Selangor Malaysia, Profil Lengkap Beserta Destinasi Wisatanya

selangor malaysia

Selangor Malaysia memang letaknya berada tak jauh dari Ibukota Kuala Lumpur. Bagi sebagian wisatawan, mungkin masih belum begitu mengenal profil lengkap seputar Selangor beserta daftar destinasi wisatanya yang patut untuk dikunjungi. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini dengan baik.

1. Keadaan Geografis

Selangor atau disebut Selangor Darul Ehsan merupakan salah satu negara bagian (negeri) yang membentuk negara Malaysia dengan Shah Alam sebagai ibu negerinya. Lokasi geografisnya berada di tengah-tengah Semenanjung Malaysia di pantai barat dan mengelilingi Kuala Lumpur serta Putra Jaya. Perlu Anda ketahui, Selangor Malaysia memiliki penduduk terbanyak di antara negara bagian lainnya.

Secara umum kawasan Selangor cukup landai dan di sisi timurnya terdapat kawasan Pegunungan Titiwangsa. Selangor terbagi dalam 9 daerah/distrik, yaitu Kuala Selangor, Gombak, Klang, Petaling, Kuala Langat, Hulu Selangor, Hulu Langat, Sabak Bernam, dan Sepang. Sedangkan kota-kota utamanya selain ibukota negeri adalah Klang, Kajang, Banting, Petaling Jaya, Subang Jaya, Puchong, Rawang, dan Semenyih. 

2. Akses Transportasi Menuju Selangor

ktm komuter train 100 t - Selangor Malaysia, Profil Lengkap Beserta Destinasi Wisatanya

Sumber: www.klia2.info

Transportasi menuju Selangor sangat mudah dijangkau. Jika menggunakan transportasi udara, Anda bisa melalui Bandara KLIA atau Bandara Sultan Abdul Aziz Shah. Selain itu, transportasi darat menggunakan bus dan kereta KTM juga sangat mudah didapat dari berbagai kota di kawasan Selangor Malaysia.

Sedangkan transportasi di dalam kawasan ini terdiri dari metro bus, commuter, atau kereta KTM. Alternatif transportasi lain yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan taksi yang cukup banyak tersedia.

3. Bahasa yang Digunakan Oleh Warga Lokal

Perlu Anda ketahui juga bahwa penggunaan bahasa Inggris lebih sering digunakan oleh warga lokal maupun pendatang terutama yang berada di wilayah perkotaan. Selain itu, Bahasa Mandarin, Tamil, dan Melayu juga menjadi bahasa utama sesuai etnis dari masing-masing individu. Hal ini menandai bahwa Selangor merupakan kawasan multi-etnis di Malaysia.

4. Kuliner Khas Selangor

Tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan soal kuliner khas suatu daerah. Di Selangor, masakan Melayu cukup menjadi primadona. Kebanyakan masakan Melayu ini juga terpengaruh dari Minangkabau dan Jawa. Sehingga tak heran jika banyak dijumpai menu yang mirip dengan masakan Indonesia. Selain itu, masakan Chinese dan India juga bisa dijumpai di banyak kedai makan, baik di pusat kota maupun kawasan luar kota.

Baca Juga: Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

5. Destinasi Wisata Menarik di Selangor

Berwisata menjadi momen berharga bagi sebagian orang di tengah padatnya kesibukan sehari-hari. Karena berwisata merupakan momentum waktu luang untuk menyegarkan kembali pikiran, mencari pengalaman baru, dan mendapatkan kesenangan batin. Selangor Malaysia memiliki beragam wisata alam dan wisata buatan yang dapat Anda nikmati, lho! Apa saja, ya? Check this out!

  • Batu Caves (Gua Batu)

pexels photo 3731615 - Selangor Malaysia, Profil Lengkap Beserta Destinasi Wisatanya

Batu Caves berlokasi relatif dekat 15 kilometer dari Kuala Lumpur tepatnya di Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. Wisata ini merupakan gabungan antara wisata alam dan wisata religi. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan alam Batu Caves, bangunan kuil agama Hindu, serta galeri seni yang berada di salah satu gua. Sampai di depan Batu Caves, para turis disambut oleh salah satu icon patung Malaysia, Dewa Muragan, setinggi 42 meter. 

