Kuliah di Malaysia? Wajib Tahu Kualifikasi Internasional Ini

kualifikasi internasional

Sistem pendidikan yang unik dan terstruktur dengan baik membuat Malaysia mampu memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk memiliki kualifikasi internasional dengan harga yang bersaing. Jika dibandingkan dengan negara-negara di Eropa, Australia, dan Amerika, kualifikasi internasional yang bisa diambil di Malaysia tentu lebih mudah dan terjangkau. Jadi tanpa perlu jauh-jauh melanjutkan pendidikan di negara-negara tersebut, dengan berkuliah di Malaysia Anda sudah bisa mendapatkan kualifikasi yang sama. Ketahui apa saja kualifikasi internasional yang bisa Anda dapat berikut ini.

Sistem Pendidikan Malaysia dengan Kualifikasi Internasional

asian students taking exam 33745 859 - Kuliah di Malaysia? Wajib Tahu Kualifikasi Internasional Ini

Malaysia telah memiliki pengalaman yang matang dalam mendidik siswa internasional. Oleh karena itu, sebagian besar lembaga pendidikan tinggi di Malaysia, baik negeri maupun swasta memiliki sistem pendidikan yang mampu memberikan Anda kualifikasi bertaraf global. Universitas-universitas di Malaysia menawarkan banyak pilihan kuliah dengan kualitas internasional dilengkapi dengan lingkungan yang kondusif untuk belajar. Tak heran, Malaysia menjadi salah satu negara tujuan studi yang tepat di Asia Tenggara.

Sejak tahun 1980, Malaysia telah bekerja sama dengan universitas-universitas ternama asal Inggris, Selandia Baru, Australia, dan Amerika Serikat untuk memberikan kualifikasi-kualifikasi yang diakui secara global melalui institusi-institusi pendidikan di Malaysia. Bahkan, banyak universitas luar negeri yang mendirikan cabang di Malaysia. Misalnya, Monash University dari Australia dan University of Nottingham dari Inggris. Anda bisa memiliki kesempatan untuk memilih menyelesaikan seluruh gelar pendidikan di Malaysia, atau menyelesaikan 1 atau 2 semester di luar negeri.

Sistem pendidikan di Malaysia telah terbiasa melayani para pelajar internasional dari berbagai latar belakang etnis, budaya, dan pendidikan. Dengan kuliah di Malaysia, Anda tak hanya mendapatkan kualifikasi internasional, namun juga dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pasar global.

Baca Juga: Lengkap! Begini Sistem Pendidikan di Malaysia

Program Kualifikasi Internasional Twinning Degree 2+1

asian girls graduated received degree 44621 404 - Kuliah di Malaysia? Wajib Tahu Kualifikasi Internasional Ini

Malaysia telah menjalin kerja sama dengan berbagai universitas terkenal dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Australia, Prancis, dan Jerman untuk memberikan gelar sarjana melalui program Twinning Degree 2+1. Program bertaraf internasional ini memungkinkan Anda untuk kuliah 2 tahun di Malaysia dan 1 tahun di luar negeri. Setelah menyelesaikan program ini, Anda akan mendapatkan gelar dari universitas luar negeri sekaligus gelar dari universitas di Malaysia.

Program ini memiliki banyak keuntungan, karena tanpa harus kuliah 3 tahun di luar negeri, Anda bisa mendapatkan kualifikasi yang sama. Contoh universitas yang memiliki program ini adalah Sunway University. Universitas tersebut memiliki program Twinning Degree dengan Monash University di Australia. Jika mengambil program ini, Anda akan menyelesaikan 2 tahun pertama di Sunway University dan 1 tahun terakhir di Monash University. Program ini tentu sangat menghemat biaya jika dibandingkan dengan kuliah selama 3 tahun di Australia. Dengan biaya yang lebih murah, Anda juga bisa menikmati pengalaman hidup di dua negara yang berbeda selama kuliah.

Program Kualifikasi Internasional 3+0 Bachelor Degree

graduated graduation university study abroad international conceptual 4236 949 - Kuliah di Malaysia? Wajib Tahu Kualifikasi Internasional Ini

Program 3+0 Bachelor Degree memberikan kesempatan untuk Anda agar bisa menyelesaikan program sarjana dengan kualifikasi luar negeri sepenuhnya di Malaysia. Jika program kualifikasi sebelumnya mengharuskan Anda menempuh pendidikan 1 tahun di luar negeri, maka program ini memberikan kebebasan agar Anda bisa menyelesaikan pendidikan sepenuhnya di Malaysia.

Sejak tahun 1998, banyak institusi pendidikan Malaysia yang dipercaya oleh universitas-universitas dari Inggris, Australia, Amerika Serikat, dan Prancis untuk memberikan gelar sarjana atas nama universitas luar negeri tersebut. Program ini tentu sangat menguntungkan, Anda tetap bisa mendapatkan gelar dari dua universitas yang berbeda, yakni universitas di Malaysia dan universitas di luar negeri. Contohnya, Anda bisa mendapatkan gelar Sarjana Bisnis dari universitas di Australia dan dari universitas di Malaysia, tanpa harus kuliah 3 tahun di Australia.

Program kualifikasi internasional yang dibuat Malaysia tentunya tidak terlepas dari kualitas sektor pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Melalui program tersebut, mahasiswa yang melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia diharapkan dapat memiliki kualitas bertaraf internasional. Kualitas sumber daya manusia yang baik akan menjadi faktor utama yang sangat berpengaruh dalam perkembangan kualitas pendidikan di sebuah negeri.

Pilihan program kualifikasi internasional di atas mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda atau orang terdekat yang ingin kuliah di Malaysia. Saat berkuliah di Malaysia, jangan lupa untuk selalu disiplin mengatur pengelolaan uang Anda. Bagaimanapun, topik pendidikan selalu berhubungan dengan bahasan mengenai biaya hidup bukan? Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Qelola menawarkan kemudahan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia. Dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat. Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati setiap fiturnya!

Tags: , , , , ,