Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Besar Saat Kerja

jurusan kuliah

Latar belakang memilih jurusan kuliah memang berbeda-beda bagi setiap calon mahasiswa. Beberapa pelajar lulusan SMA atau SMK memilih jurusan kuliah atas saran dan pertimbangan dari orang tua. Sebagian yang lain mantap untuk mengikuti minat dan kemampuan yang dimiliki. Meskipun terkadang pilihan jurusan tersebut tidak terlalu populer atau belum banyak diketahui orang. Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa jurusan kuliah yang jarang diminati berarti tidak terlalu dibutuhkan di dunia kerja. Padahal ada beberapa jurusan yang terbilang baru sehingga sepi peminat, namun prospek kerja dari jurusan ini sangat luas. Artinya, pada masa-masa yang akan datang, lapangan kerja bagi jurusan-jurusan ini akan terbuka lebar, dan bahkan bergaji besar saat kerja. Apa saja jurusan tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1.  Pendidikan Luar Biasa

Pemenuhan pendidikan inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) saat ini semakin diperhatikan. Pemerintah sedang mengembangkan lagi sistem pendidikan di sekolah-sekolah inklusi. Oleh sebab itu, mahasiswa lulusan jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) akan semakin dibutuhkan. Tidak hanya mengajar ABK di sekolah inklusi, pengajar ABK juga akan banyak berpartisipasi dalam merancang, melaksanakan, hingga mengevaluasi metode pembelajaran bagi ABK. Karena tantangan dan tugas yang lebih besar daripada pengajar murid lainnya, guru dari jurusan PLB juga akan mendapat gaji yang lebih besar.

2.  Oseanografi

california 1751455 960 720 - Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Besar Saat Kerja

Oseanografi adalah jurusan tempat Anda akan belajar berbagai hal terkait laut seperti fenomena laut, bencana laut, mitigasi bencana, rekayasa lingkungan, hingga perikanan. Jurusan ini tidak dimiliki oleh kebanyakan universitas di Indonesia, sehingga lulusannya juga tidak banyak. Padahal Indonesia sendiri memiliki wilayah perairan yang luas dibanding negara tetangga lainnya. Maka dari itu, lulusan jurusan oseanografi memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang ini. Begitu juga dengan gaji yang akan didapatkan nantinya.

3.  Sosiologi

Sosiologi adalah jurusan dengan ilmu yang mempelajari interaksi sosial, baik antar individu, antara individu dengan masyarakat, serta antar masyarakat. Interaksi antar masyarakat pun bisa masyarakat antar kelas yang sama maupun antar kelas yang berbeda. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap prospek kerjanya yang tidak begitu banyak. Padahal jika Anda lulus dari jurusan ini, Anda dapat menjadi peneliti, pengamat, hingga penulis buku terkait sosial masyarakat. Beberapa pekerjaan tersebut memiliki penghasilan yang tak main-main untuk setiap projeknya. Selain itu, ruang kerja Anda juga akan semakin beragam sesuai dengan masyarakat dan lingkungan yang menjadi objek penelitian, tidak melulu ada di kantor.

4.  Pengobatan Tradisional

traditional chinese 3666268 960 720 - Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Besar Saat Kerja

Jurusan pengobatan tradisional berbeda dengan jurusan farmasi karena jurusan ini lebih fokus pada metode pengobatan tradisional. Artinya, mahasiswa jurusan ini akan banyak mempelajari pengobatan menggunakan bahan dari alam, teori dan praktek dengan jarum akupuntur, ilmu gizi, hingga teknik memijat yang bisa menyembuhkan penyakit. Jurusan ini juga nantinya akan diarahkan pada studi kedokteran timur atau Traditional Chinese Medicine (TCM). Karena tidak banyak yang berminat masuk jurusan pengobatan tradisional, sehingga saingan untuk pekerjaan di bidang ini semakin sedikit. Gaji yang didapatkan pun sangat berpotensi lebih tinggi dari profesi lain.

5.  Aktuaria

calculator 385506 960 720 - Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Besar Saat Kerja

Aktuaria merupakan jurusan yang mempelajari ilmu matematika asuransi, dimana Anda akan belajar mengelola risiko keuangan di masa mendatang. Jurusan ini mungkin jarang sekali Anda dengar atau baca karena jurusan untuk bidang ilmu ini memang masih sangat sedikit disediakan di universitas-universitas Indonesia. Sehingga secara tidak langsung peminatnya juga sedikit. Padahal pekerjaan untuk lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan asuransi. Mulai dari menilai, memeriksa, serta menyelidiki berbagai bentuk klaim asuransi. Karena resiko dan tantangan pekerjaan yang tak main-main, gaji yang ditawarkan juga besar.

6.  Sendratasik

Sendratasik adalah kependekan dari Seni Drama, Tari, dan Musik. Dari namanya tentu Anda sudah tau ilmu apa yang dipelajari. Jurusan ini tidak hanya mempelajari teknik dan praktek dari setiap materi, namun juga teori terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang seni. Pekerjaan yang bisa didapatkan tidak akan jauh dari dunia entertainment sehingga bisa Anda bayangkan penghasilannya ketika terjun di bidang ini.

Baca Juga: Inilah 3 Jurusan Kuliah Paling Populer di Malaysia

Jurusan kuliah yang menarik untuk dipelajari bukan? Salah satu keuntungan memilih jurusan kuliah yang jarang diminati adalah peluang untuk diterima di suatu universitas lebih besar karena saingan Anda juga lebih sedikit. Meskipun begitu, Anda juga harus memperhatikan universitas mana saja yang membuka jurusan-jurusan di atas. Termasuk apakah universitas di Indonesia atau di luar negeri yang lebih bagus pengelolaannya, dan pertimbangan lainnya. Hal yang harus diingat adalah, kuliah di luar negeri tidak selalu mahal. Jadi jangan sampai Anda patah semangat hanya karena biaya kuliah.

Bicara soal kuliah di luar negeri, apakah Anda memiliki cita-cita untuk kuliah di luar negeri? Jika ya, maka akan semakin banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari prosedur pendaftaran, persyaratan yang harus dipenuhi, hingga bagaimana beradaptasi, dan sebagainya. Termasuk mempersiapkan kemudahan menerima biaya hidup selama di luar negeri. Salah satu solusinya adalah dengan download dan mulai gunakan aplikasi Qelola. Aplikasi pembayaran dan transfer uang antar negara yang mudah digunakan serta lebih murah biaya transfernya. Ketahui lebih lanjut tentang Qelola di sini.

Tags: , , , , ,