Berapa Biaya Kuliah S2 di Malaysia? Cek Infonya di Sini

congratulations graduates top stacks coins wood table color background 4236 1002 - Berapa Biaya Kuliah S2 di Malaysia? Cek Infonya di Sini

Selain Amerika, Eropa, atau Inggris, sebenarnya melanjutkan kuliah S2 ke negara tetangga seperti Malaysia juga tak kalah bagus. Banyak para mahasiswa internasional membuktikan kuliah di Malaysia termasuk pilihan yang menguntungkan. Dengan banyaknya program kuliah yang ditawarkan universitas-universitas di Malaysia, serta biaya kuliah yang terjangkau, Malaysia sukses menjadi pusat tujuan studi terbaik di Asia Tenggara.

Pendidikan pascasarjana di Malaysia hingga saat ini masih digemari mahasiswa internasional. Salah satu sebabnya adalah banyaknya universitas yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mengambil gelar master dengan penelitian. Tanpa beasiswa pun, biaya kuliah S2 di Malaysia terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan kuliah di negara-negara Eropa, Amerika, dan Australia. Selain itu, sistem pendidikan yang terstruktur dengan baik membuat Malaysia mampu memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk memiliki kualifikasi internasional dengan harga yang bersaing. Bagi Anda yang tertarik melanjutkan kuliah pascasarjana di Malaysia, simak rincian biaya dan beasiswa S2 yang tersedia berikut ini.

Kisaran Biaya Kuliah S2 di Malaysia

graduation hat with blue tassel top glass jar filled with coins modern city background 102644 11 - Berapa Biaya Kuliah S2 di Malaysia? Cek Infonya di Sini

Di Malaysia, biaya kuliah untuk gelar master, baik untuk program Master by Coursework atau Master by Research cukup terjangkau. Secara umum, biaya kuliah program seperti MBA (Master of Business Administration) di universitas-universitas swasta Malaysia berkisar antara RM21.000 hingga RM30.000 (Rp70 juta hingga Rp100 juta). Lama kuliah yang ditempuh sekitar 1 hingga 2 tahun. Sedangkan di universitas-universitas negeri Malaysia, biaya kuliah program MBA berkisar antara RM13.000 hingga RM25.000 (Rp43 juta hingga Rp83 juta). Kemudian, program pascasarjana non medis di universitas negeri membutuhkan biaya sekitar RM1.800 hingga RM6.000 (Rp6 juta hingga Rp20 juta) per tahun.

Secara umum, universitas medis swasta di Malaysia menerapkan biaya kuliah berdasarkan biaya per mata kuliah setiap semester. Misalnya, Medical University menerapkan biaya kuliah mulai RM2.700 hingga RM5.300 (Rp9 juta hingga Rp17 juta) per mata kuliah khusus untuk mahasiswa internasional. Sedangkan, untuk biaya proyek penelitian di Medical University berkisar antara RM21.550 hingga RM26.750 (Rp72 juta hingga Rp89 juta).

Saat akan memilih jurusan dan universitas untuk kuliah S2 di Malaysia, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai rincian biaya kuliah di tempat tersebut. Biaya kuliah setiap jurusan akan berbeda-beda di masing-masing universitas. Jurusan kuliah yang populer di universitas ternama di Malaysia tentu akan lebih mahal jika dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Baca Juga: 7 Daftar Universitas Termurah di Malaysia

Cakupan Biaya Kuliah

graduation hat top coin stack 86691 67 - Berapa Biaya Kuliah S2 di Malaysia? Cek Infonya di Sini

Biaya kuliah S2 di Malaysia biasanya mencakup beberapa aspek seperti biaya pendaftaran, biaya pendidikan, deposit, biaya laboratorium, biaya perpustakaan, premi asuransi, kesehatan dan kecelakaan, serta biaya lainnya seperti biaya tesis atau ujian. Namun, ada juga beberapa universitas di Malaysia yang memasukkan akomodasi tempat tinggal, transportasi, dan fasilitas laundry dalam biaya kuliah. Cakupan biaya kuliah ini bisa berbeda-beda tergantung universitas yang Anda pilih. Umumnya, penjelasan mengenai cakupan biaya ini akan Anda dapatkan dari pihak universitas saat pendaftaran mahasiswa baru. Pastikan Anda memahami rincian biaya tersebut, ajukan pertanyaan kepada pihak universitas jika masih ada hal-hal yang kurang jelas.

Beasiswa Kuliah S2 di Malaysia

online scholarship 53876 84889 - Berapa Biaya Kuliah S2 di Malaysia? Cek Infonya di Sini

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kuliah pascasarjana di Malaysia begitu populer di kalangan pelajar karena banyaknya program beasiswa yang ditawarkan. Bagi Anda yang ingin kuliah gratis di Malaysia, tenang saja, ada banyak beasiswa pascasarjana untuk pelajar Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan pemerintah Malaysia salah satunya adalah Malaysian International Scholarship (MIS). Beasiswa ini akan menanggung biaya perkuliahan S2 di universitas-universitas yang ada di Malaysia. Tak hanya itu, penerima beasiswa juga diberi uang untuk biaya hidup sebesar RM1.500 (Rp5 juta) per bulan.

Selain beasiswa dari pemerintah Malaysia, Anda bisa mencoba beasiswa yang ditawarkan langsung dari universitas. Misalnya, beasiswa International Graduate Student Scholarship (IGSS) yang ditawarkan oleh Universiti Putra Malaysia (UPM). Beasiswa IGSS ditujukan bagi para pelajar yang memiliki nilai akademik memuaskan untuk melakukan penelitian di UPM. Prioritas beasiswa ini diberikan kepada pelamar yang ingin melanjutkan program Master by Research di UPM.

Keuntungan dari beasiswa IGSS berupa potongan biaya 50% dari uang perkuliahan (tuition fees) selama 6 semester. Potongan yang diterima kurang lebih senilai RM20.000.000. Setiap tahunnya akan diadakan review tahunan pada kemajuan akademik masing-masing penerima beasiswa IGSS. Selain beasiswa yang disebutkan, masih banyak beasiswa lainnya yang bisa Anda coba untuk mewujudkan impian kuliah pascasarjana di Malaysia.

Itulah ringkasan biaya kuliah pascasarjana di Malaysia beserta informasi beasiswa yang bisa Anda coba. Pada dasarnya, kuliah di Malaysia bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Dengan niat dan tekad yang kuat, Anda pasti bisa meraih hal tersebut. Saat berhasil mewujudkan kuliah di Malaysia, jangan lupa untuk selalu disiplin dalam mengelola keuangan. Bagaimanapun, topik pendidikan selalu berhubungan dengan bahasan mengenai biaya hidup bukan? Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik, transaksi dan pengelolaan keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , ,