5 Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Ini Bisa Jadi Pertimbangan Anda

freelancer

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa kadang membuat Anda ingin mencoba hal-hal baru seperti bekerja paruh waktu. Biasanya mahasiswa melakukan pekerjaan sampingan ini untuk mencoba pengalaman mendapatkan penghasilan dari keringat sendiri. Selain itu, hal ini juga bisa jadi pengalaman sebelum benar-benar menapakkan kaki ke dunia kerja yang sebenarnya. Anda mungkin salah satu dari mahasiswa tersebut dan ingin mencoba peruntungan dengan melakukan pekerjaan freelance? Berikut adalah beberapa pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang menarik untuk dicoba.

Tutor Bimbingan Belajar

two asian kids sitting classroom smiling teacher glasses talking boy 1098 17531 - 5 Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Ini Bisa Jadi Pertimbangan Anda

Pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang paling umum adalah menjadi tutor atau guru privat. Profesi ini memang lebih diminati terutama bagi mahasiswa yang menggeluti bidang ilmu pengetahuan alam, matematika dan bahasa inggris. Ketiga mata pelajaran tersebut dianggap sulit untuk dipelajari, oleh karenanya banyak orang tua yang menyewa jasa guru privat untuk membantu putra putrinya. Jika berminat, pertama-tama Anda bisa bergabung dengan lembaga pendidikan terlebih dahulu. 

Dari situ Anda jadi tahu bagaimana caranya melakukan bimbingan pada murid dan materi apa saja yang perlu disampaikan. Apalagi jika Anda jadi bagian lembaga bimbingan belajar yang bonafit, tentunya jasa mengajar Anda akan banyak dicari. Selain itu Anda tidak perlu memasang iklan sendiri untuk menawarkan jasa les privat. Dalam hal ini pihak bimbel yang akan mengatur semuanya, jadi Anda hanya tinggal mengajar. Hanya saja, upah yang Anda terima nantinya akan dipotong sekian persen untuk keuntungan pihak bimbel. 

Jika ingin bayaran yang lebih besar Anda bisa memilih untuk jadi tutor privat secara mandiri. Peluang pekerjaan freelance untuk mahasiswa lainnya yang masih berhubungan dengan dunia mengajar adalah tutor online. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang, hal ini justru lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu datang ke tempat siswa yang ingin belajar privat. Selain mendapatkan uang, Anda juga ikut memutus mata rantai virus corona dengan tidak melakukan sesi tatap muka.

Jual Foto di Situs Gambar Online

camera photography design studio editing concept 53876 92027 - 5 Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Ini Bisa Jadi Pertimbangan Anda

Punya hobi memotret atau fotografi ternyata juga bisa menghasilkan uang lho. Apalagi jika hasil jepretan Anda menarik dan layak jual tidak ada salahnya untuk mengkomersilkannya ke situs jual beli gambar online. Anda pun hanya perlu menghubungi situs-situs gambar online tersebut melalui internet. 

Jika foto-foto Anda lulus seleksi maka Anda bisa mengirimkan banyak gambar lainnya. Upah yang Anda terima pun bervariasi tergantung dari jumlah orang yang mengunduh gambar Anda pada situs tersebut. Gambar yang Anda upload pun bisa di-download oleh semua orang yang ada di seluruh dunia. Jika banyak yang mengunduh tentunya Anda bisa jadi kaya mendadak.

Bisnis Online

portrait young asian woman using laptop computer work with parcel box 74190 10041 - 5 Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Ini Bisa Jadi Pertimbangan Anda

Nah, pekerjaan freelance untuk mahasiswa berikut ini juga banyak digeluti saat ini. Di era digital seperti sekarang peluang bisnis semakin terbuka lebar bahkan tanpa perlu menyewa toko dan merekrut karyawan. Semua dapat Anda lakukan sendiri dari rumah dengan bantuan internet. Anda hanya perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat agar produk yang Anda jual dapat laku di pasaran. Bukan hal mustahil jika nantinya bisnis online ini justru berkelanjutan menjadi pekerjaan utama Anda di masa depan.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri? Intip 8 Tips Ini!

Content Writer/Content Editor

woman working learning from home using laptop freelancer have remote work online education work maternity leave female hands typing keyboard home office 221542 141 - 5 Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Ini Bisa Jadi Pertimbangan Anda

Untuk Anda yang punya hobi atau kebiasaan menulis di blog cobalah untuk melamar pekerjaan sebagai content writer atau penulis artikel. Pekerjaan di bidang ini cukup menjanjikan untuk saat ini hingga nanti karena berbagai informasi saat ini bisa diakses melalui mesin pencari seperti Google, Mozilla, Opera, dan lain-lain. Daripada hobi Anda ini tidak menghasilkan apa-apa, akan lebih menguntungkan jika dijadikan pekerjaan sampingan bukan? Profesi ini pun tidak menuntut Anda harus berasal dari jurusan jurnalistik. 

Siapa saja bisa ambil bagian untuk mengisi lowongan ini asalkan punya minat pada dunia menulis. Pekerjaan ini pun bisa Anda lakukan dari mana saja entah di rumah atau di kafe sembari menumpang WiFi gratis. Selain content writer, Anda juga punya peluang lain dalam bidang jurnalistik seperti content editor. Pekerjaan ini cocok bagi Anda yang lebih suka membaca daripada menulis dan memiliki ketelitian tingkat tinggi.

Desainer Grafis

graphic design studio 72104 935 - 5 Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Ini Bisa Jadi Pertimbangan Anda

Peluang kerja di bidang desain grafis juga sangat terbuka lebar di era milenial seperti sekarang. Biasanya karya desain ini akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan dalam penyampaian informasi, promosi atau hal-hal lain terkait dengan strategi marketing. Sekali mendayung dua tiga pulau pun terlampaui. Selain menyalurkan bakat, Anda bisa melakukan praktek langsung atas ilmu yang dimiliki sekaligus mendapatkan tambahan uang. Pekerjaan freelance untuk mahasiswa ini juga tidak terpaku waktu dan tempat, karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja sesuai deadline.

Itu tadi adalah beberapa rekomendasi pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang menarik untuk dicoba. Semoga dengan membaca artikel di atas, Anda jadi punya ide dan inspirasi untuk mengisi waktu luang sebagai mahasiswa. Uang hasil kerja Anda juga bisa dibelanjakan untuk membeli kebutuhan pulsa dan kuota internet yang saat ini juga sangat penting. Nah, pembeliannya bisa Anda lakukan lewat aplikasi Qelola ya! Banyak fitur menarik lainnya yang bisa Anda manfaatkan jika mengunduh aplikasi online yang satu ini. Informasi terkait aplikasi Qelola bisa Anda cek di sini.

 

Tags: , , ,