Ini Gambaran Biaya Kuliah di Berbagai Universitas di Malaysia

kuliah

Tak sedikit orang yang mendambakan ingin kuliah di luar negeri, salah satunya Malaysia. Namun, kira-kira berapa biaya kuliah di universitas yang ada di Malaysia? Kadang kala ada informasi jika biaya kuliah di luar negeri lebih murah dibandingkan di dalam negeri. Apalagi kalau dapat beasiswa dai universitas ternama. Namun, ketika memilih kuliah di luar negeri ada tambahan biaya hidup yang bisa jadi tidak murah. Ada pula yang harus mengeluarkan biaya sendiri dan bertahan hidup selama kuliah di luar negeri.

Tidak hanya menyiapkan nilai yang bagus, kemampuan bahasa Inggris yang bagus pula tetapi juga perlu mengetahui gambaran biaya kuliah di luar negeri. Sebagai informasi, biaya kuliah di Malaysia sudah mencakup biaya pendaftaran, uang pendidikan atau SPP, biaya laboratorium, biaya perpustakaan, deposit, biaya ujian, pemeriksaan medis. Selain itu ada premi asuransi kesehatan dan kecelakaan. Sejumlah universitas telah menyediakan akomodasi bagi mahasiswa dari luar negeri. Berapa biaya perlu dipersiapkan saat kuliah di Malaysia? Berikut ulasan perkiraan berbagai universitas di Malaysia.

Universiti Putra Malaysia (UPM)

Universitas ini menyediakan berbagai disiplin ilmu seperti ilmu kedokteran, teknik, ekonomi, sains murni, pendidikan, bahasa dan komunikasi. UPM memiliki 17 fakultas yang terdiri dari sarjana dan pascasarjana. Biaya kuliah di UMP rata-rata pertahun mencapai RM15.540 untuk S1, dan RM40.000 untuk program S2. Sedangkan biaya akomodasi kampus sekitar RM7.200. Sedangkan biaya hidup mahasiswa diperkirakan sekitar RM12.600.

universitas 700x443 - Ini Gambaran Biaya Kuliah di Berbagai Universitas di Malaysia

Sumber: Pixabay/Sasin Tipchai

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Perkembangan UKM sangat pesat sejak dibangun pada tahun 1970 lalu. Lembaga ini lahir atas aspirasi rakyat demi meningkatkan bahasa Melayu. Ada 13 fakultas dengan 13 lembaga penelitian unggulan yang ada di UKM. Universitas ini berada di Bangi wilayah Sengalor Darul Ehsan. Gambaran biaya kuliah di UKM rata-rata per tahunnya sebesar RM13.990 untuk program S2 dan RM9.200 untuk S1. Sementara itu, biaya akomodasi sekitar RM575 dan biaya hidup mencapai RM12.000.

Universiti Teknologi Petronas (UTP)

Perguruan tinggi ini didirikan sejak tahun 1997 dan berkembang menjadi universitas swasta terkemuka di Malaysia. Menariknya ada program rekayasa, teknologi dan sains yang relevan di bidang industri baik program sarjana maupun pascasarjana. Perkiraan biaya yang perlu disiapkan per tahunnya sebesar RM21.770 untuk S1 dan RM7.870 untuk S2/S3. Biaya itu perkiraan untuk keperluan kuliah selama 1 tahun. Sedangkan biaya akomodasi sekitar RM5.375 dan RM13.840 untuk biaya hidup selama 1 tahun.

Universiti Sains Malaysia (USM)

USM sudah ada sejak tahun 1969 dan menjadi universitas yang tergolong tua di Malaysia.  Ada 72 program yang ditawarkan jarak jauh atau paruh waktu. USM juga menawarkan program 111 akademik penuh waktu. Universitas ini mengembangkan pendidikan di ilmu terapan, ilmu kedokteran dan kesehatan, farmasi, dan ilmu pengetahuan alam. Rata-rata biaya kuliah per tahun di USM mencapai RM13.350 untuk S1 dan S2 RM11.250. Sementara itu, biaya hidup sekitar RM17.733 dan akomodasinya mencapai RM5.375. Inilah salah satu universitas yang dikenal baik di dalam negeri maupun internasional.

