatan yang senantiasa naik juga menjadi salah satu faktor pendorongnya. Jika kebutuhan tenaga kesehatan naik, idealnya lapangan pekerjaan bidang kesehatan dan kedokteran juga akan bertambah. Hal ini yang dilihat sebagai peluang baik untuk berkarir di bidang ini.

Setelah memahami sekilas mengenai kuliah kedokteran di Malaysia, apakah Anda semakin tertarik untuk mengambil bidang ini? Jika ya, mungkin Anda harus segera mempersiapkan diri untuk memenuhi kualifikasi dan syarat administrasi yang diperlukan. Ketika nantinya Anda sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan, Anda juga perlu memilih layanan remitansi yang terbaik. Qelola, dalam hal ini, bisa jadi pilihan terbaik. Dengan proses transfer cepat dan biaya ekonomis, Qelola siap membantu Anda mengirimkan uang ke kerabat yang ada di tanah air. Unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , , , ,