Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kuliah di Malaysia

tips kuliah di luar negeri

Setelah masa sekolah menengah berakhir, Anda mungkin sudah memikirkan langkah-langkah apa saja yang selanjutnya akan diambil. Memilih belajar di luar negeri bisa saja menjadi sebuah perubahan drastis untuk Anda kedepannya. Jika Anda memutuskan untuk belajar ke luar negeri, itu berarti Anda harus pindah ke tempat baru dan beradaptasi dengan lingkungan yang mungkin berbeda dengan tempat tinggal Anda sebelumnya.

Malaysia menjadi salah satu negara yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa dari Indonesia. Dengan bahasa dan budaya yang hampir mirip dengan Indonesia, membuat mahasiswa bisa lebih cepat beradaptasi dibanding jika mereka harus pergi ke negara lainnya seperti di Eropa. Alasan lainnya adalah dikarenakan jarak yang dekat dan biaya hidup yang juga terjangkau. Saat ini negara seperti Malaysia sudah didukung dengan infrastruktur kelas dunia dengan dukungan kuat dari pemerintah. Mereka sudah memiliki beberapa universitas terbaik yang masuk dalam rangking universitas kelas dunia. Jika Anda tertarik untuk kuliah di Malaysia, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum memutuskan untuk kuliah di sana.

Memilih Universitas yang Sesuai

UM thestar.com .my  700x458 - Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kuliah di Malaysia

Setiap negara memiliki universitas terbaik, begitu juga dengan Malaysia. Ada 5 kampus terbaik di sana yang bisa menjadi pilihan Anda untuk melanjutkan studi yaitu:

  1. Universitas Malaya (UM) berada di peringkat 19 universitas terbaik se-Asia dan peringkat ke 87 universitas terbaik di dunia, universitas ini cocok bagi Anda yang berminat pada bidang linguistik, sastra, ekonomi, serta ilmu sosial.
  2. Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini masuk dalam peringkat 228 di dunia dan peringkat 47 se-Asia. Jika Anda berminat dalam bidang bangunan, teknik sipil, teknik medis, dan komputerisasi, Anda bisa mencoba untuk belajar di sana.
  3. Universitas Putra Malaysia (UPM) memiliki jurusan yang paling diminati yaitu jurusan agrikultur atau pertanian. Universitas ini menempati posisi kedua sebagai universitas terbaik kedua di Malaysia.
  4. Universitas Sains Malaysia (USM) sangat cocok bagi Anda yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang ilmu pengetahuan alam. Universitas ini memiliki 3 kampus yang berada di Penang, Malaysia, dan India.
  5. Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) berada di posisi 184 sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas ini cocok bagi Anda yang ingin belajar ilmu sosial budaya, sains teknologi, studi keislaman, kedokteran, dan juga bisnis.

Universitas di atas hanyalah beberapa contoh kampus yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda. Masih banyak kampus lainnya yang tentu memiliki kualitas serupa. Anda hanya perlu mencari informasi sebanyak mungkin dan sesuai dengan jurusan yang Anda inginkan. Jurusan yang populer dan bisa dibilang sangat diminati di universitas Malaysia itu sendiri adalah teknik kimia, bisnis dan akuntansi, teknik listrik, elektronik, dan kimia. Jangan lupa, Anda juga perlu mengetahui sistem pendidikan di Malaysia sebelum Anda memutuskan untuk belajar di sana.

Biaya Kuliah yang Terjangkau Dibandingkan Negara-Negara Eropa

mentor 3512369 960 720 - Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kuliah di Malaysia

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah merupakan salah satu hal yang paling penting dalam proses untuk belajar di luar negeri. Dengan memilih untuk melanjutkan sekolah di Malaysia, Anda sudah mengambil keputusan yang tepat karena biaya yang akan dikeluarkan akan sangat terjangkau dibandingkan jika Anda memilih melanjutkan studi ke negara-negara Eropa. Di Malaysia pun ada beberapa universitas terbaik yang bisa dipilih berdasarkan minat dan jurusan yang diinginkan.

Sama dengan Indonesia, memilih untuk kuliah di kampus negeri akan jauh lebih murah dibandingkan kampus swasta atau asing. Kuliah dengan biaya tertinggi di Malaysia yaitu berada di jurusan kedokteran, kemudian diikuti dengan teknik, IT dan bisnis. Untuk biaya hidup pun, biaya yang dikeluarkan hampir sama seperti di Jakarta. Anda juga bisa memanfaatkan asrama kampus yang menawarkan harga lebih murah serta lebih dekat dengan kampus. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Memilih Melanjutkan Pendidikan di Malaysia

Pahami Proses Pendaftaran

Memutuskan untuk belajar di Malaysia berarti Anda harus lebih teliti dalam memahami langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mendaftarkan diri di universitas favorit Anda. Hal pertama yang harus Anda pahami adalah kuota penerimaan mahasiswa asing di universitas negeri Malaysia hanyalah sekitar 5% dari total mahasiswa yang akan diterima. Itu berarti Anda harus bersaing dengan banyak calon mahasiswa lainnya di seluruh dunia untuk mendapatkan tempat di 5% tadi. Sedangkan untuk universitas swasta tidak ada batasan kuota dan lebih memungkinkan bagi Anda memiliki peluang besar diterima.

Untuk waktu pendaftaran mahasiswa baru di setiap universitas biasanya berbeda-beda. Maka dari itu Anda harus terus update informasi agar tidak tertinggal, karena proses seleksi untuk kuliah diluar negeri biasanya memakan waktu yang cukup lama. Jangan lupa menyiapkan dokumen-dokumen yang diminta oleh universitas tempat Anda mendaftar kuliah. Semua dokumen itu biasanya harus Anda kirimkan melalui e-mail bersama dengan formulir pendaftaran yang ada di website universitas.

Visa Pelajar atau Student Pass

Visa pelajar atau student pass wajib dimiliki jika Anda ingin belajar di Malaysia. Pembuatan visa pelajar tidaklah sulit jika Anda sudah diterima di tempat Anda mendaftar kuliah, karena universitas tersebut akan membantu Anda dalam mengurus student pass nantinya. Namun, Anda juga harus menyiapkan dokumen-dokumen yang memang diperlukan dalam pembuatan student pass. Pihak universitas akan mengajukan formulir Student Pass Application Form kepada pihak imigrasi Malaysia guna mendapatkan student pass. Tentunya universitas yang Anda pilih haruslah mempunyai izin dari Ministry of Home Affair untuk menerima pelajar internasional.

Beberapa penjelasan di atas mungkin bisa membantu Anda dalam mempersiapkan diri sebelum memutuskan untuk kuliah di Malaysia. Terutama dalam hal pengelolaan uang jika Anda berhasil masuk ke universitas favorit Anda di Malaysia. Untuk membantu pengelolaan uang Anda selama di Malaysia, gunakan aplikasi Qelola. Download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,