Keunikan yang terdapat di kawasan ini, yaitu terdapat kurang lebih 272 anak tangga yang sengaja dibuat untuk memudahkan akses menuju kuil. Beberapa gua yang dapat Anda kunjungi di antaranya adalah Gua Kuil, Gua Seni, Gua Ramayana, dan Gua Museum. Anda juga dapat melihat aktivitas secara langsung salah satu hewan primata, yaitu monyet. Sebagai wisata religi, ribuan umat Hindu setiap tahun di akhir bulan Januari datang untuk merayakan Festival Thaipusam. Anda dapat mengunjungi lokasi wisata Malaysia terkenal ini setiap harinya pukul 06.00-21.00 waktu setempat.

  • Firefly Park

Taman kunang-kunang ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berpetualang. Anda bisa menikmati perjalanan dengan menggunakan sampan di sepanjang Sungai Selangor dan mengamati kunang-kunang di malam hari. Hal ini menjadikan liburan Anda semakin seru dan merasakan suasana yang tenang jauh dari kebisingan. Anda dilarang menggunakan flash saat memotret karena dapat mengganggu kunang-kunang.

  • Bukit Melawati

Bukit Melawati merupakan salah satu wisata alam bersejarah di Selangor. Di sini terdapat benteng yang dibangun pada akhir abad ke-18, beberapa meriam, sumur beracun, dan rumah-rumah zaman kolonial. Selain itu, dari atas bukit Anda bisa melihat beberapa kapal yang melewati Selat Malaka. Destinasi wisata ini juga menyuguhkan objek bersejarah seperti makam kerajaan, museum, rumah lampu, pohon angsana berusia 200 tahun, dan monyet. Anda bisa mengunjungi Bukit Melawati setiap hari Selasa – Minggu (09.30 – 17.30), Jumat (09.30 – 12.15 dan 14.45 – 17.30), dan khusus hari Senin tutup.

  • Sky Mirror

Untitled design 39 - Selangor Malaysia, Profil Lengkap Beserta Destinasi Wisatanya

Sumber: tripadvisor.co.id

Sky Mirror adalah salah satu destinasi wisata populer dan unik di Selangor. Lokasinya tepat berada 2,8 kilometer lepas pantai Desa Jeram, Selangor (di tengah Selat Malaka). Di sini Anda bisa melihat pantulan bayangan langit dan semua objek berada di atas perairan. Cuaca dan pasang surut air laut untuk menimbulkan efek cermin menjadi faktor pendukung utama Sky Mirror. Bayangan langit yang dapat memantulkan objek hanya muncul saat 3 hari sebelum bulan baru, 5 hari setelah bulan baru, dan saat bulan purnama.

  • Museum Cokelat

Museum ini menjadi surga para Chocoholics. Lokasinya berada di Jalan Teknologi ⅗ Selangor Science Park 1, Kota Damansara, 47810 Petaling Jaya, Selangor. Museum Cokelat merupakan destinasi yang tepat untuk belajar dan mengetahui berbagai hal tentang cokelat. Museum Cokelat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti Journey of Chocolates untuk mengetahui asal-usul cokelat, Chocolate Galleria yang akan memanjakanmu dengan ratusan merk cokelat, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunjungi museum ini bersama keluarga maupun teman-teman Anda.

  • I-City

I-City merupakan salah satu theme park populer dan menakjubkan di Malaysia. Anda bisa menikmati Snowalk yang merupakan taman bertema salju dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. Terdapat space mission, museum lilin (Red Carpet) dengan berbagai patung lilin karakter tokoh terkenal, iluminasi cahaya, rumah hantu, dan kota lampu digital. Wah, menarik bukan wahana bermain di I-City?

  • Shah Alam National Botanical Park

Sebelumnya, Taman Botani Nasional ini dikenal dengan nama Taman Pertanian Seri Cahaya Alam. Taman ini dibuka untuk umum dan merupakan gabungan antara hutan hujan tropis dan tanaman pertanian seluas 1.295 hektar. Anda bisa menjelajahi beragam tanaman seperti kelapa sawit, pohon karet, kopi, dan lainnya dengan berkeliling menggunakan sepeda atau bus yang disediakan.

Demikian ulasan mengenai profil negara bagian Selangor Malaysia termasuk daftar destinasi wisatanya yang menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk berwisata di Malaysia bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment domestik maupun ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,