Universiti Malaya (UM)

UM merupakan universitas terbaik di Malaysia. Kampus ini didirikan sejak tahun 1949 dan tertua di Malaysia. Universiti Malaya terletak di Kuala Lumpur. Inilah perguruan tinggi yang mendapatkan dana dari pemerintah. Namun, untuk kuliah di sini perlu menyiapkan dana yang cukup besar untuk kuliah per tahun, yakni RM40.290. Sedangkan, biaya akomodasinya sekitar RM4.000 dan rata-rata biaya hidup sebesar RM13.840. Universitas Malaya memiliki 12 fakultas.

ruang belajar 700x454 - Ini Gambaran Biaya Kuliah di Berbagai Universitas di Malaysia

Sumber: Pixabay

Universiti Utara Malaysia (UUM)

Universitas yang terletak di Buit Kayu Hitam ini didirikan sejak tahun 1974. UUM merupakan perguruan tinggi yang letaknya di daerah perbatasan Malaysia-Thailand. Unggulannya pada program manajemen, pendidikan, dan teknologi informasi. Ada program sarjana dan pascasarjana dengan menyediakan berbagai fasilitas seperti akomodasi penginapan di area kampus. Rata-rata biaya per tahunnya, untuk S1 RM5.530, pendidikan S2/S3 sekitar RM4.800. Kejuruan RM13.000, akomodasi kampus RM1.800 dan biaya hidupnya sekitar RM7.800.

Universiti Teknologi MARA

Perguruan tinggi ini memiliki program seperti ilmu kedokteran, bisnis dan manajemen, sains, ilmu sosial dan politik, serta humaniora. Universitas ini memiliki kampus pusat di Shah Alam wilayah Selangor. Ada 15 cabang kampus yang tersebar di Malaysia dengan program sarjana dan pascasarjana yang terdiri dari 24 fakultas. Sedangkan untuk biaya kuliahnya mencapai RM19.200. Biaya hidup cukup tinggi, yakni sekitar RM13.840 dan akomodasi rata-rata sebesar RM5.375.

Taylor’s University

Universitas ini berada di Subang Jaya, Selangor, Malaysia. Taylor’s University merupakan perguruan tinggi swasta di Malaysia sangat diperhitungkan. Universitas ini bekerja sama dengan kampus lainnya untuk meningkatkan mutu dan kualitas. Sehingga ketika lulus nanti, mahasiswa akan mendapatkan dua sertifikat. Pertama dari Taylor’s University dan sertifikat kedua dari universitas partner. Biaya hidupnya mencapai RM13.840 dan akomodasinya sekitar RM16.560. Taylor’s University menyediakan akomodasi UResidence dan My PlaceAppartement. Biaya kuliah di Taylor’s University untuk program S1 mencapai 300 juta rupiah dan S2 mencapai 200 juta rupiah.

Itulah gambaran tentang biaya untuk kuliah di Malaysia. Mata uang yang digunakan masih Ringgit Malaysia. Kamu bisa mengecek berapa kurs Ringgit Malaysia dari waktu ke waktu. Rata-rata 1 Ringgit Malaysia sama dengan Rp3.000 hingga Rp3.500. Biaya untuk menempuh pendidikan yang dibayarkan setiap tahunnya bervariasi karena tergantung dari jurusan dan universitas yang dipilih.

Selama tinggal di Malaysia, mahasiswa Indonesia bisa memanfaatkan aplikasi Qelola untuk membantu mengelola keuangan. Unduh aplikasi Qelola di sini, sekarang juga untuk merasakan berbagai kemudahan transaksi online. Misalnya bayar listrik, air, beli pulsa, transfer uang dan lainnya. Cek website resmi Qelola untuk melihat apa saja manfaat menggunakan aplikasi Qelola.

Tags: , , , , , ,