Kuliah di Jurusan Kedokteran, Malaysia Menyediakan Banyak Pilihan

Jurusan Kedokteran

Memilih jurusan kedokteran untuk sebagian besar orang adalah jalan untuk mencapai tujuan hidupnya. Mengabdi pada masyarakat sekaligus memiliki kesempatan besar mendapatkan penghidupan yang layak, membuat jurusan kedokteran di banyak universitas dibanjiri peminat. Salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan kedokteran baik adalah Malaysia.

Tentu hal ini bukan tanpa sebab, Malaysia sejak lama terkenal dengan dedikasinya di bidang kesehatan, sehingga pemerintah benar-benar memberikan dukungan pada sektor ini. Tak hanya fasilitas kesehatan dan layanannya saja, namun juga pendidikan untuk jurusan kedokteran dan kesehatan benar-benar mendapat perhatian besar sehingga bisa berkembang pesat.

Nah, untuk memberikan gambaran, Anda bisa melihat jenjang program, spesialisasi jurusan, daftar mata kuliah, prospek kerja, hingga rekomendasi universitas dengan jurusan kedokteran terbaik. Simak selengkapnya!

Jenjang Program Jurusan Kedokteran

Untitled design644 - Kuliah di Jurusan Kedokteran, Malaysia Menyediakan Banyak Pilihan

Untuk bidang kesehatan, universitas di Malaysia menyediakan banyak sekali jenjang program yang bisa diikuti. Tentu, setiap program ini memiliki syarat dan klasifikasinya masing-masing. Beberapa di antara jenjang program jurusan kedokteran dan kesehatan di Malaysia adalah sebagai berikut:

  • Foundation.
  • Diploma.
  • Advanced Diploma.
  • Sarjana (S1).
  • Magister (S2).
  • Doktoral (S3).
  • Program Sertifikasi.
  • Program Sertifikasi Profesional.
  • Program Vokasi.

Jika dilihat, program yang tersedia benar-benar bisa memfasilitasi setiap jenjang yang diinginkan oleh calon mahasiswa. Jadi Anda tak perlu bingung memilihnya, cukup kunjungi situs resmi universitas yang Anda inginkan, dan dapatkan setiap informasi yang Anda perlukan.

Spesialisasi Jurusan Perkuliahan

Pada bidang kedokteran dan kesehatan sendiri terdapat banyak sekali program peminatan. Nah, yang seringkali terjadi salah persepsi adalah bahwa jurusan kedokteran dan kesehatan adalah satu kesatuan. Padahal jurusan kedokteran dan jurusan kesehatan berbeda fokus.

Untuk spesialisasi jurusan kedokteran sendiri, kampus di Malaysia menawarkan beberapa fokus yang bisa dipilih. Misalnya seperti kedokteran, bedah gigi, pengobatan tradisional Tiongkok, kedokteran dan ilmu bedah, farmasi, teknologi farmasi, fisioterapi, pencitraan medis, dan masih banyak lagi. Apakah ada yang menjadi fokus Anda di beberapa peminatan dan fokus tersebut?

Jika Anda sudah mulai memiliki bayangan fokus mana yang akan Anda masuki, mungkin juga Anda berminat sedikit mengintip mata kuliah apa saja yang akan dipelajari. Daftarnya ada di bagian berikut ini.

Daftar Mata Kuliah yang Akan Dipelajari

Untitled design643 - Kuliah di Jurusan Kedokteran, Malaysia Menyediakan Banyak Pilihan

Mata kuliah yang akan dipelajari akan tergantung pada jenjang pendidikan yang Anda tempuh. Biasanya, perbedaan mata kuliah akan ditentukan pemfokusan studi dan tahun studi Anda.

Misalkan ambil sedikit contoh untuk jurusan Medicine and Bachelor of Surgery di SEGi University, pada tahun pertama Anda akan mendapatkan Human Anatomy, Human Physiology, Basic Biochemistry, General Pathology, Basic Pharmacology, Medical Microbiology, Medical Immunology, Biostatistic and Introduction to Community Medicine, Research Methodology Mini Research Project, Clinical Methods Medical Ethics, dan Introduction to Behavioural Science.

Pada tahun kedua, Anda akan mendapatkan Cardiovascular System, Haemopoietic System, Endocrine System, Central Nervous System, dan Musculoskeletal System. Untuk tahun ketiga hingga kelima, mata kuliah yang Anda pelajari akan semakin fokus, di antaranya Clinical Foundation, General Surgery, Obstetrics Gynaecology, Community Based Medicine, Psychiatry, Rehabilitation Palliative Care, dan sebagianya.

Proyeksi Kesempatan Kerja Setelah Lulus

Jika melihat industri kesehatan yang ada di Malaysia sendiri, mungkin Anda akan mendapat bayangan betapa peluang kerja yang ada di sana sangat menjanjikan. Dilengkapi fasilitas kesehatan terbaik, keberadaan tenaga kesehatan yang berkualitas juga menjadi poin utama majunya industri tersebut di Malaysia.

Jika Anda sudah lulus nantinya, pekerjaan bisa didapatkan dengan tidak terlalu sulit. Terlebih jika universitas yang menjadi almamater Anda memiliki kerja sama dengan banyak instansi dan alumni, maka mencari pekerjaan akan jauh lebih mudah. Tentu, gaji yang ditawarkan juga tinggi mengingat resiko kerja yang dimiliki juga besar.

Rekomendasi Universitas Terbaik

Untitled design642 - Kuliah di Jurusan Kedokteran, Malaysia Menyediakan Banyak Pilihan

Untuk rekomendasi universitas terbaik yang bisa Anda pilih untuk jurusan kedokteran sendiri, setidaknya terdapat empat universitas negeri dan tiga universitas swasta. Ini tidak berarti universitas lain tidak berkualitas, hanya saja ketujuh universitas ini dinilai paling menonjol di antara yang lainnya.

Untuk universitas negeri adalah University of Malaya, University Tunku Abdul Rahman, University Kebangsaan Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia. Untuk universitas swasta adalah University Putra Malaysia, University Teknologi Mara, dan University Kuala Lumpur.

Baca Juga: Mengapa Kursus TOEFL dan IELTS Sangat Penting? Cek Info Ini

Jurusan kedokteran akan selalu jadi salah satu jurusan yang tidak akan sepi peminat. Karir yang menjanjikan, pengabdian yang diberikan, serta status sosial yang terpandang membuat lulusan jurusan ini banyak dikenal oleh masyarakat. Nah, ketika nanti Anda sudah selesai kuliah dan mendapatkan pekerjaan di Malaysia, tentu Anda harus memiliki partner layanan remitansi yang handal. Qelola, dalam hal ini siap membantu Anda. Dengan transfer real-time dan biaya yang ekonomis (di bawah 5 ringgit Malaysia), Anda bisa mengirimkan uang dengan cepat dan dicairkan hampir pada saat yang bersamaan. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga sukses dengan rencana kuliah Anda!

 

Tags: , , , , , , , , , , ,