Universitas Islam di Malaysia, Ini Daftar Terbaiknya!

ini universitas islam di malaysia

Malaysia memiliki beberapa universitas kelas dunia yang kamu tak perlu ragukan lagi. Sudah banyak orang Indonesia yang menempuh pendidikan ke negara ini. Menawarkan banyak pilihan jurusan terbaik, Malaysia masih cukup terjangkau secara harga pendidikan maupun biaya hidup. Tak hanya itu, universitas di Malaysia membuka banyak peluang bagi siswa asing untuk bisa melanjutkan studi. Tak heran, negara ini menjadi salah satu tujuan destinasi pendidikan bagi siswa negara tetangga sekitarnya.

Banyaknya siswa luar negeri membuat universitas yang ada di negara ini berkembang. Mulai dari negeri hingga swasta hadir memberikan pelayanan pendidikan dan peluang melanjutkan studi. Mayoritas penduduk negara ini menganut agama Islam sehingga tak heran jika universitas Islam di Malaysia cukup banyak. Bagi kamu penganut agama Islam, kamu bisa memilih beberapa rekomendasi kampus islami terbaik di negara ini, apa saja?

International Islamic University Malaysia (IIUM)

IIUM iium edu my 700x361 - Universitas Islam di Malaysia, Ini Daftar Terbaiknya!

Sumber: iium.edu.my

IIUM menjadi universitas Islam di Malaysia yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar ketika proses pembelajaran dan administrasi. Kampus ini memadukan nilai-nilai modern dan profesional untuk bisa bersinergi dengan nilai tradisional dan kebajikan moral yang ada di Malaysia. Universitas ini memiliki mahasiswa yang berasal lebih dari 100 negara di dunia. Dalam menjalankan pelayanannya, universitas ini mendapat sponsor dari Organisasi Konferensi Islam (OIC). Universitas ini memiliki 3 kampus berbeda dan 10 jurusan yang bisa kamu pilih.

3 kampus ini terletak di beberapa wilayah yang berbeda di negara bagian Malaysia. Ada kampus Gombak di Selangor sebagai kampus utama. Kampus Kuantan dengan jarak 250 kilometer dari Kuala Lumpur dan memiliki fakultas ilmu kedokteran, farmasi, ilmu kesehatan, keperawatan dan kedokteran gigi. Kampus Petaling Jaya sebagai pusat matrikulasi atau pusat dasar pendidikan untuk mahasiswa ilmu hukum. Tak hanya fasilitas jurusan yang terbaik, kampus ini juga memberikan akomodasi bagi kamu yang menjadi pelajar disana. Siswa pascasarjana yang sedang menempuh pendidikan disini bisa mendapatkan layanan kamar atau dormitory. Kamar yang tersedia mulai dari kamar single, kamar untuk 4 orang, kamar elite, dan kamar upgraded.

Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)

university sains islam malaysia education uw edu 700x467 - Universitas Islam di Malaysia, Ini Daftar Terbaiknya!

Sumber: education.uw.edu

Kampus ini memiliki 9 pilihan fakultas yang bisa kamu pilih dan 85 program studi dengan operasional yang didanai oleh Pemerintah Malaysia. Universitas Islam di Malaysia ini berdiri pada tahun 1996 dan memiliki 2 kampus yang berlokasi di Kuala Lumpur dan Negeri Sembilan. Mengusung 2 aspek penting dalam ajaran Islam, kampus ini menekankan pada nilai fisik dan spiritual dalam menjalankan proses belajar mengajar. Kampus ini menawarkan program pendidikan untuk siswa internasional sehingga kamu juga bisa mendaftar untuk melanjutkan studi disini. Setidaknya sudah ada sekitar 13.417 siswa yang sedang bersekolah dengan 808 diantaranya adalah siswa internasional. Ada 3 program unggulan yang menjadi komitmen kampus pada program akademiknya, yaitu:

  • Studi Islam, Quran dan Sunnah

  • Ilmu Islam, Technology dan Engineering

  • Kebudayaan Islam, Ilmu Sosial dan Humaniora

Universiti Sultan Zainal Abidin

UniSZA aqsaunisza blogspot com 700x525 - Universitas Islam di Malaysia, Ini Daftar Terbaiknya!

Sumber: aqsaunisza.blogspot.com

Salah satu universitas Islam di Malaysia ini memiliki 3 lokasi kampus yaitu, kampus Gong Badak di Kota Bharu, Kampus Perubatan dan Kampus Besut. Lokasi ketiga kampus ini semua berada di wilayah Terengganu Malaysia. Kampus ini sebelumnya bernama Universiti Darul Iman Malaysia dan beroperasi dengan nama baru sejak tahun 2006. Kampus ini memiliki 9 fakultas mulai dari bahasa, informatika, akuntansi hingga bioteknologi. Universitas ini memberikan layanan jenjang pendidikan mulai dari D3 hingga doktoral S3.

Al Madinah International University

MEDIU icym edu my 700x530 - Universitas Islam di Malaysia, Ini Daftar Terbaiknya!

sumber: icym.edu.my

Universitas Islam di Malaysia ini menjadi satu-satunya universitas virtual pertama di dunia yang berdiri sejak tahun 2006. Al Madinah International University atau MEDIU memiliki sistem pembelajaran gabungan antara virtual dengan tatap muka. Memanfaatkan teknologi e-learning, para mahasiswa bisa belajar langsung dari pengajar berbagai negara mulai dari Saudi Arabia, Mesir dan Malaysia. Bagi kamu yang ingin mendaftar kuliah ke kampus ini, kamu harus memiliki kemampuan berbahasa Arab. Hal ini karena proses belajar mengajar menggunakan Bahasa Arab sebagai pengantar. Kampus ini menawarkan 4 jurusan Ilmu Islam yang meliputi:

  • Ilmu Hadits

  • Fiqh-Ushul Fiqh

  • Ilmu Al Qur’an

  • Ilmu Dakwah-Ushuluddin

Universiti Islam Malaysia

uim uim edu my 700x262 - Universitas Islam di Malaysia, Ini Daftar Terbaiknya!

Sumber: uim.edu.my

Universitas Islam di Malaysia yang berlokasi di Selangor ini memiliki sejarah panjang sebagai universitas di Malaysia. Dulu, kampus ini memiliki nama Kolej Islam Malaya (KIM) yang berdiri pada 8 April 1955. Kampus pertama universitas ini adalah hasil donasi dari Sir Hisamuddin Alam Shah yaitu kerabat dari Sultan Selangor. Saat ini, kampus berlokasi di Kota Cyberjaya yang berjarak 30 kilometer ke arah selatan Kuala Lumpur. Program studi yang bisa kamu ambil yaitu manajemen finansial, hukum dan syariah, ilmu peradaban dan sivilisasi. Kampus ini juga memiliki fasilitas laboratorium teknologi canggih, ruang kelas yang modern, perpustakaan, masjid dan pusat komunitas mahasiswa.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kamu bisa menikmati layanan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,