Low Budget! Begini Panduan Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur

jalan jalan ke kuala lumpur

Berkesempatan untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri memang cukup membanggakan bagi sebagian besar orang. Kalau Anda, bagaimana? Apakah sudah pernah berkunjung ke luar negeri, atau sedang merencanakan untuk jalan-jalan ke Kuala Lumpur misalnya?

Lokasinya yang dekat dengan Indonesia dan juga luas kotanya yang tidak terlalu besar menjadikan Kuala Lumpur memang sebagai salah satu destinasi wisata akhir pekan favorit bagi warga Indonesia. Alasan lain mengapa Kuala Lumpur menjadi favorit adalah banyaknya penerbangan langsung ke Kuala Lumpur di sebagian daerah Indonesia. Jika mengunjungi Kuala Lumpur adalah pengalaman pertama Anda, maka tips liburan ke Kuala Lumpur selama 3 hari 2 malam berikut ini wajib Anda cermati.

Baca juga: Ini Tempat Rekomendasi Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur

Persiapan Sebelum Liburan

jalan jalan ke kuala lumpur 1 - Low Budget! Begini Panduan Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur

Bagi sebagian besar orang, jalan-jalan ke Kuala Lumpur Malaysia terbilang ramah di kantong. Meskipun terlihat mengagumkan dan menawarkan kemewahan lewat menara kembar Petronas, namun Kuala Lumpur mampu memberikan hal yang sesuai dengan ekspektasi kondisi keuangan para wisatawan. Tidak terkecuali Anda yang merencanakan liburan low budget. Berikut ini adalah persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum pergi jalan-jalan ke Kuala Lumpur.

  1. Menyiapkan tiket pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan. Anda dapat memanfaatkan banyaknya promo yang ditawarkan oleh beberapa maskapai penerbangan. Jika ketinggalan info promo, Anda bisa membeli tiket pesawat jauh hari. Meskipun imigrasi Kuala Lumpur jarang mempertanyakan tiket kepulangan Anda ke Indonesia, namun sebagai pemula setidaknya Anda menyediakan tiket pulang agar lebih aman. 
  2. Pastikan Anda menyusun itinerary. Karena berjalan tanpa tujuan akan menguras tenaga, waktu dan biaya yang lebih besar. Susunlah itinerary yang baik, jelas, dan lengkap. 
  3. Mencari referensi tempat wisata di Malaysia. Anda bisa bergabung di beberapa grup pecinta jalan-jalan untuk mengetahui beberapa informasi penting seperti transportasi serta penginapan murah di Kuala Lumpur. Selain itu, Anda juga bisa melakukan blogwalking untuk sekedar mengetahui pengalaman orang-orang yang sudah melakukan perjalanan di Kuala Lumpur sebelumnya.
  4. Selain menyiapkan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda selama pergi ke Kuala Lumpur, menyiapkan dana darurat juga sangat penting.

Itinerary Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam

jalan jalan ke kuala lumpur 2 - Low Budget! Begini Panduan Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur

Bagi Anda yang baru pertama kali pergi  ke Kuala Lumpur dan bingung harus pergi ke mana saja. Atau bagi Anda yang sudah berulang kali pergi ke Kuala Lumpur dan sedang mencari rekomendasi tempat wisata yang baru, berikut ini adalah itinerary Kuala Lumpur selama 3 hari 2 malam yang bisa Anda perhatikan.

1. Hari Pertama

Anda dapat memilih penerbangan pagi, sehingga Anda bisa tiba di Kuala Lumpur maksimal sebelum jam makan siang. Setelah itu, Anda bisa naik KLIA Express menuju pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit saja. Anda bisa check-in terlebih dahulu ke hotel atau Anda juga bisa langsung menuju destinasi pertama.

Sebelum menjelajahi daerah Pasar Seni dengan cara naik LRT atau bus, Anda bisa mampir ke Jalan Petaling yang juga merupakan area Pecinan di Kuala Lumpur. Setelah itu, Anda juga bisa mampir ke Central Market yang menyediakan berbagai souvenir dan karya seni menarik yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Malaysia. Setelah kenyang dan puas berbelanja di Central Market, Anda perlu berjalan sekitar 400 meter ke Dataran Merdeka.

