Serba-Serbi Wisata Batu Caves di Malaysia

Batu Caves

Jika Anda tertarik untuk merasakan sensasi wisata alam yang sarat akan nilai keagamaan di Malaysia, Batu Caves bisa menjadi pilihan Anda. Objek wisata yang satu ini menawarkan perpaduan unik antara bentang alam dan objek gua yang eksotis, dengan sentuhan kental nuansa agama Hindu yang ditunjukkan dengan berbagai gambar serta patung yang ada di bagian depan gua ini.

Berlokasi di Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia, objek ini menawarkan sedikitnya 4 area yang bisa memberikan pengalaman tak terlupakan. Keempat area gua ini dapat Anda nikmati, dan dapat memberikan pengalaman unik sekaligus menarik.

4 Bagian Batu Caves

Untitled design269 - Serba-Serbi Wisata Batu Caves di Malaysia

1. Ramayana Cave

Terletak dekat dengan patung Hanoman, gua ini dipenuhi oleh patung-patung dan adegan dari kisah Ramayana. Ketika Anda memasuki bagian Ramayana Caves, Anda akan menemui patung sapi berkaki lima yang konon pernah hidup di area gua hingga akhirnya meninggal karena sudah tua.

2. Cave Villa

Berada di sepanjang kaki gua, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari cahaya warna-warni yang masuk melalui celah-celah di dinding dan atap gua. Selain itu, pada area ini Anda juga akan dapat melihat berbagai patung, lukisan, puisi, serta tokoh dari mitologi Hindu yang ada di Malaysia. Jika Anda cukup memiliki mental, Anda bisa melihat isi dari kotak yang tersedia, yakni ular dan reptil yang juga menawan.

3. Dark Cave

Berada pada bagian tengah dari objek wisata Batu Caves, Dark Cave menyuguhkan habitat alami laba-laba paling langka di dunia yakni Trapdoor Spider. Selain itu, terdapat pula wahana atau objek wisata sains yang bisa diikuti dalam bentuk wisata edukasi. Dalam wisata ini Anda akan diajak berjalan menyusuri gua selama 45 menit hingga 4 jam, tergantung paket yang Anda pilih. Di sana akan diperlihatkan batuan-batuan penyusun gua, menyusuri sungai bawah tanah, serta bersentuhan dengan ribuan kecoa yang berada di lantai gua.

4. Temple Cave

Disebut juga sebagai Cathedral Cave, berada di bagian ujung dari 272 anak tangga yang harus Anda susuri. Selain disajikan pemandangan kota yang sangat indah, Anda juga akan merasakan betapa kentalnya sentuhan agama Hindu di gua ini. Hal ini disebabkan karena hingga sekarang area gua masih digunakan sebagai tempat peribadatan, serta perayaan festival tahunan Thaipusam.

Harga Tiket Wisata di Batu Caves

Untitled design270 - Serba-Serbi Wisata Batu Caves di Malaysia

Untuk harga tiketnya sendiri beragam, tapi tentu tetap masuk akal dan masih sangat terjangkau. Untuk memasuki Ramayana Cave, Anda akan dikenakan biaya sebesar 5 ringgit Malaysia. Untuk memasuki area Cave Villa, biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap orang adalah 15 ringgit Malaysia.

Sedangkan untuk mengikuti tur wisata edukasi di Dark Cave, biayanya adalah antara 28 ringgit Malaysia hingga 80 ringgit Malaysia tergantung paket wisata edukasi mana yang Anda pilih. Terakhir untuk bagian Temple Cave, Anda bisa memasuki dan menjelajahinya dengan gratis tanpa dikenakan biaya apapun. Satu hal yang harus ditekankan, adalah agar selalu berhati-hati ketika melakukan susur gua karena bagian lantai yang diinjak biasanya licin dan lembab.

Akses Menuju Objek Wisata

Untitled design271 - Serba-Serbi Wisata Batu Caves di Malaysia

Setidaknya ada 3 moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai lokasi ini.

Pertama dengan mobil atau taksi, Anda bisa mencapainya dengan cukup mudah karena Batu Caves terletak di samping jalan tol MMR2 di area Batu Caves. Jadi Anda tak perlu repot berjalan kaki setelah turun dari mobil atau taksi.

KTM komuter, Anda bisa menggunakan layanan transportasi ini dengan menaikinya dari KL Sentral menuju Batu Caves. Waktu yang dihabiskan juga tak terlalu banyak.

Dengan monorail dan bus, Anda bisa menggunakan dua moda transportasi ini dengan menaikinya dari stasiun KL Sentral menuju stasiun Titiwangsa. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan menaiki bus menuju Batu Caves secara langsung. Karena objek ini cukup terkenal, maka akses menuju objek ini juga terbilang mudah dan cukup murah.

Baca Juga: Cara Praktis Pilih Transportasi dan Rumah Sewa Shah Alam

Berwisata dan menghabiskan waktu demi mendapat pengalaman baru memang selalu menjadi agenda yang menarik. Selain dapat menyegarkan pikiran, wisata Batu Caves juga memberikan Anda berbagai pengetahuan baru sehingga ada ilmu yang Anda dapatkan setelah mengunjungi objek ini. Terlebih jika Anda datang ketika festival tahunan Thaipusam, Anda akan disuguhkan satu ‘pertunjukan’ budaya yang sangat ikonik dan tidak ditemui di tempat lain.

Berlibur ke luar negeri, dalam hal ini Malaysia, bisa menjadi satu opsi yang baik. Selain murah, wisata seperti Batu Caves juga menawarkan banyak kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan. Nah, ketika waktu berlibur tiba tentu Anda tak mau lagi direpotkan dengan urusan pembayaran tagihan di rumah bukan? Untuk memudahkan Anda dalam membayarkan tagihan, bahkan ketika Anda berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini memiliki fitur pembayaran tagihan listrik, PDAM, serta BPJS langsung ke masing-masing instansi dari akun yang Anda miliki. Segera unduh aplikasi Qelola di sini, dan maksimalkan waktu berlibur Anda di Malaysia!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,