Alasan Kuliah Psikologi Jadi Favorit Calon Mahasiswa Indonesia

Kuliah Psikologi

Memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus, menjadi prioritas sebagian besar mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Hal ini dikarenakan lapangan pekerjaan yang terus menuntut standar tinggi dari calon pekerja yang nantinya dihasilkan dari pendidikan tinggi. Ini mengapa, kuliah psikologi menjadi tujuan calon mahasiswa yang kemudian ingin memiliki kualitas di atas rata-rata.

Kuliah di bidang psikologi sendiri, di negara Malaysia misalnya, menawarkan banyak kelebihan untuk kebutuhan industri sekarang. Seperti kita ketahui bersama, analisa pada calon pekerja dilakukan dengan seksama agar pekerja yang nantinya diterima bisa cocok dengan tempo dan budaya kerja perusahaan. Lulusan kuliah psikologi sendiri nantinya akan mengambil peran dalam melakukan seleksi, serta perencanaan pengembangan SDM yang dimiliki.

Jika dilihat lebih jauh, kuliah psikologi bisa dipicu oleh beberapa hal.

Orientasi di Dunia Kerja

Untitled design698 - Alasan Kuliah Psikologi Jadi Favorit Calon Mahasiswa Indonesia

Psikologi yang belajar mengenai pola perilaku manusia dan keadaan mental memungkinkan mahasiswanya untuk secara langsung mempraktekkan ilmu yang diperoleh dengan cara magang. Tidak sedikit perusahaan di Malaysia yang menyediakan kesempatan magang untuk mahasiswa psikologi, dan tak sedikit pula yang kemudian ‘dipesan’ tepat setelah lulus dari bangku kuliah.

Kesempatan magang ini bisa sangat berguna untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja yang sebenarnya. Banyak simulasi dan pengalaman baru yang akan diperoleh, sehingga bekal yang dimiliki oleh mahasiswa psikologi dalam menghadapi pekerjaan menjadi lebih banyak dari jurusan lainnya.

Universitas dengan Standar Internasional

Tidak sedikit universitas di Malaysia yang memiliki standar tinggi untuk kuliah psikologi yang ditawarkan. Ini menyebabkan lulusan dari universitas tersebut memiliki standar kualitas internasional, dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketika lulus nantinya. Hal ini juga memungkinkan lulusan kuliah psikologi di Malaysia bisa bersaing dengan lulusan dari negara-negara lainnya.

Sebut saja University of Malaya yang memiliki studi psikologi berkualitas di kawasan ASEAN. Lulusan universitas ini tak jarang sudah ditawari pekerjaan sebelum mereka lulus. Atau mungkin University of Nottingham Malaysia, yang ijazahnya memiliki standar sama dengan universitas induknya di Inggris. Standar internasional yang dimiliki oleh universitas tersebut memberikan banyak nilai plus untuk lulusannya.

Kesempatan Kerja yang Mendunia

Untitled design697 - Alasan Kuliah Psikologi Jadi Favorit Calon Mahasiswa Indonesia

Berkat kerjasama yang dilakukan banyak universitas di Malaysia dengan perusahaan dan organisasi dunia, maka kesempatan karir yang dimiliki oleh lulusan universitas di Malaysia menjadi makin besar. Bukan tidak mungkin lulusan kuliah psikologi di sini mendapat tawaran pekerjaan dari negara-negara di Eropa, Amerika, atau Australia.

Yang turut memudahkan dan memperbesar kesempatan berkarir di luar negeri adalah bahasa pengantar yang digunakan. Untuk studi yang dilakukan mahasiswa asing, kebanyakan perkuliahan dilakukan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Seperti diketahui, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di dunia, sehingga penguasaan atas bahasa ini jadi hal wajib jika ingin memiliki peluang kerja di seluruh dunia.

Letaknya Tak Jauh dari Indonesia

Kuliah di luar negeri tak selalu berarti jauh dari kampung halaman. Dengan kuliah di Malaysia, mahasiswa bisa dengan mudah pulang ke Indonesia ketika ada sesuatu yang harus dilakukan. Biaya perjalanan yang murah memungkinkan setiap mahasiswa Indonesia pulang kapanpun ketika diperlukan.

Jarak yang ‘dekat’ ini juga menjadi penguat mental mahasiswa yang belajar di sana. Meski sama-sama berada di luar negeri, namun perasaan dekat yang muncul ketika kuliah di Malaysia akan memberikan asupan tenaga yang besar untuk mahasiswa di sana.

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Psikologi

Untitled design696 - Alasan Kuliah Psikologi Jadi Favorit Calon Mahasiswa Indonesia

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kesempatan kerja yang sangat luas menjadi salah satu daya tarik kuliah psikologi yang ada di Malaysia secara khusus. Ketika berkuliah di sini, mahasiswa akan dapat membuka banyak pintu kesempatan kerja.

Mulai dari bekerja sebagai psikolog, bagian HRD, bagian rekrutmen, konsultan, terapis, trainer, ahli intervensi sosial, peneliti, pengajar, peneliti pasar, research and development, hingga pengajar di perguruan tinggi, semua kesempatan kerja ini dimiliki oleh lulusan psikologi. Terlebih dengan ijazah yang ‘nilai’-nya cukup tinggi di dunia internasional, bukan tak mungkin setelah lulus mahasiswa tersebut bekerja dengan gaji yang tinggi.

Baca Juga: 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Kuliah psikologi nyatanya tak hanya memberikan ilmu yang berharga, namun juga kesempatan kerja yang luas. Dengan value tinggi dari universitas dan ilmu yang dimiliki, gaji yang diperoleh dapat bersaing dengan lulusan dari jurusan atau perkuliahan lainnya.

Memilih kuliah psikologi sebagai tujuan studi merupakan pilihan yang tepat jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai pola perilaku dan kondisi mental manusia. Ketika sudah mendapat pekerjaan nantinya, tentu jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan untuk keluarga di Indonesia. Pengiriman uang tersebut bisa dilakukan dengan Qelola, layanan remitansi handal yang melayani pengiriman dari Malaysia ke Indonesia. Dengan proses cepat dan biaya murah, Anda bisa mengirimkan uang dalam waktu singkat. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga sukses untuk kuliah dan karir Anda di bidang psikologi!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,