Inilah 3 Jurusan Kuliah Paling Populer di Malaysia

jurusan kuliah di malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara yang paling banyak dipilih oleh calon mahasiswa S1 maupun S2 dari Indonesia untuk menimba ilmu. Saat ini, jumlah mahasiswa internasional di Malaysia mencapai 162.000 orang, dan 11.000 orang berasal dari Indonesia. Banyaknya mahasiwa asing di Malaysia membuat Malaysia menjadi tujuan studi terbaik di Asia Tenggara.

Kuliah di Malaysia banyak dipilih para pelajar Indonesia karena jaraknya yang dekat, budaya hampir sama dengan Indonesia, serta biaya hidup dan kuliah yang tidak semahal di Eropa, Amerika, dan Australia. Selain itu, kualitas universitas dan pendidikan di Malaysia pun sangat menjanjikan. Malaysia menawarkan banyak jurusan kuliah yang bisa Anda coba. Mulai dari jurusan teknik, pertanian, peternakan, kedokteran, bahasa, ilmu sosial, komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tertarik untuk kuliah di Malaysia dan masih bingung dengan jurusan yang tersedia, berikut adalah 3 jurusan kuliah paling populer di Malaysia yang bisa Anda coba.

1. Jurusan Kuliah Teknik Perminyakan (Petroleum)

asian woman civil engineer paper plan building architect wearing white safety helmet 39733 521 - Inilah 3 Jurusan Kuliah Paling Populer di Malaysia

Teknik perminyakan menjadi jurusan yang banyak diincar oleh calon mahasiswa yang berkuliah di Malaysia. Hal tersebut dikarenakan para lulusan teknik perminyakan lebih gampang mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar. Selain itu, negara Malaysia juga memainkan peran besar dalam perminyakan global. Bahkan, Malaysia menjadi pusat terbesar produksi minyak dan gas se-Asia Pasifik.

Industri perminyakan menjadi penggerak utama dari perekonomian Malaysia. Pemerintah Malaysia selalu gencar meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang perminyakan. Tak hanya itu, produksi minyak dan gas di Malaysia juga selalu ditingkatkan 5% per tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan kiprah yang panjang dalam bidang petroleum tersebut, tak heran jika teknik perminyakan menjadi jurusan yang begitu populer di Malaysia.

Banyak sekali universitas Malaysia yang menawarkan jurusan kuliah Petroleum Engineering. Misalnya, UCSI University menawarkan program Bachelor of Engineering (Hons) in Petroleum Engineering, sedangkan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) memiliki Petroleum Engineering Department yang menawarkan serangkaian program sarjana dan master.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Memilih Melanjutkan Pendidikan di Malaysia

2. Jurusan Kuliah Teknik Mekanik di Malaysia

asian electrician panel construction site 79405 12332 - Inilah 3 Jurusan Kuliah Paling Populer di Malaysia

Teknik Mekanik atau Mechanical Engineering juga menjadi jurusan kuliah paling populer di Malaysia. Sebab, lulusan jurusan ini dapat menemukan pekerjaan dengan mudah dalam sektor manufaktur yang sedang berkembang pesat, baik dalam pengelolaan, desain, maupun penelitian. Fokus pada pengembangan bidang otomotif dan manufaktur, industri di Malaysia memiliki banyak lowongan kerja bagi para lulusan teknik mekanik.

Permintaan yang tinggi akan tenaga profesional dalam bidang mekanik membuat banyak universitas-universitas di Malaysia menyediakan jurusan kuliah untuk bidang ini. Misalnya, University of Nottingham menyediakan Department of Mechanical, Materials, and Manufacturing Engineering. Selain itu, Monash University Malaysia juga menawarkan program sarjana untuk Mechanical Engineering.

3. Jurusan Kuliah Bisnis dan Manajemen Keuangan

asian college groups students studying together 4236 263 - Inilah 3 Jurusan Kuliah Paling Populer di Malaysia

Lulusan jurusan Bisnis dan Manajemen Keuangan banyak dicari di Malaysia, sehingga jurusan ini menjadi sangat populer di kalangan pelajar. Selain itu, Malaysia telah menjadi pusat keuangan dan perbankan berbasis islami di dunia. Perkembangan ekonomi yang mengalami kenaikan sekitar 4,5% hingga 5,5% pada tahun 2014 telah menunjukkan keberhasilan Malaysia dalam menghadapi krisis keuangan global.

Malaysia memberikan banyak kesempatan untuk mengembangkan ilmu di bidang keuangan. Tak hanya bisnis dan manajemen keuangan secara umum, sistem pendidikan di Malaysia dalam bidang keuangan juga akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi, investasi, perdagangan internasional, penjualan dan pemasaran, serta ekonomi. Lowongan kerja yang tersedia juga sangat terbuka lebar. Bahkan, Malaysia diprediksi memiliki 275.400 lowongan kerja di bidang tersebut.

Banyak universitas yang menawarkan jurusan kuliah bisnis dan manajemen keuangan. Misalnya, Universiti Malaysia menawarkan program Graduate School of Business, yang terkenal sebagai fakultas bisnis terpopuler di Asia. Selain itu, ada juga Universiti Putra Malaysia (UPM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Program kuliah bisnis dan manajemen keuangan tersebut ditawarkan untuk tingkat sarjana dan pascasarjana.

Pada dasarnya, jurusan kuliah yang banyak diminati di Malaysia masih berhubungan dengan banyaknya peluang kerja yang tersedia dalam bidang tersebut. Seperti yang Anda ketahui, Malaysia terkenal memiliki sistem yang baik di sektor perminyakan, mekanik, dan keuangan. Tak heran, jurusan kuliah yang populer di Negeri Jiran ini masih berkaitan dengan hal itu.

Bagi Anda yang tertarik melanjutkan kuliah di Malaysia, mulai lakukan persiapan yang matang untuk mewujudkan impian tersebut. Selain mempersiapkan program pendidikan di Malaysia, salah satu persiapan yang tidak boleh Anda remehkan adalah kemampuan mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan yang tepat akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan di sana. Untuk itu, layanan Qelola hadir untuk membantu Anda.

Qelola menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan fitur tersebut, transaksi keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , ,