6 Tips Belajar untuk Mahasiswa Baru di Luar Negeri yang Wajib Diterapkan

tips belajar untuk mahasiswa

Kegiatan belajar mengajar di jenjang universitas tentunya sangat jauh berbeda dengan jenjang sekolah menengah. Mulai dari ruang kelasnya yang berpindah-pindah, dosen yang mengajar, teman almamater, jam belajar, dan biaya kuliahnya yang relatif lebih mahal. Apalagi bagi mahasiswa yang meneruskan kuliah di luar negeri. 

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, mahasiswa juga harus pintar beradaptasi dengan lingkungan setempat, menguasai bahasa setempat, dan jeli dalam mengatur keuangan selama hidup di luar negeri. Tak mudah memang jika dihadapkan untuk belajar sekaligus menjadi mandiri di negeri orang. Tentunya hal ini jadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa baru dalam menyeimbangkan kehidupan barunya. Nah, agar tetap bisa fokus belajar di perantauan simak tips belajar berikut ini ya!

1.  Diskusi dengan Teman Kampus Saat Kelas Berakhir

Cara belajar di lingkungan kampus menuntut Anda untuk lebih aktif dan punya inisiatif tinggi. Pada jenjang perkuliahan, cara dosen menyampaikan materi sangat berbeda dengan guru di sekolah menengah. Biasanya, seorang dosen akan menerangkan materi secara cepat sehingga Anda sebagai mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan hal tersebut. 

Ada beberapa tips bagi mahasiswa baru untuk menyiasati hal tersebut. Pada awal semester dosen biasanya akan memberikan kisi-kisi materi kuliah yang akan diberikan. Nah tugas Anda disini adalah mempelajari terlebih dahulu materi tersebut sebelum jam kuliah dimulai. Apabila hal-hal yang sekiranya kurang dipahami, Anda bisa menanyakannya langsung kepada dosen. Saat berakhirnya mata kuliah, Anda bisa mendiskusikan kembali materi yang sudah dibahas bersama teman sekelas agar benar-benar paham dengan apa yang sudah dosen sampaikan.

2.  Menaruh Perhatian Khusus pada Silabus Kuliah

Saat belajar di universitas, Anda biasanya akan mendapatkan silabus kuliah dari dosen. Silabus kuliah adalah informasi tentang materi kuliah yang nantinya akan muncul saat ujian. Informasi tersebut penting sekali untuk mahasiswa agar materi yang harus dipelajari bisa tepat sasaran. Adanya silabus ini juga memaksa mahasiswa untuk lebih proaktif mempelajari materi yang akan disampaikan oleh dosen sebelum kelas dimulai. Jadi Anda sudah punya beberapa wawasan yang nantinya bisa didiskusikan saat ada sesi tanya jawab dengan dosen.

3.  Pintar Memanfaatkan Waktu Luang Selama Kuliah

portrait cute young girl smiling 23 2148464392 - 6 Tips Belajar untuk Mahasiswa Baru di Luar Negeri yang Wajib Diterapkan

Jam belajar di kampus tidak sama seperti saat Anda duduk di bangku sekolah. Jadwal kuliah biasanya memiliki jeda waktu dari mata kuliah satu ke mata kuliah yang lainnya. Selama menunggu jam kuliah selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk mempersiapkan materi belajar di perpustakaan atau berbincang dengan teman. Hal ini bisa jadi tips belajar yang sangat efektif agar Anda bisa menjadi mahasiswa berprestasi kedepannya.

Baca Juga: Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

4.  Menjalin Relasi yang Baik dengan Teman dan Senior yang Berprestasi

Pilih-pilih teman juga perlu dilakukan saat memasuki dunia perkuliahan. Pada fase pendidikan ini, bukan saatnya lagi bagi Anda untuk main-main dalam belajar. Jika menyepelekan, masa depan Anda yang jadi taruhannya. Tentunya Anda akan bertemu dengan teman atau senior yang bisa dibilang berprestasi atau sangat menguasai materi. Jalinlah hubungan yang baik dengan para rekan dan senior tersebut untuk dijadikan mentor selama Anda mengikuti kegiatan kuliah. Banyak-banyaklah berdiskusi dan bertanya tentang segala materi atau tips belajar lainnya yang bisa meningkatkan kualitas Anda sebagai mahasiswa. Jika Anda mampu melakukan hal ini, nantinya juga akan bermanfaat saat Anda akan masuk ke dunia kerja lho!

5.  Atur Tempat Duduk yang Menguntungkan

Terdengar sepele memang, namun tips belajar yang satu ini juga bisa berpengaruh dalam proses belajar Anda selama di kelas. Pilihlah bangku duduk di deretan depan sehingga materi yang disampaikan oleh dosen dapat Anda terima dengan baik. Namun bukan berarti mahasiswa yang memilih duduk di belakang tidak bisa menyerap materi dengan baik ya! Hanya saja posisi bangku di belakang biasanya rawan akan gangguan-gangguan yang bisa memecah konsentrasi Anda saat berusaha fokus mendengarkan dosen. 

6.  Menambah Wawasan dengan Membaca Literasi Online

close up woman reading about online education 23 2148389006 - 6 Tips Belajar untuk Mahasiswa Baru di Luar Negeri yang Wajib Diterapkan

Saat ini segala informasi juga bisa Anda dapatkan secara online. Beruntunglah bagi mahasiswa zaman now yang hidup di era digital karena materi kuliah juga bisa dipelajari lewat literasi digital. Bermodalkan internet pribadi atau sambungan WiFi kampus, Anda bisa mempelajari berbagai materi yang tidak bisa Anda temukan di perpustakaan. Selain itu, literasi digital juga bisa menambah wawasan Anda saat mengumpulkan tugas atau menghadapi ujian.

Nah, agar tips belajar yang terakhir ini bisa berjalan dengan baik Anda harus pastikan untuk bisa selalu terhubung dengan internet. Info menarik nih untuk mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di Malaysia. Anda bisa membeli kuota internet melalui aplikasi Qelola

Aplikasi Qelola ini pada dasarnya merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia langsung dari handphone. Selain untuk transfer uang, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar berbagai tagihan di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS, dan TV Kabel. Ditambah lagi, melalui aplikasi ini Anda juga bisa isi ulang pulsa dan kuota internet.

Caranya bagaimana? Mudah saja, unduh aplikasi Qelola terlebih dahulu melalui Playstore dan daftarkan nomor Anda. Selanjutnya segera nikmati fitur yang ada di dalamnya dalam sekali klik saja. Biaya administrasinya pun cukup terjangkau yaitu 2RM per transaksi dan masih mendapat diskon sebesar 30%. Informasi lainnya tentang Qelola bisa Anda temukan lewat website resminya di sini. 

 

Tags: , , ,