4 Alasan Mengapa Memilih Melanjutkan Pendidikan di Malaysia

pendidikan di malaysia

Negara Malaysia telah menjadi salah satu negara tujuan populer bagi para siswa internasional, terutama dari Indonesia. Malaysia telah memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman dalam hal pendidikan internasional. Sistem pendidikan di Malaysia yang unik dan terstruktur dengan baik memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memiliki kualifikasi internasional dengan harga yang bersaing. Anda berniat untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia? Ketahui apa saja keunggulan sistem pendidikan yang ada di Malaysia berikut ini.

Baca Juga: Cermati Sistem Pendidikan Tinggi di Malaysia Berikut Ini

1. Pendidikan di Malaysia Berkualitas

pendidikan di malaysia 1 - 4 Alasan Mengapa Memilih Melanjutkan Pendidikan di Malaysia

Sistem pendidikan lanjutan di Malaysia telah memenuhi standar internasional dan diawasi secara ketat oleh Departemen Pendidikan Lanjutan. Departemen Pendidikan Lanjutan memiliki visi untuk menjadikan Malaysia sebagai Center of Excellence for Higher Education (Pusat Pendidikan Lanjutan Bermutu). Dengan pengawasan yang ketat tersebut, maka banyak universitas asing terkemuka dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, hingga Selandia Baru yang terinspirasi untuk datang ke Malaysia. Baik untuk mendirikan kampus cabang atau untuk menjalin kerjasama dengan Institusi di Malaysia.

Hingga saat ini sudah ada banyak Institusi Malaysia yang memiliki program 2+1 atau 3+0. Program 2+1 berarti Anda bisa memilih untuk menyelesaikan sebagian periode kuliah di Institusi Malaysia, dan sebagian lagi di universitas yang bekerjasama dengan institusi tersebut. Sementara program 3+0 berarti Anda selama 3 tahun penuh di Malaysia.

2. Biaya yang Terjangkau

Biaya pendidikan di Malaysia sangat masuk akal dan terjangkau bagi siswa internasional, termasuk yang berasal dari Indonesia seperti Anda. Biaya hidup di sana juga cukup rendah. Sebagai seorang siswa yang menempuh pendidikan di Malaysia, Anda bisa hidup nyaman dengan kurang lebih RM10.000 dalam setahun.

3. Lingkungan yang Multikultural

pendidikan di malaysia 2 - 4 Alasan Mengapa Memilih Melanjutkan Pendidikan di Malaysia

Sebagai siswa internasional yang menempuh pendidikan di Malaysia, maka Anda akan mendapatkan pengalaman hidup dalam masyarakat majemuk dan multikultural. Keragaman etnis di Malaysia membantu Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari budaya yang berbeda, kelompok etnis, hingga tradisi di seluruh dunia. Ada tiga ras utama di Malaysia yang perlu Anda ketahui yaitu Melayu, Cina, dan India bersama dengan etnis minoritas lainnya. 

4. Kedekatan Dalam Hal Lokasi dan Budaya

Sebagai siswa internasional yang berasal dari Indonesia, ada beberapa alasan khusus yang membuat Anda memilih menempuh pendidikan di Malaysia. Alasan yang pertama adalah jarak Malaysia yang bisa ditempuh selama dua jam penerbangan dari Jakarta. Karena dekatnya jarak tersebut, maka memungkinkan Anda atau orang tua untuk lebih mudah berkunjung dengan cepat dan dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, budaya Melayu yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia juga membuat Anda bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan di sana.

Menyiapkan Visa Belajar di Malaysia

pendidikan di malaysia 3 - 4 Alasan Mengapa Memilih Melanjutkan Pendidikan di Malaysia

Bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri wajib memiliki Visa Belajar untuk izin belajar dan tinggal di sana. Di Malaysia, Visa Belajar disebut dengan istilah Student Pass. Berikut ini adalah urutan untuk mendapatkan Student Pass yang perlu Anda cermati.

  • Pastikan bahwa universitas tujuan Anda telah mengantongi izin dari Ministry of Home Affairs untuk menerima pelajar asing atau siswa internasional.
  • Setelah mengantongi offer letter dari universitas tujuan, selanjutnya Anda perlu mengurus pembuatan VAL (Visa Approval Letter) di lembaga Education Malaysia Gloal Service (EMGS).
  • Setelah terbit, selanjutnya Anda perlu membuat Single Entry Visa (SEV) di kedutaan Malaysia. Visa ini akan berlaku selama tiga bulan, sebelum Anda mendapatkan Student Pass.
  • Setelah mengantongi SEV dan sampai di universitas tujuan di Malaysia, saatnya Anda mengurus Student Pass. Berikan paspor Anda dan semua dokumen yang dibutuhkan pada pihak yang bertanggung jawab di universitas Anda. Nantinya universitas Anda lah yang akan membantu mengurusnya ke pihak imigrasi Malaysia untuk mengubah SEV menjadi Multi Entry Visa (MEV) yang berjenis Student Pass.
  • Selanjutnya, Anda juga perlu mengurus Student Bond atau Personal Bond. Ini adalah surat tanggungan biaya yang menyatakan bahwa Anda sudah memenuhi semua syarat keimigrasian untuk sekolah dan tinggal di Malaysia. Jumlahnya bisa bervariasi, tergantung dengan negara asal. Biaya tersebut akan menjadi deposito yang akan dikembalikan jika masa pendidikan Anda di Malaysia sudah selesai.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menempuh pendidikan lanjutan di Malaysia. Agar kehidupan Anda selama berada di Malaysia aman dan terjamin, Anda memang dituntut agar disiplin. Termasuk dalam hal mengelola keuangan Anda. Bantuan dari aplikasi keuangan seperti Qelola tentu saja akan sangat berarti bagi Anda. Bagaimana tidak, Qelola memungkinkan Anda lebih mudah dalam mengontrol uang yang Anda keluarkan untuk keperluan apa saja. Sebelum berangkat ke Malaysia, cicil unduh Qelola dulu.

Tags: , , , , ,