Kuliah di Malaysia Murah dengan Twinning Programme

twinning programme

Peminat kuliah di luar negeri memang tidak setinggi kuliah di tanah air. Pelajar Indonesia biasanya terhambat pada biaya kuliah yang tinggi. Padahal jika Anda punya mimpi untuk kuliah di luar negeri, banyak sekali jalur atau alternatif untuk mendapatkan beasiswa. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin, semua orang, termasuk Anda punya kesempatan untuk kuliah di luar negeri dengan murah bahkan gratis. Kuliah di luar negeri yang biasanya menjadi impian adalah di negara-negara maju. Sayangnya biaya hidup di negara maju memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia. Oleh sebab itu, Malaysia memiliki skema twinning programme bagi mahasiswa internasional yang ingin memiliki gelar dari universitas negara maju.

Meskipun sebenarnya Malaysia juga sudah termasuk negara maju, namun biaya hidup di Malaysia relatif lebih murah. Sehingga bagi Anda yang mencari kesempatan untuk kuliah di negara maju namun dengan biaya murah, twinning programme adalah salah satu alternatifnya. Ingin tahu lebih banyak tentang twinning programme? Berikut ini adalah info lengkap seputar twinning programme di Malaysia.

Baca Juga: Cermati Sistem Pendidikan Tinggi di Malaysia Berikut Ini

a.  Deskripsi Singkat dan Struktur Twinning Programme

Twinning programme adalah skema perkuliahan yang dilakukan di Malaysia tapi memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan gelar yang sama dengan universitas di negara lain. Mahasiswa yang mengikuti program ini akan menyelesaikan kuliah di Malaysia untuk 1 atau 2 tahun, kemudian transfer ke institusi atau universitas di negara lain. Perkuliahan transfer tersebut dapat dilakukan di Malaysia juga atau bisa di negara yang bersangkutan tanpa harus melakukan pendaftaran ulang. Nantinya, kredit nilai akan diakumulasikan serta materi perkuliahan juga akan disesuaikan. Sehingga terdapat beberapa jenis struktur twinning programme, yaitu:

  1. Program 2+1

Mahasiswa yang mengambil program 2+1 berarti dia akan menjalani kuliah di Malaysia selama 2 tahun, lalu transfer ke luar negeri dan meneruskan kuliah selama 1 tahun terakhir. Nantinya, mahasiswa tersebut akan mendapatkan ijazah dari Malaysia sekaligus ijazah dari negara tempat meneruskan kuliah tahun terakhirnya.

  1. Program 2+2

Mahasiswa yang mengambil program 2+2 berarti dia akan menjalani kuliah di Malaysia selama 2 tahun pertama, lalu transfer ke Amerika dan meneruskan kuliah selama 2 tahun terakhir. Mengapa Amerika? Karena baru negara Amerika yang memiliki kerja sama dalam program 2+2 yang biasa disebut dengan American Degree Programme.

  1. Program 3+0

Mahasiswa yang mengambil program 3+0 berarti dia akan menjalani kuliah di Malaysia selama 3 tahun penuh. Namun mahasiswa tersebut tetap akan mendapatkan 2 gelar, yaitu dari Malaysia dan dari negara lain yang bekerja sama dalam program 3+0 ini. Artinya, mahasiswa hanya akan memiliki biaya kuliah dan biaya hidup di Malaysia, namun bisa mendapatkan gelar dari negara maju lainnya.

Untitled design345 - Kuliah di Malaysia Murah dengan Twinning Programme

b.  Manfaat Twinning Programme

Manfaat twinning programme akan sekaligus menjadi alasan dan faktor pendukung Anda dalam memutuskan untuk mengikuti program ini atau tidak. Berikut poin-poinnya:

  1. Kesempatan bagi mahasiswa internasional, termasuk Anda, untuk mendapatkan pendidikan dari destinasi kuliah terkenal dan unggulan di dunia seperti Amerika dan Inggris.
  2. Kuliah di lebih dari 1 negara akan menambah banyak pengalaman, meningkatkan soft skil dan hard skill, serta membuka wawasan seluas-luasnya dengan berbagai budaya yang ditemui.
  3. Biaya kuliah di Malaysia yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kuliah di negara barat. Sebagai contoh, kuliah 3 tahun di Australia dibandingkan dengan 2 tahun di Malaysia dan 1 tahun di Australia tentu akan jauh lebih hemat bukan? Terlebih lagi jika pada akhirnya, gelar yang didapatkan sama.
  4. Biaya hidup di Malaysia jauh lebih murah daripada negara maju lainnya, baik di Benua Asia maupun di Benua Eropa dan Amerika. Perkiraan biaya hidup yang dibutuhkan di Malaysia hanyalah RM10.000 per tahun atau sekitar Rp 3,5 juta per bulannya. Sehingga Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Menarik bukan?

 

university 105709 640 e1587921588190 - Kuliah di Malaysia Murah dengan Twinning Programme

c.  Universitas dan Negara Penyelenggara Twinning Programme

Berikut ini adalah beberapa universitas di Malaysia yang membuka twinning programme beserta negara yang bekerja sama melaksanakannya:

  1. Sunway University yang bekerja sama dengan Western Michigan University, (Amerika), Monash University (Australia), Victoria University (Australia), dan Canadian International Matriculation (Kanada).
  2. Nottingham University Business School Malaysia yang bekerja sama dengan Nottingham University Business School Inggris. Bahkan institusi ini sudah membangun cabang di Malaysia, sehingga Anda tidak perlu menjalani kuliah di Inggris.
  3. Serta beberapa universitas lain yang menawarkan twinning programme bersama negara Jerman dan Perancis.

Demikian penjelasan seputar twinning programme di Malaysia. Program ini merupakan salah satu program unggulan dalam bidang pendidikan milik Malaysia dan program favorit bagi banyak mahasiswa internasional Asia. Sehingga sayang sekali jika Anda lewatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri dengan twinning programme ini. Kemudian karena Anda akan menjalani program ini di Malaysia, kami kenalkan Anda dengan aplikasi keuangan yang memudahkan proses transfer uang antara negara Malaysia dan Indonesia. Aplikasi penuh fitur menarik ini adalah Qelola. Ketahui Qelola lebih lanjut disini. Kemudian rasakan manfaatnya dari sekarang dengan unduh dan install Qelola di sini.

Tags: , , , ,