Kemudian sore harinya, Anda bisa mengunjungi bangunan ikonik lainnya, yaitu Petronas Twin Tower. Anda dapat bersantai di area taman sambil menunggu lampu-lampu gedung menyala. Atau, Anda juga bisa masuk ke Suria Tower KLCC yang merupakan salah satu pusat perbelajaan terbesar di Kuala Lumpur. Selain shopping, Anda juga bisa sekaligus mencicipi makanan di sana. Setelah itu, Anda bisa kembali ke penginapan untuk mengisi tenaga sebelum memulai hari berikutnya.

2. Hari Kedua

Setelah sarapan di hotel atau penginapan Anda, Anda dapat memilih salah satu dari 4 opsi day trip berikut ini:

  1. Genting Highlands. Di sana Anda bisa merasakan suasana sejuk dan bermain di theme park atau kasino yang ada di sana.
  2. Colmar Tropicale yang merupakan resort dengan nuansa khas Prancis. Anda juga bisa berkeliling dan berfoto-foto dengan gaya Eropa di Malaysia saat berada di sana.
  3. Batu Caves, yaitu sebuah kuil hindu yang terletak di dalam gua di sebuah bukit kapur.
  4. Sunway Lagoon di Subang Jaya yang merupakan salah satu taman bermain yang terbaik di Malaysia.

Sepulangnya dari tujuan pilihan Anda tersebut, silahkan Anda menuju daerah Bukit Bintang dan berbelanja di Pavilion KL Mall, Sungei Wang Plaza, Berjaya Times Square, atau toko-toko lain yang tersebar di area Bukit Bintang. Setelah puas berbelanja, kembali isi tenaga Anda dengan berbagai makanan enak yang tersebar di sepanjang Jalan Alor yang berlokasi tidak jauh dari Bukit Bintang. Setelah itu, Anda dapat kembali ke hotel Anda dan istirahat.

3. Hari Ketiga

Jika Anda ingin menikmati hari terakhir Anda jalan jalan ke Kuala Lumpur ini dengan maksimal, maka sebaiknya Anda mengambil penerbangan setelah pukul 4 sore. Sementara pagi hingga siang harinya bisa Anda manfaatkan untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum sempat Anda kunjungi di hari sebelumnya. Di hari terakhir, Anda juga bisa mengunjungi daerah Bangsar. Selain bisa belanja di Bangsar Village, tepat di seberangnya juga terdapat sebuah restoran India favorit warga setempat yang bernama Sri Nirwana Maju. Rumah makan ini menyediakan Banana Leaf Rice atau Nasi Daun Pisang dengan berbagai topping yang nikmat. 

Setelah selesai makan dan jika Anda masih memiliki waktu lebih, Anda dapat menaiki KLIA Transit menuju bandara. Tetapi berhentilah sejenak di stasiun Putrajaya untuk melihat Jembatan Seri Wawasan yang megah. Dan Masjid Putra, yaitu masjid yang berwarna pink yang merupakan masjid dengan menara tertinggi di Asia Tenggara.

Tips Memilih Penginapan yang Tepat

jalan jalan ke kuala lumpur 3 - Low Budget! Begini Panduan Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur

Sebenarnya ada tips yang paling sederhana untuk memilih penginapan hostel atau hotel ketika jalan-jalan ke Kuala Lumpur. Selain memilih yang paling murah, penting bagi Anda untuk memilih yang lokasinya dekat dengan stasiun, halte atau jalur transportasi umum lainnya. Karena kalau dekat dengan transportasi umum, maka liburan Anda ke Kuala Lumpur akan semakin menyenangkan. Anda bisa mendapatkan pilihan booking penginapan di Kuala Lumpur secara online dengan mudah.

Selain itu, untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi selama berada di Kuala Lumpur Malaysia Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi ini merupakan dompet digital yang memungkinkan Anda memiliki rekening aktif setiap saat. Anda akan lebih mudah dalam melakukan transaksi dari Malaysia ke Indonesia dengan aplikasi Qelola. Informasi selengkapnya klik di sini!

Tags: , , , , , , , ,