3 Cara Mudah Menghasilkan Uang selama Kuliah di Malaysia

cara menghasilkan uang saat kuliah

Banyak mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Malaysia terkadang masih bingung bagaimana cara menghasilkan uang selama kuliah. Padahal, Anda bisa mencoba untuk bekerja sambilan sembari kuliah. Peluang bekerja sambilan sembari kuliah sangat terbuka lebar di Malaysia. Pemerintah Malaysia pun memperbolehkan mahasiswa internasional bekerja sambilan selama kuliah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bekerja sambilan sembari kuliah di luar negeri memang kerap dilakukan mahasiswa Indonesia. Selain sebagai cara tepat menghasilkan uang, bekerja sambilan juga bisa menambah pengalaman kerja. Pengalaman kerja tentunya sangat berguna sebagai bekal ketika Anda sudah lulus dan mulai memasuki dunia kerja sesungguhnya. Lantas, kerja sambilan apa yang bisa Anda lakukan agar bisa menghasilkan uang selama kuliah di Malaysia? Cek daftarnya berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Kerja Paruh Waktu (Part Time)

asia woman barista 1150 5903 - 3 Cara Mudah Menghasilkan Uang selama Kuliah di Malaysia

Mahasiswa internasional yang berkuliah di Malaysia diperbolehkan bekerja paruh waktu (part time) maksimal 20 jam per minggu. Selain itu, mahasiswa hanya boleh bekerja saat masa liburan lebih dari 7 hari. Untuk bisa bekerja paruh waktu di Malaysia, Anda sebagai mahasiswa internasional perlu mengajukan permohonan kerja paruh waktu melalui institusi pendidikan tempat Anda kuliah. Permohonan tersebut nantinya dikirim ke Immigration Department of Malaysia. Setelah pengajuan diterima, pihak universitas harus mengirim laporan kehadiran perkuliahan Anda ke Immigration Department setiap 3 bulan. Laporan tersebut sebagai bukti pekerjaan sambilan yang Anda lakukan tidak mengganggu aktivitas belajar Anda.

Selain aturan di atas, pemerintah Malaysia juga membatasi bidang yang bisa dimasuki untuk bekerja paruh waktu bagi mahasiswa internasional. Mahasiswa internasional hanya diperbolehkan bekerja paruh waktu di minimarket, restoran, kafe, hotel, dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Pemerintah Malaysia melarang mahasiswa internasional bekerja part time sebagai kasir, penyanyi, tukang pijat, musisi, dan guest relations.

Cara menghasilkan uang melalui bekerja paruh waktu di Malaysia terkesan cukup ribet dan gaji yang ditawarkan juga relatif rendah jika dibandingkan dengan ketentuan kerja part time di negara lain. Gaji yang diterima saat bekerja part time di Malaysia berkisar RM150 atau sekitar Rp500.000 per minggu.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri? Intip 8 Tips Ini!

Menghasilkan Uang Melalui Kerja Secara Online

checking e mails 1098 16939 - 3 Cara Mudah Menghasilkan Uang selama Kuliah di Malaysia

Saat ini, menghasilkan uang secara online merupakan opsi legal bagi mahasiswa internasional yang berkuliah di Malaysia. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang tambahan. Lakukan pekerjaan freelance atau remote secara online untuk klien di Malaysia dan juga seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak perusahaan mulai merekrut pekerja freelance yang berasal dari mahasiswa. Beberapa pekerjaan yang sering ditawarkan perusahaan untuk dilakukan freelance seperti menulis (creative writing), desain grafis, fotografer, web designer, editor atau proofread, web developer, dan sebagainya.

Gaji yang dihasilkan saat bekerja secara online tergantung dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Namun umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan bekerja paruh waktu. Pekerjaan freelance biasanya tidak menguras banyak tenaga dan lebih fleksibel dikerjakan sehingga Anda bisa lebih mudah mengatur waktu untuk bekerja dan berkuliah.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Bisnis Jasa Titip (Jastip)

portrait young asian woman using laptop computer work with parcel box 74190 10237 - 3 Cara Mudah Menghasilkan Uang selama Kuliah di Malaysia

Bisnis jastip menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang bisa Anda lakukan. Jastip merupakan sebuah layanan penitipan belanja sebuah produk yang ada di Malaysia untuk konsumen yang ada di Indonesia. Layanan jastip saat ini sedang populer di masyarakat, mengingat tak semua produk yang ada di Malaysia dijual di Indonesia. Anda bisa memasarkan bisnis jastip melalui media sosial seperti Instagram maupun melalui e-commerce.

Cara menghasilkan uang melalui bisnis jastip sangat cocok dilakukan mahasiswa Indonesia yang gemar belanja dan sering pulang ke Indonesia. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis jastip, pastikan untuk mengetahui barang apa saja yang akan Anda jual. Mulailah mencari tahu barang apa yang diminati oleh masyarakat dan tersedia di Malaysia, terutama yang dekat dengan tempat Anda berkuliah.

Keuntungan yang didapat dari bisnis ini berkisar 5-20% dari harga barang yang dipesan konsumen. Cukup menguntungkan bukan? Selain keuntungan yang cukup besar, bisnis jastip bisa dilakukan secara fleksibel sesuai dengan jadwal yang Anda buat.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang melalui kerja sambilan. Pada dasarnya, untuk bisa menghasilkan uang selama kuliah, Anda harus cerdas dalam memanfaatkan setiap peluang, termasuk peluang untuk bekerja sambilan di bidang tertentu. Namun, Anda juga harus memperhatikan peraturan yang berlaku di Malaysia mengenai kerja sambilan yang bisa dilakukan mahasiswa internasional. Jangan sampai melanggar karena akan berimbas ke proses perkuliahan.

Bagi Anda yang ingin bekerja sambilan selama kuliah di Malaysia, pastikan pekerjaan yang Anda lakukan tidak akan mengganggu waktu kuliah. Pastikan juga Anda menggunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan Anda mengelola keuangan selama berkuliah di Malaysia. Layanan keuangan Qelola akan mempermudah Anda melakukan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan ke Indonesia. Dengan proses yang praktis dan cepat, transaksi yang Anda lakukan selama tinggal di Malaysia akan semakin mudah. Unduh aplikasi Qelola melalui smartphone sekarang juga! Lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , , , , ,