Wajib Dibaca untuk Mengetahui Biaya Hidup di Malaysia!

biaya hidup di malaysia

Malaysia adalah salah satu negara yang terkenal dengan biaya hidupnya yang terjangkau. Banyak yang bilang jika biaya hidup di sana tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Biaya hidup di Malaysia relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga lainnya. Malaysia juga merupakan negara yang harus dipertimbangkan untuk dijadikan tempat tinggal. Karena selain memiliki infrastruktur yang sangat baik, Malaysia juga memiliki pilihan perawatan kesehatan yang berkualitas tinggi. Banyak warga negara asing yang memutuskan bekerja di Malaysia karena biaya hidup yang lebih rendah, budaya yang dinamis, serta keterbukaannya terhadap warga negara asing. Malaysia juga dinilai sebagai salah satu negara tujuan untuk para pelajar yang ingin menempuh pendidikan di sana karena kualitas pendidikan yang sudah terbukti bagus dan tentu juga karena biaya hidup di Malaysia yang terjangkau.

Bagi Anda yang berniat untuk tinggal dan bekerja di Malaysia, biaya hidup tentunya menjadi salah satu faktor pertimbangan utama yang wajib untuk diketahui. Lalu kira-kira apa saja yang perlu di perhitungkan untuk hidup di sana? Berikut uraiannya.

 Daftar Biaya Hidup di Malaysia

  1. Biaya Akomodasi/Transportasi

transportasi umum e1585817184364 - Wajib Dibaca untuk Mengetahui Biaya Hidup di Malaysia!

Salah satu biaya hidup di Malaysia yang harus Anda perhitungkan adalah biaya akomodasinya. Malaysia menawarkan berbagai pilihan akomodasi, dan harganya sangat tergantung pada apa yang Anda butuhkan. Ketika mencari akomodasi, lebih baik untuk mencari tahu tentang lalu lintas lokal di daerah tersebut, dan memeriksa ulang rute harian yang akan diambil karena jarak dekat dapat menjadi perjalanan yang panjang jika lalu lintas ramai. Menggunakan transportasi umum bisa menjadi penyelamat. Transportasi umum mudah ditemukan di Malaysia dan relatif murah.

Ada beberapa pilihan mode transportasi umum di Malaysia. Berikut rinciannya:

  • LRT : mulai dari 80 sen, 20-70 sen per stasiun berikutnya
  • MRT : mulai dari 80 sen, 30 sen- 1 ringgit per stasiun berikutnya
  • Monorail : mulai dari 90 sen, 1-2 ringgit per stasiun berikutnya
  • Bus : mulai dari 80 sen – 1 ringgit per perjalanan
  • BRT : mulai dari 80 sen, 20-60 sen per stasiun berikutnya
  • KTM : mulai dari RM 1,50, 30 sen – 1 ringgit per stasiun berikutnya
  • Grab : mulai dari RM 5
  • Taxi : mulai dari RM 3
  1. Biaya Tempat Tinggal

apartemen e1585817388424 - Wajib Dibaca untuk Mengetahui Biaya Hidup di Malaysia!

Selain biaya akomodasi, biaya lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengenai biaya tempat tinggal.  Secara umum, warga negara asing yang akan tinggal di Malaysia biasanya akan menyewa apartemen, rumah, atau ada juga alternatif tinggal di hostel. Biaya sewa apartemen atau rumah di Malaysia bisa berbeda-beda. Tergantung dengan kedekatannya dengan pusat kota. Biaya sewa kamar di sebuah unit apartemen di kota-kota besar sekitar RM450 – RM1,000 atau sekitar Rp1,7 – Rp3,8 juta tergantung jenis kamarnya. Untuk tempat tinggal, jika sendiri tentu saja akan lebih murah, karena Anda bisa saling berbagi biaya sewa dengan teman-teman Anda yang lain. Sedangkan untuk yang sudah menikah, tentu saja Anda ingin memiliki tempat tinggal sendiri, dan menyewa satu apartemen penuh. Ada beberapa jenis tempat tinggal yang dapat disewa di Malaysia, dan setiap jenis memiliki kisaran harga masing-masing berdasarkan lokasi strategis. Jika Anda menyewa apartemen di dekat fasilitas publik, tentu harganya akan lebih mahal.

  1. Biaya Makan

makanan e1585817557685 - Wajib Dibaca untuk Mengetahui Biaya Hidup di Malaysia!

Biaya makan di Malaysia tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia. Contohnya, sebagai sesama konsumen nasi terbesar, harga beras di Malaysia sekitar RM3,8 atau Rp14 ribuan. Sementara di Indonesia harganya rata-rata Rp12 ribuan. Namun soal harga daging sapi, Malaysia bisa lebih murah. Harga daging sapi per kilogramnya sekitar RM27 (setara Rp100 ribu), sementara harga normal di Indonesia sekitar Rp120 ribuan. Dengan begitu, biaya hidup di Malaysia bisa lebih murah dibanding Indonesia dalam hal ini. Dan jika ingin mencoba makan di restoran, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar RM10 atau sekitar Rp35 ribu saja.  Jika soal minuman, meski harga air mineral botol di Malaysia sedikit lebih mahal dibanding di Indonesia, hal ini tidak berlaku dengan minuman manis seperti teh, kopi, dan jus karena gula di Malaysia di subsidi oleh pemerintah.

 

Tentu saja ketika memilih tempat tinggal, biaya hidup adalah faktor terbesar bagi banyak orang yang harus dipertimbangkan. Besarnya biaya hidup di Malaysia yang sudah di uraikan di atas tidak semua bisa dijadikan patokan. Sebagian besar biaya hidup di Malaysia tergantung pada gaya hidup Anda. Jika Anda sering makan di restoran mahal, tentu saja pengeluaran Anda akan semakin bertambah. Namun jika gaya hidup Anda normal pada umumnya dan mengkonsumsi makanan lokal, Anda dapat mengurangi total biaya bulanan Anda lebih banyak lagi.

Untuk membantu Anda dalam mengelola biaya hidup di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Dengan Qelola Anda dapat melakukan dan menerima transfer dari Indonesia maupun Malaysia secara mudah. Anda juga tetap bisa membayar multi tagihan di Indonesia untuk keluarga tercinta di samping melakukan investasi keuangan untuk hari tua.

Download aplikasi Qelola sekarang juga agar Anda segera dapat menikmati kemudahannya.

Tags: , , , , , ,