Ketahui Seputar Kuliah Manajemen Bisnis di Malaysia Sebelum Mendaftar

kuliah manajemen bisnis

Menentukan jurusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang bukan perkara mudah. Bagi sebagian lulusan SMA atau SMK mungkin memiliki daftar calon jurusan yang akan dituju dan berbagai hal yang dipertimbangkan. Salah satu jurusan yang mendapat banyak perhatian adalah jurusan manajemen bisnis. Tidak sedikit para calon mahasiswa yang menginginkan kuliah manajemen bisnis di luar negeri. Karena selain pengalaman dan ilmu yang didapat bisa lebih luas, perkembangan bisnis yang pesat di luar negeri juga patut untuk dipelajari langsung di negara tersebut. Satu dari banyak negara yang memiliki kualitas jurusan manajemen bisnis bagus adalah negara Malaysia. Berikut ini adalah info seputar materi manajemen bisnis, keuntungan mengambil di Malaysia, serta prospek kerja lulusannya di Malaysia.

1.  Objek dan Materi Ketika Kuliah Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen bisnis memiliki objek pembelajaran yang luas terkait pengembangan bisnis dan organisasi. Sehingga materi yang didapatkan nanti seputar sejarah dan fungsi manajemen, strategi perencanaan dan pengembangan bisnis, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), mempelajari potensi bisnis dan kewirausahaan, prinsip dan fungsi pembukuan atau akuntansi, strategi marketing, pengelolaan sumber daya perusahaan, hingga kepemimpinan juga akan dipelajari. Jika Anda menyukai dunia bisnis dan memperoleh keuntungan, baik melalui menjual barang dan/atau jasa, maka jurusan ini sangat tepat bagi Anda.

Baca Juga: Kenali 5 Universitas Bisnis Terbaik di Malaysia Berikut

2.  Keuntungan Kuliah Manajemen Bisnis di Malaysia

kuliah 700x467 - Ketahui Seputar Kuliah Manajemen Bisnis di Malaysia Sebelum Mendaftar

a.  Termasuk dalam negara favorit tujuan pelajar internasional

Menurut salah satu sumber, Malaysia masuk dalam 10 negara di Asia terfavorit bagi pelajar internasional untuk mengenyam pendidikan tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah pelajar dan mahasiswa internasional di Malaysia mencapai 177.000 orang. Ditambah lagi dengan adanya hasil survei UNESCO pada tahun 2014 yang menyatakan bahwa Malaysia ada di urutan 12 diantara negara-negara dunia yang menarik mahasiswa internasional untuk mengakses pendidikan tinggi. Sehingga tidak ada keraguan lagi untuk kuliah di Malaysia.

b.  Sistem pendidikan berkualitas internasional dengan biaya relatif lebih murah

Malaysia memiliki skema pendidikan tinggi yang jarang dimiliki negara di Asia, yaitu twinning programme. Program pendidikan ini memungkinkan Anda mendapatkan kualitas pendidikan dari negara-negara maju lain seperti Amerika, Inggris, Australia, dan lainnya, tapi dengan biaya yang terjangkau. Karena bisa dikatakan Malaysia telah bekerja sama dengan beberapa universitas dari negara-negara tersebut. Beberapa universitas tersebut juga membuka jurusan manajemen bisnis dan banyak peminatnya. Terlebih lagi dengan biaya hidup di Malaysia yang murah, yaitu sekitar Rp4 – Rp6 juta setiap bulannya. Sehingga, baik biaya kuliah maupun biaya hidup, sama-sama relatif murah dengan kualitas pendidikan yang berkualitas.

c.   Program atau jenjang pendidikan yang beragam

Selain twinning programme seperti yang ada di poin sebelumnya, Malaysia juga memiliki program pendidikan lain yang beragam. Tidak hanya program sarjana, master, dan doktoral saja, Malaysia juga memiliki program gelar ganda (double degree). Bahkan Anda juga dapat melakukan program ekstensi dari D3 di Indonesia ke S1 di Malaysia. Tak ketinggalan pula, program sertifikasi bagi Anda yang akan mencari sertifikat profesional. Terlebih lagi dalam jurusan manajemen bisnis, Malaysia menawarkan berbagai pilihan program pendidikan.

d.  Dapat mengikuti program magang di perusahaan multinasional

Kesempatan magang di perusahaan multinasional akan sangat menguntungkan bagi Anda yang mengambil jurusan manajemen bisnis di Malaysia. Praktek langsung di perusahaan menjadi kekuatan para lulusan manajemen bisnis. Bahkan bagi mahasiswa internasional bisa mendapat uang saku antara Rp1.750.000 hingga Rp3.500.000 per bulannya, dan bisa lebih tinggi lagi di perusahaan yang lebih besar. Tidak hanya mendapat ilmu dan pengalaman, Anda juga akan lebih mudah membangun koneksi di dunia kerja.

e.  Memungkinkan Anda kuliah sambil kerja paruh waktu

Jika belum waktunya untuk magang karena baru masuk awal tahun perkuliahan, Anda juga bisa bekerja paruh waktu di sela-sela kesibukan kuliah. Pemerintah Malaysia mengizinkan mahasiswa untuk mengambil kerja paruh waktu saat masuk masa liburan hingga 20 jam per minggu. Bukankah Anda bisa menambah uang jajan?

3.  Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Manajemen Bisnis

gaji kerja di malaysia - Ketahui Seputar Kuliah Manajemen Bisnis di Malaysia Sebelum Mendaftar

  • Konsultan Bisnis dan Manajemen, gaji awal Rp5 – Rp10 juta.
  • Analis Bisnis, gaji awal Rp6 – Rp8 juta.
  • Staf Perusahaan Divisi Keuangan atau Pemasaran, gaji awal Rp4 – Rp6 juta.
  • Manajer Perusahaan Divisi Keuangan atau Pemasaran, gaji awal Rp8 – Rp19 juta.
  • Account Executive, gaji awal Rp4 – Rp6 juta.
  • Manajemen Training, gaji awal Rp4 – Rp8 juta.
  • Dosen Manajemen Bisnis, gaji awal Rp5 – Rp10 juta.

Karena nilai di atas merupakan gaji awal, artinya Anda bisa mendapat gaji yang lebih besar jika Anda sudah berpengalaman.

Itu tadi beberapa informasi penting bagi Anda yang ingin kuliah manajemen bisnis di luar negeri, khususnya Malaysia. Jika Anda baru terpikirkan sekarang untuk kuliah di luar negeri, maka tidak ada salahnya mencoba mendapatkan beasiswa kuliah di Malaysia yang banyak ditawarkan, baik dari perusahaan maupun dari pemerintah Indonesia. Sedangkan bagi Anda yang sudah lama mengimpikan kuliah di luar negeri, sampai mana persiapan Anda? Apakah urusan kirim mengirim biaya kuliah dan biaya hidup antar negara sudah Anda siapkan? Jika belum, ada aplikasi transfer dan pembayaran tagihan yang harus Anda coba. Aplikasi dengan berbagai fitur dan biaya transfer murah ini adalah Qelola. Yuk download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,