Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

jurusan kuliah paling diminati

Pelajar yang baru saja lulus SMA atau SMK biasanya menghadapi berbagai pilihan. Ada yang bingung harus meneruskan kuliah atau tidak. Sebagian lulusan lain memilih langsung bekerja dan mencari pengalaman kerja sebanyak mungkin. Sedangkan bagi yang sudah pasti ingin meneruskan kuliah, masih bingung untuk menentukan jurusan apa yang harus diambil. Apakah jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan? Ataukah memilih jurusan yang paling dibutuhkan lapangan kerja saat ini? Karena biasanya jurusan yang paling diminati berarti jurusan yang memang dibutuhkan dunia kerja. Untuk memberikan sedikit bantuan bagi Anda yang masih bingung memilih jurusan kuliah, berikut ini daftar jurusan paling diminati beberapa tahun terakhir.

1.  Akuntansi, Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen

Beberapa tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin baik. Sehingga tidak heran jika semakin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang ekonomi dan bisnis. Sedangkan untuk jurusan akuntansi, perusahaan cabang, perusahaan yang baru berdiri, serta sektor lain yang bahkan tidak berkaitan dengan perekonomian pun pasti membutuhkan beberapa akuntan untuk mengurusi keuangan perusahaan atau organisasi. Jadi, orang dengan kemampuan mengelola keuangan, menentukan strategi bisnis yang tepat, hingga memprediksi keuntungan perusahaan semakin dibutuhkan.

Untitled design 3 - Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

2.  Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi

Perkembangan yang terus melaju bahkan semakin cepat belakangan ini adalah kemajuan teknologi. Hampir semua perusahaan dan instansi pun membutuhkan digitalisasi, baik untuk mengelola sistem, membuat aplikasi, maupun mengelola data karyawan. Sehingga hal ini menjadikan mahasiswa dari lulusan jurusan teknik informatika, teknik komputer, dan sistem informasi banyak dicari.

Sedangkan untuk perbedaan ketiga jurusan ini dapat dilihat dari materi yang dipelajari. Teknik informatika adalah jurusan yang mempelajari perangkat lunak komputer atau programming. Teknik komputer adalah jurusan yang mempelajari perangkat keras atau komponen komputer, baik pada perangkat komputer itu sendiri maupun alat lain yang menggunakan teknik komputasi. Sedangkan sistem informasi adalah jurusan yang menggabungkan keduanya, yaitu merancang dan mengembangkan sistem informasi perusahaan. Sudahkah Anda menentukan mana yang akan dipilih?

aplikasi pembayaran online 1 - Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

3.  Desain, Komunikasi, dan Media

Jurusan desain, komunikasi, dan media akan saling bersinggungan jika kita membicarakan strategi marketing suatu perusahaan. Tidak hanya perusahaan, instansi pemerintah pun membutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidang ini. Karena lulusan dari jurusan-jurusan tersebut dibutuhkan untuk berbagai tugas. Mulai dari promosi produk dan kegiatan organisasi, memproduksi konten terkait produk dan kegiatan, serta menyampaikan pesan perusahaan atau instansi dengan jelas kepada konsumen dan masyarakat pada umumnya. Sehingga peluang kerja di bidang-bidang terkait jurusan ini sangat luas.

online marketing 1246457 960 720 - Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

4.  Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Dengan semakin bertambahnya penduduk dunia, kebutuhan untuk menjaga kesehatan dan mencari kesembuhan ketika sakit menjadi semakin tinggi. Terlebih lagi kondisi bumi, alam, dan iklimnya yang semakin tidak stabil, sedikit banyak pasti mempengaruhi semua makhluk hidup yang ada, tak terkecuali manusia. Sehingga kebutuhan akan tenaga medis profesional menjadi semakin tinggi. Baik tenaga kesehatan raga maupun tenaga kesehatan jiwa atau psikis. Baik tenaga medis untuk manusia maupun untuk hewan. Untuk itu, jurusan dokter, perawat, psikolog, psikiater, dan sebagainya termasuk dalam jurusan paling diminati.

tes kesehatan 1 - Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

5.  Teknik, Hukum, dan Pendidikan

Indonesia mencanangkan pembangunan yang besar-besaran di berbagai sektor untuk beberapa tahun ke depan. Dengan begitu, mahasiswa lulusan jurusan teknik akan sangat dibutuhkan. Mulai dari teknik elektro, teknik sipil, teknik nuklir, dan teknik lainnya.

Termasuk salah satunya adalah pembangunan sistem pendidikan di Indonesia yang masih perlu banyak perbaikan. Serta berkaitan juga dengan bertambahnya penduduk usia belia yang butuh pendidik ahli. Oleh karena itu, lulusan jurusan pendidikan menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminat.

Kemudian untuk mahasiswa jurusan hukum, masih banyak peminatnya karena fakta bahwa negara Indonesia adalah negara hukum. Tidak hanya pemerintah Indonesia yang mengurusi penegakan hukum di Indonesia. Namun perusahaan-perusahaan, terutama yang levelnya sudah besar, pasti membutuhkan orang-orang dari jurusan hukum untuk menyelesaikan masalah yang memang harus diselesaikan secara hukum. Tidak melulu soal masalah, perusahaan juga biasanya membutuhkan lulusan jurusan ini untuk membuat perjanjian kerja sama, memberikan masukan bagi perusahaan dari kacamata hukum, dan sebagainya. Tidak heran jika semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengisi bidang hukum ini.

justice 2060093 960 720 - Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Semoga dengan beberapa penjelasan di atas Anda akan lebih mudah menentukan jurusan kuliah yang akan diambil ya. Sebenarnya, apapun jurusan kuliah yang Anda ambil, yang terpenting dari kehidupan kuliah tidak hanya urusan cepat mendapat kerja atau tidak. Namun juga soal belajar pengalaman sebanyak mungkin sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan yang paling tepat nantinya.

Hal lain yang juga tidak bisa diremehkan dalam memilih jurusan kuliah adalah memilih universitas atau kampus yang akan dituju. Beberapa teman Anda mungkin sudah mantap ingin kuliah di Indonesia, namun apakah Anda memiliki cita-cita untuk kuliah di luar negeri? Jika ya, maka akan semakin banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari prosedur pendaftaran hingga persyaratan yang harus dipenuhi. Termasuk mempersiapkan kemudahan menerima biaya hidup selama di luar negeri. Salah satu solusinya adalah dengan download dan mulai gunakan aplikasi Qelola. Aplikasi pembayaran dan transfer uang antar negara yang mudah digunakan serta lebih murah biaya transfernya. Ketahui lebih lanjut tentang Qelola di sini.

Tags: , , , ,