Kolej Vokasional Malaysia: Pengertian, Jurusan dan Syarat Daftarnya

kolej vokasional

Jika di Indonesia ada istilah sekolah vokasi, orang Malaysia menyebutnya dengan kolej vokasional. Berbeda dengan konsep kampus akademis pada umumnya, kolej vokasional lebih fokus pada keterampilan kerja daripada akademiknya. Jika dikalkulasikan dalam bentuk persentase, maka di sekolah vokasi Anda akan menerima 70% vokasional dan 30% akademik. Apabila kamu tertarik tentang sekolah kemahiran ini, jangan lewatkan informasinya berikut ini.

Pengertian Kolej Vokasional

Kolej Vokasional adalah jenis sekolah atau kampus yang memberikan materi keterampilan atau kemahiran. Walaupun tetap ada materi akademik yang disampaikan, namun porsinya lebih kecil. Sayangnya, sekolah vokasi selalu dianggap sebagai pendidikan kelas kedua. Hal ini karena sekolah vokasional menjadi wadah bagi pelajar yang memiliki prestasi akademik yang pas-pasan. Namun, di negara Malaysia, pendidikan vokasional telah diangkat ke tahap yang lebih tinggi dan tidak lagi menyandang predikat sebagai pendidikan kelas kedua.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa perguruan tinggi kejuruan memberikan 70% vokasional dan 30% akademik. Jadi, bagi pelajar yang tidak berminat atau memiliki prestasi akademik yang biasa-biasa saja bisa memilih kolej vokasional untuk melanjutkan pendidikan. Disini, para siswa akan dibekali dengan berbagai keterampilan yang nantinya bisa dipakai untuk menghasilkan uang atau memudahkan dalam mencari pekerjaan.

Sehingga para siswa tersebut juga bisa meningkatkan taraf hidup di masa depan meski tanpa prestasi akademik yang mumpuni. Apabila ditekuni dengan benar, lulusan sekolah vokasi justru bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri melalui keterampilan yang dimiliki. Umumnya, pendidikan vokasional ini bisa ditempuh selama 4 tahun.

Kolej vokasional sekarang juga makin diminati di Malaysia karena lulusannya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Selain itu, alumni sekolah vokasi juga sudah mendapat pengakuan dari Departemen Pengembangan Keterampilan. Jadi tidak perlu khawatir lagi dengan stigma pendidikan kelas dua yang selama ini sangat identik dengan pendidikan vokasional.

Daftar Jurusan di Kampus Vokasional

jeswin thomas dfRrpfYD8Iw unsplash - Kolej Vokasional Malaysia: Pengertian, Jurusan dan Syarat Daftarnya

Sumber: unsplash

Pendidikan vokasional di Malaysia dibedakan menjadi dua yaitu level dasar dan level tinggi. Informasi selengkapnya akan diulas di bawah ini.

1. Level Dasar

Sekolah vokasional level dasar sering disebut juga dengan istilah sekolah menengah kejuruan. Ada juga yang menamainya dengan sekolah menengah teknik. Pada proses pembelajarannya, kolej vokasional level dasar ini masih dibagi lagi menjadi dua kategori yaitu sekolah menengah teknik dan sekolah menengah kejuruan. Berikut ulasannya:

  • Sekolah Menengah Teknik

Jika berminat untuk masuk ke sekolah menengah teknik, prestasi akademik tetap diutamakan. Terutama untuk beberapa mata pelajaran seperti fisika, kimia, biologi, dan menggambar teknik. Pasalnya, materi pembelajaran di sekolah teknik lebih fokus ke teori daripada praktek. Tujuan utama pendidikan di sekolah menengah teknik adalah mencetak lulusan menjadi insinyur atau punya peran utama sesuai bidang yang diminati.

  • Sekolah Menengah Kejuruan

Berbeda dengan sekolah menengah teknik, di sekolah menengah kejuruan kamu akan mendapatkan pelatihan keterampilan yang berupa teori dan praktek dalam waktu 2 tahun. Di Malaysia, para siswa kemudian akan mengikuti ujian Sijil Pelajaran Malaysia Vokasional atau SPMV pada akhir semester.

Selain mendapatkan materi keterampilan, siswa di sekolah menengah kejuruan juga mempelajari materi-materi penting lainnya. Sebut saja bahasa Melayu, matematika dasar, komunikasi dasar, bahasa Inggris dan juga pendidikan agama. Setelah menjalani dua tahun pelatihan,  murid-murid di sekolah menengah kejuruan tersebut akan menjalani ujian Sertifikat Keterampilan.

2. Level Tinggi

Para lulusan sekolah menengah teknik dan sekolah menengah kejuruan juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beberapa lembaga pendidikan yang bisa jadi rujukan adalah politeknik, Lembaga Pelatihan Industri, Institut Keterampilan Pemuda Nasional , Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan Tinggi, Departemen Akreditasi dan Keterampilan Lanjutan, Teknologi Tinggi Training Center, Institut Kemahiran Mara dan lain-lain.

Baca juga: Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis, Pilihannya Malaysia

Syarat-syarat Mendaftar ke Kolej Vokasional

register now application information concept e1632984817322 - Kolej Vokasional Malaysia: Pengertian, Jurusan dan Syarat Daftarnya

Sumber: unsplash

Ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi calon siswa untuk bisa menjadi bagian dari kolej vokasional. Beberapa syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Merupakan warga negara Malaysia.
  • Calon siswa wajib menempuh pendidikan di sekolah negeri yang ada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Malaysia.
  • Kandidat wajib mengikuti Interpretasi Berbasis Sekolah tahun berjalan yang meliputi interpretasi sekolah, aktivitas fisik, psikometri, dan interpretasi tingkat tiga.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Calon siswa tidak punya riwayat penyakit yang menghalangi kerja praktek dan proses belajar selama kuliah.
  • Kandidat punya minat tinggi terhadap program yang dilamar.

Baca juga: Ini Gambaran Biaya Kuliah di Berbagai Universitas di Malaysia

Demikian informasi yang bisa kamu ketahui tentang sekolah vokasi atau kolej vokasional di Malaysia. Sayangnya, program pendidikan ini hanya bisa dijalani oleh warga negara Malaysia saja. Namun, jangan khawatir, kamu bisa mendaftarkan diri di kampus bergengsi lainnya yang ada di Malaysia. Apabila kamu nantinya menempuh pendidikan atau bekerja di Malaysia, jangan lewatkan untuk menginstal aplikasi Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , ,