Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Universitas di Malaysia yang murah

Pendidikan berkualitas tidak berarti harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Beberapa universitas di Malaysia misalnya, menawarkan pendidikan dengan harga terjangkau. Tidak heran jika kemudian banyak orang mencari informasi mengenai universitas di Malaysia yang murah agar dapat mengenyam pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau.

Beberapa universitas di Malaysia menawarkan biaya yang cukup terjangkau. Mulai dari 7.350 ringgit Malaysia atau sekitar Rp25.725.000. Mungkin jika melihat angka ini akan terlihat besar, namun jika dibagi menjadi 12 (bulan) tentu setiap bulan hanya dikenakan biaya sebesar kurang dari Rp2.000.000.

Untuk memberikan informasi mengenai universitas di Malaysia yang murah, berikut disajikan beberapa pilihan dan disertai informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan per tahunnya.

Tun Hussein Onn University of Malaysia

Untitled design16 - Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Dengan biaya kuliah setiap tahun berkisar pada angka 7.350 ringgit Malaysia, universitas ini menjadi salah satu sekolah yang menawarkan biaya sangat ekonomis. Salah satu program studi yang cukup menonjol dari universitas ini adalah bidang teknik. Fokus utama dari universitas UTHM adalah untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan serta keterampilan yang mumpuni untuk mahasiswanya.

Didirikan tahun 1993, kampus ini juga memiliki program studi pascasarjana. Pendidikan pascasarjana tidak berhenti setelah wisuda saja, namun tetap diawasi dalam implementasi program dari setiap mahasiswanya. Pada salah satu situs peringkat universitas, UTHM berada pada range peringkat 301 hingga 350 di kawasan Asia.

Universiti Utara Malaysia

Untitled design18 - Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Dengan mematok biaya kuliah per tahun mulai dari 8.880 ringgit Malaysia, universitas ini masuk pada jajaran universitas dengan biaya ekonomis di Malaysia. Namun demikian bukan berarti kualitas pendidikannya dapat diremehkan. Universiti Utara Malaysia disebut sebagai ‘Management Universiti’ karena lulusan dan kualitas pendidikannya yang patut diperhitungkan.

Mulai aktif mengadakan kegiatan pembelajaran mulai tahun 1998, kampus ini beberapa kali mengalami perubahan. Misalnya pada tahun 2008, ketika terjadi restrukturisasi yang memungkinkan UUM meningkatkan kapasitas penerimaan mahasiswanya. Hal ini juga menghasilkan pengelompokan studi menjadi 3 bagian besar, yakni Akademik Utama Sekolah Tinggi Bisnis UUM, Sekolah Tinggi Seni UUM, dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum, Pemerintahan dan Internasional UUM.

Universitas Di Malaysia yang Murah, UPNM

Untitled design20 - Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

UPNM atau Universiti Pertahanan Nasional Malaysia juga tidak akan lewat dari daftar universitas di Malaysia yang murah. Pasalnya biaya pendidikan per tahun hanya berada di angka 3.000 ringgit Malaysia. Sejak awal pendiriannya, universitas ini memang berfokus pada peningkatan kualitas tenaga militer di negara Malaysia.

Pada pengembangannya, Universiti Pertahanan Nasional Malaysia dibantu oleh Universiti Teknologi Malaysia. Bantuan yang diberikan adalah berupa akreditasi program sarjana dan bantuan tenaga pengajar. Meski pengajar didominasi oleh staf militer, namun kampus ini juga memiliki beberapa tenaga pengajar profesional untuk program studi gelar master yang ditawarkannya.

Universiti Teknikal Malaysia Melaka

Untitled design17 - Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Merupakan salah satu universitas negeri yang pengembangannya didukung oleh pemerintah, kampus ini hanya menerapkan biaya sebesar 4.000 ringgit Malaysia untuk pendidikan selama satu tahun. Dengan luas lahan mencapai 766 hektar dan mahasiswa berjumlah lebih dari 10.000 orang, dapat dikatakan merupakan kampus terbesar di Malaysia.

Universitas di Malaysia yang murah ini memiliki sedikitnya 10 fakultas utama, diantaranya adalah Fakultas Teknik Listrik yang menjadi fakultas andalan. Di Malaysia ada yang disebut dengan Tingkat Kelayakan Kerja Umum, yang menjadi acuan dalam kualitas lulusan dan calon pekerja. Pada acuan ini, Universiti Teknikal Malaysia Melaka mencatatkan angka sebesar 86% yang artinya lulusan dari kampus ini adalah lulusan yang siap kerja.

Universiti Malaysia Pahang, Salah Satu Universitas di Malaysia yang Murah

Untitled design19 - Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Merupakan universitas teknik publik mandiri yang bertempat di daerah Pahang. Fokus studi utama pada universitas ini adalah teknik dan teknologi. Dengan biaya pendidikan tahunan sebesar 3.665 ringgit Malaysia. Jika dikonversi ke rupiah, kira-kira berkisar pada angka Rp12.800.000.

Kampus ini memiliki setidaknya 9 fakultas, termasuk diantaranya adalah Fakultas Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak, Fakultas Teknik Mesin dan Pabrikan serta Pusat Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Manusia Modern. Jika melihat opsi Fakultas yang ditawarkan, sepertinya kampus ini bisa masuk dalam daftar incaran Anda ya?

 

Mengenyam pendidikan di Malaysia memang tidak selalu berarti harus mengeluarkan biaya yang besar. Pada kenyataannya Anda bahkan dapat mencari pekerjaan sambilan sebagai penambah uang saku, dan jika bisa justru membantu ekonomi keluarga dirumah dengan mengirimkan sedikit tambahan tersebut.

Nah, untuk Anda yang mencari informasi mengenai universitas di Malaysia yang murah, pekerjaan sambilan bisa jadi alternatif yang baik untuk menambah uang saku sekaligus membantu mencukupi biaya kehidupan keluarga di tanah air. Untuk itu, layanan Qelola telah hadir dan siap membantu Anda. Dengan fitur pembayaran tagihan rutin seperti listrik dan PDAM, Anda bisa secara langsung membayarkan tagihan tersebut tanpa harus merepotkan keluarga di rumah. Segera unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan fitur yang ada di dalamnya!

 

Tags: , , , , , ,