Kenali Apa Saja Fakta Menarik Seputar Batu Caves Malaysia

batu caves malaysia

Apa itu wisata Batu Caves Malaysia? Batu Caves merupakan objek wisata religi yang terletak di Kuala Lumpur, Selangor, Malaysia. Di objek wisata ini Anda akan menikmati pemandangan batu kapur dan kuil yang terletak di dalam gua yang menakjubkan. Ketika Anda berkunjung ke Batu Caves, maka bersiaplah untuk menikmati kilau emas dari patung Hindu. Langsung saja, ketahui lebih banyak tentang objek wisata yang satu ini.

Baca juga: Ingin Berkunjung ke Negara Malaysia? Ketahui Dahulu Profilnya

Sejarah Terbentuknya Batu Caves

batu caves malaysia 1 - Kenali Apa Saja Fakta Menarik Seputar Batu Caves Malaysia

Sebelum Batu Caves menjadi wisata ternama di Malaysia, ada sejarah di balik keberadaannya. Berdasarkan cerita yang beredar, Batu Caves bisa menjadi terkenal karena dipromosikan sebagai tempat ibadah oleh pemerintah kolonial pada tahun 1878 silam. Kemudian, pada tahun 1890, di sekitar perbukitan kapur didirikan sebuah kuil dan diberi nama Temple Caves. Batu kapur pembentuk Batu Caves dikatakan berumur sekitar 400 juta tahun, lho

Batu Caves juga berfungsi sebagai titik fokus untuk festival tahunan Thaipusam bagi masyarakat Hindu. Lokasi ini telah menjadi sebuah situs ziarah bagi umat Hindu tidak hanya di Malaysia, namun juga umat Hindu di seluruh dunia dari negara-negara seperti India, Australia, dan Singapura. Prosesi Thaipusam biasanya dimulai pada dini hari dan berlangsung selama delapan jam.

Fakta Menarik Seputar Batu Caves

batu caves malaysia 2 - Kenali Apa Saja Fakta Menarik Seputar Batu Caves Malaysia

Objek wisata Batu Caves memang tidak pernah sepi pengunjung. Situs keagamaan sekaligus kuil Hindu tersebut mampu menarik ribuan wisatawan karena keunikannya. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar Batu Caves yang perlu Anda ketahui. Langsung simak, ya!

  1. Batu Caves dibuka mulai pukul 06.00 hingga 21.00 waktu setempat. Di sana Anda akan disambut dengan view bukit batuan kapur berwarna kecoklatan berhias pepohonan. Sementara di sekitarnya terdapat deretan kuil Hindu yang menakjubkan.
  2. Pemandangan lain yang akan langsung menarik perhatian Anda tentu saja patung Dewa Murugan. Patung berwarna emas ini menjulang raksasa setinggi 43 meter.
  3. Di samping patung Dewa Murugan, terdapat anak tangga berwarna-warni yang berjumlah 272 buah. Anak tangga itulah yang bisa membawa Anda menuju ke Dark Cave dan puncak Batu Caves.
  4. Lokasi Dark Cave berada sebelum puncak gua, tepatnya berada di sisi kiri tangga. Di dalamnya terdapat beberapa jenis flora dan fauna yang dilindungi. Untuk dapat menikmati Dark Cave, Anda akan dikenakan biaya tur dengan tarif RM35 selama 45 menit. Anda akan menelusuri gua sepanjang kurang lebih 850 meter.
  5. Sedangkan untuk tiba di puncak gua, Anda harus meneruskan menaiki anak tangga hingga sampai di atas.
  6. Jika berkunjung pada bulan Januari, Anda akan berpeluang menyaksikan Festival Hindu Thaipusam di Batu Caves. Thaipusam diselenggarakan sebagai sebuah peringatan hari kelahiran Dewa Murugan.
  7. Batu Caves juga merupakan pusat dari pengembangan panjat tebing di Malaysia. Di sana ada lebih dari 160 jalur pemanjatan dengan rute yang terdiri dari pendakian perbukitan kapur setinggi 150 m. Rute ini merupakan jalur pemanjatan yang mudah diakses karena merupakan tebing yang paling dasar dari permukaan tanah.

Alat Transportasi Menuju Batu Caves

batu caves malaysia 3 - Kenali Apa Saja Fakta Menarik Seputar Batu Caves Malaysia

Batu Caves Malaysia cukup mudah dituju dengan menggunakan mobil dan taksi karena terletak tepat di samping jalan raya utama MRR2 di sekitar Batu Caves. Selain menggunakan mobil, salah satu alat transportasi lain yang bisa Anda naiki agar sampai ke Batu Caves adalah KTM Komuter dari Kuala Lumpur dengan tujuan stasiun Batu Caves. Biaya tiketnya adalah sekitar RM2,6 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Selain dua pilihan transportasi sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan monorail dan bus untuk pergi menuju Batu Caves. Dari KL Sentral, Anda dapat menggunakan layanan monorail menuju stasiun Titiwangsa. Dari situ, selanjutnya Anda perlu naik bus menuju Batu Caves.

Nah, itulah beberapa informasi penting tentang objek wisata Batu Caves Malaysia yang perlu Anda ketahui. Sebelum pergi ke sana, pastikan Anda sudah membuat rencana liburan dengan matang. Jangan lupa untuk menyiapkan mata uang ringgit sebelum tiba di Malaysia. Anda bisa menukarkan rupiah ke ringgit saat masih di Indonesia untuk mendapatkan nilai tukar yang lebih tinggi.

Sementara selama Anda berada di Malaysia, serahkan urusan transaksi Anda pada aplikasi Qelola. Qelola akan membantu Anda saat hendak kirim uang, bayar tagihan, beli voucher game, beli pulsa dan paket data internet, dan lain sebagainya. Caranya mudah, Anda hanya perlu unduh aplikasinya di sini. Setelah berhasil mengunduh dan install aplikasinya di smartphone Anda, selanjutnya Anda hanya perlu membuat akun secara gratis. Lalu isi saldo Qelola, dan Anda sudah bisa mulai bertransaksi. Biaya yang Anda butuhkan untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia hanya RM1 saja, lho. Sangat murah, bukan? Prosesnya juga sangat cepat, sehingga uang yang Anda kirimkan dapat langsung diterima oleh keluarga di tanah air.

Tags: , , , , , , ,