5 Objek Wisata Gratis di Malaysia, Traveller Jangan Lewatkan

objek wisata di malaysia

Negara-negara di Asia khususnya Asia Tenggara menjadi incaran para wisatawan asing untuk melakukan travelling. Selain memiliki budaya yang beragam, objek wisata yang menarik, biaya yang dibutuhkan pun juga terjangkau. Salah satu negara tujuan di Asia Tenggara yang saat ini semakin ramai pengunjung adalah negara Malaysia. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, Malaysia adalah negara favorit untuk melancong di saat musim liburan tiba. 

Selain jaraknya yang sangat dekat, kedua negara memiliki kultur, budaya, dan bahasa yang hampir sama. Ditambah lagi, banyak objek wisata yang menarik dan pusat perbelanjaan murah yang ditawarkan oleh Malaysia. Penduduk di Malaysia sendiri mayoritas beragama Islam, jadi akan mudah di sana menemukan masjid dan makanan halal bagi kaum muslim Indonesia yang singgah ke negeri Jiran ini. Hal-hal itulah yang jadi alasan kenapa orang-orang Indonesia sering bolak-balik mengunjungi negara Malaysia. Namun, tahukah Anda bahwa Malaysia juga punya objek wisata gratis yang patut dikunjungi lho! Informasi lebih lanjut bisa Anda baca pada artikel berikut ini.

Rekomendasi Objek Wisata Gratis di Malaysia Ini Wajib Ada di List Kunjungan Anda

Bagi Anda yang ingin merasakan liburan murah ala backpacker, beberapa rekomendasi objek wisata gratis di bawah ini akan membantu menghemat budget travelling Anda. Berikut ulasannya:

  • Bukit Bintang

objek wisata 5 700x467 - 5 Objek Wisata Gratis di Malaysia, Traveller Jangan Lewatkan

Sumber : https://www.straitstimes.com/

Objek wisata gratis yang menarik untuk dikunjungi di Malaysia adalah Bukit Bintang. Bagi yang belum tahu, Bukit Bintang adalah pusat perbelajaan paling tersohor yang ada di Malaysia. Pamornya hampir sama dengan Orchard Road yang ada di Singapura. Bukit Bintang bisa jadi alternatif objek wisata yang hemat biaya karena tanpa belanja pun Anda masih bisa menikmati daya tarik lain yang dimilikinya. Banyak turis yang datang ke Bukit Bintang hanya untuk sekedar menikmati suasana dan ber-selfie ria. Suasana jalanan dan trotoar yang ada di Bukit Bintang pun menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan asing yang sedang berkunjung.

  • Batu Cave

objek wisata 44 - 5 Objek Wisata Gratis di Malaysia, Traveller Jangan Lewatkan

Sumber : http://www.economiczone.id/

Bagi Anda yang suka dengan objek wisata alam, jangan lewatkan untuk singgah ke Batu Cave. Terletak 13 kilometer jauhnya dari Kuala Lumpur, Batu Cave dapat Anda tempuh dengan menumpangi komuter. Batu Cave sendiri adalah salah satu situs religi umat Hindu yang terletak di bukit kapur di distrik Gombak, Selangor Malaysia. Di sana terdapat anak tangga yang mengantar anda ke beberapa gua kuil. Selain itu di Batu Cave terdapat patung raksasa setinggi 42.7 meter yang merupakan perwujudan Dewa Murugan. Objek wisata Batu Cave juga menjadi pusat festival Hindu Thaipusam di Malaysia. Karena letaknya yang berada di atas bukit, ada banyak hewan yang bisa Anda temukan di sana seperti laba-laba, kelelawar, dan monyet berekor panjang. 

