Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

universitas di malaysia

Universitas di Malaysia kini menjadi tujuan studi yang populer di kalangan pelajar Indonesia. Banyaknya program studi yang ditawarkan serta sistem pendidikan yang terstruktur dengan baik sukses membuat universitas di Malaysia menjadi tempat melanjutkan pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Bagi Anda yang berencana melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia, ada baiknya jika Anda memiliki banyak informasi seputar universitas yang ada di Malaysia. Informasi yang lengkap dan valid bisa menjadi bekal Anda untuk beradaptasi dengan pendidikan di sana. Berikut adalah beberapa informasi penting mengenai universitas di Malaysia yang wajib Anda ketahui.

Alasan Memilih Universitas di Malaysia sebagai Tempat Kuliah

young happy attractive asian student smiling camera 1439 174 - Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Saat berencana melanjutkan pendidikan di Malaysia, Anda harus mengetahui alasan yang tepat mengapa memilih berkuliah di sana. Secara umum, Malaysia banyak dipilih oleh pelajar karena jaraknya yang tidak jauh dengan Indonesia. Jadi, para pelajar masih bisa sering pulang ke kampung halamannya dengan mudah. Biaya kuliah dan biaya hidupnya pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kuliah di Eropa, Amerika, dan Australia.

Meskipun tergolong murah, sistem pendidikan di Malaysia tak kalah berkualitas dengan negara-negara di Eropa, Amerika, dan Australia. Bahkan, beberapa universitas di Negeri Jiran memiliki program kualifikasi internasional untuk mahasiswa. Selain itu, budaya yang hampir sama dengan Indonesia juga kerap menjadi alasan memilih universitas di Malaysia sebagai tempat kuliah. Budaya yang hampir sama akan memudahkan pelajar untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan kehidupan di Malaysia.

Program Kuliah Universitas di Malaysia

speaker stage front room with rear view audience put hand up acton 41418 2707 - Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Pada dasarnya, program kuliah yang ditawarkan universitas di Malaysia ada tiga jenis yaitu program sarjana, pascasarjana, dan program kualifikasi internasional. Program sarjana di Malaysia ditempuh dengan durasi 3 tahun, lebih cepat 1 tahun dari program sarjana di Indonesia. Untuk program pascasarjana di Malaysia terdiri dari tiga jenis yaitu, Graduate Program ditempuh 1 tahun, Master Degree ditempuh selama 1 – 2 tahun, dan Doctoral Degree ditempuh selama 3 – 4 tahun.

Sedangkan, untuk program kualifikasi internasional atau program twinning ditempuh selama 3 tahun. Pada program twinning, Anda bisa melaksanakan masa studi di dua tempat yaitu di universitas yang ada di Malaysia dan di universitas mitra yang ada di luar negeri. Program kualifikasi internasional ini dibagi menjadi dua yakni program twinning 2+1 dan program 3+0.

Keuntungan Mahasiswa Asing di Malaysia

young students learning library bookshelves 1150 10505 - Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Malaysia terkenal sebagai negara yang multietnis sehingga pelajar yang melanjutkan pendidikan di negara ini akan banyak belajar cara menghargai perbedaan. Selain itu, banyaknya mahasiswa internasional di Malaysia membuat pelajar memiliki kemampuan berinteraksi dengan orang asing serta mampu bertukar wawasan budaya antarnegara.

Tak hanya itu, pendidikan tinggi yang ditawarkan negara Malaysia untuk mahasiswa asing memiliki mutu tinggi dan mampu bersaing secara global. Biaya kuliah bagi mahasiswa asing juga terbilang cukup murah di Malaysia. Bahkan, mahasiswa asing di Malaysia, terutama yang memiliki Student Pass diperbolehkan bekerja paruh waktu. Gaji yang didapatkan selama kerja paruh waktu di Malaysia rata-rata sekitar RM4 – RM8 per jam kerja.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menentukan Tempat Kuliah di Malaysia

Ketentuan Kuliah di Malaysia

asian students wore black frilly suits black hats yellow tassels graduation day 43157 1013 - Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Bagi Anda yang berencana kuliah di universitas yang ada di Malaysia, Anda harus memiliki Student Pass dan asuransi kesehatan. Ketentuan tersebut sesuai dengan peraturan terbaru dari Departemen Pendidikan Malaysia per bulan Januari 2014. Pihak universitas yang Anda pilih umumnya akan membantu permohonan pembuatan Student Pass sampai selesai. Mahasiswa asing yang berkuliah di Malaysia juga diharuskan untuk mengambil mata kuliah bahasa Malaysia terlebih dahulu.

Selain ketentuan administratif, Anda juga harus memikirkan ketentuan akomodasi bagi mahasiswa asing. Akomodasi untuk mahasiswa asing secara garis besar dibagi menjadi dua yakni akomodasi dalam kampus dan akomodasi luar kampus. Biaya akomodasi dalam kampus rata-rata sekitar RM800 – RM1.500 per bulan. Sedangkan, biaya akomodasi luar kampus rata-rata sekitar RM250 – RM2.000 per bulan. Informasi mengenai akomodasi ini bisa Anda temukan di papan pengumuman area kampus atau di agen properti sekitar kampus. Terkait ketentuan akomodasi, universitas di Malaysia memberikan kebebasan sepenuhnya kepada Anda untuk memilih akomodasi sesuai yang Anda suka.

Biaya Kuliah Universitas di Malaysia

graduation hat top coin stack 86691 67 - Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Biaya kuliah di Malaysia umumnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yang artinya lebih murah daripada kuliah di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, atau Australia. Selain itu, universitas negeri tentu memiliki biaya kuliah yang lebih murah dibandingkan universitas swasta. Rata-rata biaya kuliah program sarjana di universitas negeri yang ada di Malaysia sekitar RM8.690 – RM9.910. Sedangkan, biaya kuliah program sarjana di universitas swasta sekitar RM30.000 – RM59.000.

Untuk biaya program pascasarjana di universitas negeri sekitar RM13.000 – RM23.000, dan di universitas swasta sekitar RM21.000 – RM30.000. Biaya kuliah tersebut tentunya tergantung dengan jurusan dan universitas yang Anda pilih. Semakin populer jurusan dan universitas yang Anda pilih, maka biaya kuliahnya pun akan semakin mahal.

Demikian rangkuman singkat seputar universitas yang ada di Malaysia. Informasi di atas bisa menjadi panduan Anda untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia dengan lancar. Bagi Anda yang ingin berkuliah di Malaysia, pastikan untuk selalu melakukan persiapan dengan cermat dan lengkap jauh-jauh hari, baik itu dari sisi akademis, administratif, maupun dalam urusan mengelola keuangan. Bagaimanapun, topik pendidikan selalu berhubungan dengan bahasan mengenai pengelolaan keuangan bukan?

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, pastikan Anda menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik, transaksi dan pengelolaan keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Segera unduh aplikasi Qelola di smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , ,