Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis, Pilihannya Malaysia

cara kuliah di Malaysia

Calon mahasiswa terutama para siswa SMA/SMK, ataupun lulusan S1 pastinya ada yang mendambakan ingin kuliah di luar negeri. Ada cara kuliah di luar negeri gratis. Kesempatan kuliah di luar negeri dengan jalur beasiswa atau gratis tentunya membutuhkan berbagai persiapan. Bahkan, dapat dipersiapkan beberapa tahun sebelum keberangkatan.

Kesempatan baik berupa kuliah gratis akan dikejar oleh orang-orang yang berkeinginan kuliah di negara lain. Selain itu, ada banyak tantangan yang dihadapi, persiapannya tidak singkat serta ada berbagai syarat yang dipenuhi. Banyak yang beranggapan cara kuliah di luar negeri gratis itu adalah hal sulit untuk dicapai daripada kuliah di dalam negeri.

Tenang saja, ada banyak pilihan universitas untuk kuliah di negeri. Banyak universitas di berbagai negara yang menawarkan kuliah dengan beasiswa. Salah satu negara yang menjadi tujuan untuk kuliah adalah Malaysia. Ingat bahwa setiap universitas memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Jangan mudah berkecil hati dan menganggap susah dapat mewujudkan kuliah gratis di luar negeri apalagi di Malaysia. Simak informasi cara kuliah di luar negeri gratis berikut ini:

Beasiswa

Sampai saat ini beasiswa menjadi cara yang paling banyak dicari oleh pelajar. Ada banyak jenis beasiswa yang menjadi pilihan para pelajar dan setiap jenis beasiswa ada persyaratannya yang perlu dipenuhi. Umumnya, beasiswa yang dicari adalah beasiswa universitas di luar negeri, beasiswa dari pemerintah setempat. Cari informasi universitas yang membuka kesempatan beasiswa untuk pelajar dari negara lain. Perhatikan syarat, cara mendaftar, waktu pendaftaran dan beasiswa yang didapatkan.

Kamu pun perlu menunjukkan performa akademis maupun prestasi belajar yang memuaskan agar bisa lolos beasiswa sehingga merasakan kuliah gratis di luar negeri. Adapun beasiswa lainnya adalah beasiswa swasta atau sponsor. Beberapa perusahaan besar juga rutin membuka kesempatan beasiswa. Bahkan, perusahaan juga memberikan bantuan keuangan bagi mahasiswa berprestasi. Cek saja situs-situs perusahaan swasta untuk mencari peluang beasiswa.

kampus luar negeri 700x460 - Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis, Pilihannya Malaysia

Sumber: Pixabay

Pertukaran Pelajar

Tidak hanya jalur beasiswa, cara lainnya bisa menikmati kuliah di luar negeri dengan gratis adalah mengikuti program pertukaran pelajar. Kamu harus memiliki dan menunjukan prestasi di kampus atau sekolah. Tidak hanya sekadar aktif di berbagai organisasi, tetapi juga perlu menunjukkan potensi yang dimiliki atau keahlian khusus. Tunjukkan prestasimu di bidang akademik maupun non akademik. Jika punya prestasi yang membanggakan tentunya akan mendapatkan kesemapatan besar bisa ikut seleksi pertukaran pelajar.

Tes TOEFL/ IELTS

Adapun salah satu syarat untuk bisa kuliah di luar negeri adalah memiliki sertifikat TOEFL/IELTS, paspor serta visa. Sertifikat TOEFL/IELTS ini untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggrismu. Penting untuk mempersiapkan diri termasuk kursus bahasa Inggris. Kursus dapat membantumu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai bekal dan salah satu cara kuliah di luar negeri gratis.

Program kuliah S2/S3 di Malaysia

Pemerintah Malaysia memberikan program beasiswa, yakni Malaysia International Scholarship (MIS). Beasiswa Pemerintah Malaysia ini menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswa jenjang pendidikan mastre (S2) dan doktor (S3) di universitas ternama di Malaysia. Pelajar internasional dapat memanfaatkan kesempatan beasiswa di negeri Jiran untuk tahun akademi 2021-2022. Pemerintah Malaysia menyalurkan MIS setiap tahunnya beasiswa yang diberikan tidak hanya dalam bentuk tanggungan biaya kuliah penuh.

Keuntungan lainnya, setiap kandidat yang lolos seleksi beasiswa tidak hanya mendapatkan tanggungan biaya kuliah penuh tetapi juga uang saku bulan, yakni sebesar RM1.500 atau sekitar Rp4,9 juta per bulan. Adapun biaya yang perlu disiapkan mandiri seperti visa, tiket pesawat, buku, biaya penelitian, dan keperluan lainnya.

MIS

Pemerintah Malaysia memberikan beasiswa MIS setiap tahun untuk menjaring sumber daya manusia berbakat dari berbagai negara. Pada tahun 2021, ada 12 negara yang memenuhi syarat boleh mengikuti seleksi beasiswa yang diselenggarakan MIS. Indonesia termasuk negara beruntung masuk dalam daftar 12 negara tersebut. Nah, kalau kamu memiliki catatan prestasi akademik dan latar belakang keterampilan memuaskan maka program MIS ini. Nantinya, kandidat yang terpilih mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi program master atau PhD di berbagai universitas Malaysia.

Berikut daftar universitas di Malaysia yang memberikan beasiswa tahun ajaran 2021-2022 (MIS):

  1. Universiti Putra Malaysia (UPM)
  2. Universiti Malaya (UM)
  3. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)
  4. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (UIAM/IIUM)
  5. Universiti Utara Malaysia (UUM)
  6. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
  7. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)
  8. Universiti Malaysia Kelantan (UMK)
  9. Universiti Teknologi Petronas (UTP)
  10. Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTEM)
  11. Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)
  12. Universiti Sains Malaysia (USM)
  13. Universiti Teknologi Mara (UiTM)
  14. Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI)
  15. Universiti Malaysia Terengganu (UMT)
  16. Universiti Malaysia Sabah (UMS)
  17. Universiti Malaysia Pahang (UMP)
  18. International Centre For Education In Islamic Finance (INCEIF)
  19. Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS)
  20. Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM)
  21. Universiti Tenaga Nasional (UNITEN)
  22. Multimedia University (MMU)
  23. Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP)
  24. Universiti Sultan Zainal Abidin (UNISZA)

Demikianlah informasi tentang cara kuliah di luar negeri gratis, terutama di negara Malaysia. Urusan transaksi keuangan saat ini bisa dilakukan secara online dari handphonemu. Kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola untuk melalukan berbagai pembayaran seperti beli pulsa, bayar tagihan listrik, air, hingga BPJS. Aktivitas mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia juga lebih aman dan murah pakai aplikasi Qelola. Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga di Google PlayStore atau klik di sini.

Tags: , , , , , ,