  • Kuala Lumpur City Gallery

objek wisata 65 - 5 Objek Wisata Gratis di Malaysia, Traveller Jangan Lewatkan

Sunber : https://www.klcitygallery.com.my/

Bagi pelancong yang gemar menjelajahi museum, Kuala Lumpur City Gallery adalah pilihan yang tepat. Kuala Lumpur City Gallery adalah sebuah museum yang menampilkan sejarah dari Kota Kuala Lumpur. Kuala Lumpur City Gallery berdiri pada tahun 1899. Dulunya, museum ini merupakan pusat percetakan pemerintah Britania Raya selama menjajah negeri ini. Di dalam museum ini Anda akan menemukan berbagai koleksi benda bersejarah seperti foto-foto, surat kabar, dan gambar kalender tempo dulu. 

Koleksi peninggalan tersebut menjadi saksi yang akan menjelaskan perjalanan kelam Kuala Lumpur menjadi negara merdeka dan berlanjut menjadi kota modern seperti sekarang. Dengan mengunjungi Kuala Lumpur City Gallery, wawasan Anda tentang Malaysia khususnya Kota Kuala Lumpur akan semakin bertambah dengan menyaksikan bukti-bukti sejarahnya secara langsung.

  • KLCC Park

objek wisata 7 700x394 - 5 Objek Wisata Gratis di Malaysia, Traveller Jangan Lewatkan

Sumber : https://www.timeout.com/

KLCC Park jadi objek wisata gratis selanjutnya yang direkomendasikan untuk Anda. Taman yang memiliki luas hingga 20 hektar ini terletak sangat dekat dengan bangunan Menara Kembar Petronas. Beroperasi dari jam 10 pagi hingga 10 malam tiap harinya, KLCC Park juga sangat cocok bagi Anda yang berwisata bersama putra-putri tercinta. KLCC menyediakan kolam renang khusus anak yang dijamin kebersihannya. Daya tarik KLCC tidak hanya itu saja karena di sini Anda bisa melihat pertunjukan air mancur setinggi 42 meter pada siang dan sore hari. Jika Anda beruntung akan ada event-event menarik yang diselenggarakan pada saat-saat tertentu seperti morning jog dan night running.

  • Masjid Jamek

objek wisata 99 - 5 Objek Wisata Gratis di Malaysia, Traveller Jangan Lewatkan

Sumber : https://thetravelearn.com/

Mengunjungi Masjid Jamek di Kuala Lumpur Malaysia bisa juga dijadikan tujuan objek wisata gratis selanjutnya. Masjid yang merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur ini berdiri pada tahun 1909. Bangunan Masjid Jamek sendiri terbilang unik karena mendapat sentuhan inspirasi seni bangunan Mogul milik India. Masjid Jamek ini selalu ramai dikunjungi karena lokasinya dekat dengan pusat kuliner, pasaraya, dan pusat perbelajaan. Pada tahun 1965, Masjid Jamek akhirnya resmi dinobatkan sebagai Masjid Negara oleh pemerintah Malaysia. 

Mengunjungi objek wisata di Malaysia akan lebih nyaman dengan bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran digital. Umumnya, Anda pasti akan menukarkan mata uang ringgit di money changer untuk membeli keperluan selama di Malaysia. Cara lainnya, diantara Anda pasti ada yang memegang kartu debit berlogo mastercard untuk sewaktu-waktu bisa dipakai mengambil uang via ATM di Malaysia. Namun, biasanya Anda akan dikenakan biaya tarik tunai/biaya administrasi jika menarik uang dari ATM di sana. Sekarang ada solusi baru bagi Anda untuk melakukan tarik tunai atau pembayaran secara non tunai di Malaysia, yaitu dengan memakai aplikasi Qelola. 

Dengan aplikasi Qelola, Anda hanya perlu men-download aplikasinya melalui ponsel. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan/pembayaran digital yang akan membantu Anda dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran selama di Malaysia. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti transfer uang dan bayar-bayar tagihan ke Indonesia. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP. Jangan khawatir dengan biaya transaksinya, karena Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit Malaysia saja per transaksi. Bagaimana menarik bukan? Segera download aplikasinya di sini ya!

 

Tags: , , , , , ,