Wajib Tahu! Fakta Menarik Tentang Malaysia

tentang malaysia

Setiap negara di belahan dunia manapun tentunya memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk diketahui. Tidak terkecuali Malaysia, negara tetangga yang letaknya berdekatan dengan Indonesia. Banyak hal unik tentang Malaysia yang sebenarnya sangat menarik jika digali lebih dalam. Walaupun berdampingan, siapa sangka ternyata banyak hal tentang Malaysia yang belum kita ketahui. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Malaysia, Fakta menarik tentang Malaysia berikut ini mungkin akan menambah semangat Anda untuk segera ke sana.

EP 16 2 - Wajib Tahu! Fakta Menarik Tentang Malaysia

Sumber: https://dunia.tempo.co/

Kesultanan Tertua dan Tertinggi di Dunia

Sebagai negara kesultanan, Malaysia mempunyai negara bagian yang terpisah di dua kawasan. Negara bagian Malaysia antara lain yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Pahang, Perak, Perlis, Selangor, Trenggano, negeri Sembilan, Malaka, Pulau Pinang, Sabah, dan Serawak. Untuk 10 negara bagian pertama terletak di bagian Barat yang bersebelahan dengan Pulau Sumatera. Sementara Sabah dan Serawak berada di kawasan Timur di Pulau Kalimantan. Yang uniknya adalah Kesultanan Kedah menjadi kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang juga menjadi kesultanan tertua di dunia. Kesultanan Kedah ini berdiri sekitar tahun 1136 dan pada saat ini merupakan dinasti Hindu. Namun, tidak lama kemudian Kesultanan Kedah berubah menjadi Kesultanan Islam. Selain itu, Malaysia juga mempunyai 9 keluarga kerajaan yang berbeda dan menjadi yang tertinggi di dunia.

Sistem Pemerintahan yang Unik

Malaysia mengantut sistem legislative bicameral. Sistem ini merupakan adopsi dari sistem demokrasi parlementer. Namun kepala negaranya bukanlah seorang presiden, melainkan seorang raja atau yang disebut dengan Yang Di-Pertuan Agong. Walaupun begitu, prosesnya pergantian kepala negar ini tetap sama yakni berganti setiap lima tahun sekali. Sementara itu, kepala pemerintahan di Malaysia dipegang oleh seorang Perdana Menteri.

Keistimewaan Gelar ‘Tun’

Tun adalah gelar tertinggi di Malaysia yang hanya bisa diberikan oleh Yang Di-Pertuan Agong. Keistimewaan lain dari gelar ini adalah karena tidak lebih dari 25 orang saja yang akan mendapatkannya. Biasanya orang-orang yang mendapatkan gelar ‘Tun’ adalah mantan-mantan kepala negara dan orang-orang yang banyak berjasa kepada negara.

Mempunyai Goa Bawah Tanah Terbesar di Dunia

Malaysia mempunyai taman nasional dengan goa bawah tanah terbesar di dunia. Taman nasional ini bernama Taman Nasional Gunung Mulu yang terletak di Pulau Kalimantan. Goa besar itu diberi nama Sarawak Chamber. Saking luasnya goa ini, diperkirakan bisa menampung sekita 40 pesawat Boeing 747 di dalamnya. Luas sekali bukan?

Alocasia Macrorrizha

Selain goa bawah tanah terbesar, Malaysia juga mempunyai potensi alam fenomenal lainnya yang bernama Alocasia Macrorrizha. Alocasia Macrorrizha merupakan jenis tumbuhan yang disebut-sebut sebagai tumbuhan dengan daun tunggal terbesar di dunia. Tumbuhan menkjubkan ini dapat ditemukan di daerah Sabah, Malaysia. Daun terbesar yang pernah ditemukan adalah daun dengan panjang 3,02 meter dan lebar 1,92 meter.

EP 16 - Wajib Tahu! Fakta Menarik Tentang Malaysia

Sumber: https://muslim.okezone.com/

Menyediakan Wisata Medis

Mengapa disebut dengan wisata medis? Karena di Malaysia mempunyai beragam rumah sakit dengan pelayanan terbaik dan harga yang cukup terjangkau. Itulah mengapa banyak orang, termasuk warga negara Indonesia, yang memilih untuk berobat ke Malaysia ketika mengalami sakit parah. Kunjungan yang banyak ini membuat Malaysia terkenal sebagai wisata medis. Hal ini telah tercantum dalam situs resmi wisata medis dengan begitu lengkap mulai dari prosedur pembuatan visa, daftar rumah sakit, dan rincian biaya berobat. Biaya operasinya terbilang paling murah, di mana Anda bisa melakukan operasi bypass jantung hanya dengan biaya USD9.000, sementara operasi yang sama di Amerika dengan kualitas setara membutuhkan biaya hingga USD130.000.

Hotel Murah di Tengah Kota

Selain menggalakkan wisata medis, Malaysia juga meningkatan pariwisata lainnya dengan banyaknya pusat wisata di tengah kota dan tentunya hotel murah. Para traveller akan sangat dimanjakan dengan harga-harga hotel yang tidak lebih dari IDR200.000. Fasilitasnya? Tenang, fasilitas hotel yang Anda dapatkan tidak semurah harga yang diberikan.

Menara Petronas

Menara Petronas atau Menara Kuala Lumpur pernah menjadi gedung tertinggi di dunia dari tahun 1998 hingga tahun 2004. Namun kini, menara setinggi 88 lantai dengan tinggi 400 meter lebih ini sudah disaingi oleh banyak gedung tunggal di dunia. Akan tetapi, hingga saat ini Menara Petronas masih menjadi menara kembar tertinggi di dunia.

Hukum Cambuk

Anda mungkin pernah mendengar adanya hukum cambuk di Daerah Istimewa Aceh. Selain di provinsi istimewa itu, ternyata di Malaysia pun masih menerapkan hukum ini. Cambuk rotan adalah hukuman utama dari undang-undang Malaysia dan dilakukan paling banyak adalah 24 kali. Hukuman cambuk seperti ini resmi dilakukan kecuali bagi wanita dan anak-anak. Dan ini tidak terkecuali bagi orang-orang Indonesia yang berada di sana. Jadi tetap berhati-hati ya dalam bertindak kalau tidak mau mendapat hukuman cambuk.

EP 16 3 - Wajib Tahu! Fakta Menarik Tentang Malaysia

Sumber: https://www.tribunnews.com/

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengunjungi Malaysia setelah mengetahui keunikannya? Jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke Malaysia jangan lupa untuk menyediakan uang yang cukup untuk kehidupan selama di sana. Bagaimana jika ternyata uang yang dibawa tidak cukup? Tenang, sekarang transfer uang dari Indonesia ke Malaysia dan sebaliknya jauh lebih mudah dengan Qelola. Selain itu, Anda tidak perlu repot untuk menghitung konversinya karena Qelola yang akan melakukannya untuk Anda. Qelola akan otomatis mengkonversi setiap rupiah yang Anda transfer menjadi ringgit Malaysia. Jadi tunggu apalagi? Download di sini sekarang!

 

Tags: , , , , ,