Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Meskipun Otodidak

buku cara belajar bahasa inggris

Cara belajar bahasa Inggris saat ini sudah banyak metode dan tempat kursusnya. Banyak pula yang menawarkan bisa berbicara dalam waktu singkat menggunakan metode tertentu. Kamu tahu, sudah menjadi hal yang umum, memiliki kemampuan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kemampuan berbahasa Inggris sudah masuk dalam kurikulum pendidikan formal bahkan sejak usia dini. Tak heran, banyak orang mulai menggunakan bahasa Inggris sebagai bekal minimal dalam kemampuan berbahasa mereka.

Mempelajari bahasa memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi tergantung dari program yang kamu ambil. Jika kamu berkesempatan untuk ikut dalam program kelas bahasa, maka kamu tidak perlu pusing karena cukup dengan mengikuti kelas secara rutin. Tapi, bagaimana dengan seseorang yang tidak memiliki kesempatan kursus bahasa pada pusat pelatihan bahasa? Tenang, kamu tetap bisa belajar bahasa dengan cara otodidak. Berikut langkah-langkahnya!

Materi Belajar

materi pexels 700x467 - Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Meskipun Otodidak

sumber: Pexels.com

Materi yang baik dan memadai selama belajar bahasa sangat penting untuk menunjang kamu segera fasih dan paham. Kamu harus mempersiapkan materi belajar yang membuat kamu merasa senang belajar dan tidak membosankan. Materi belajar dibedakan menjadi 3 jenis yaitu tulisan, audio, dan visual.

Cara belajar bahasa Inggris adalah dengan materi tulisan adalah materi yang bisa kamu dapatkan dengan membaca buku, literatur, kamus dan bahan bacaan lain. Buku harus menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya agar kamu semakin terbiasa. Semakin sering kamu menggunakan bahan bacaan sebagai metode belajar, maka kamu akan semakin paham dan meningkat jumlah vocabulary atau jumlah perbendaharaan kata asing.

Bahan belajar audio memungkinkan kamu untuk belajar sambil mendengarkan kata-kata asing dan aksen pengucapan kata tersebut. Kamu bisa belajar audio melalui podcast, radio dan percakapan sehari-hari dengan seseorang. Cari topik terhangat yang membuatmu senang dan menarik perhatian.

Materi belajar menggunakan media visual bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan siaran TV favoritmu, film dan video-video lain. Caranya adalah dengan mematikan subtitle atau kalimat terjemahan supaya kamu paham dan mempelajari kata atau kalimat yang mereka ucapkan.

Setiap Saat

setiap unsplash 700x464 - Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Meskipun Otodidak

sumber: Unsplash.com

Belajar bahasa menjadi lebih cepat jika kamu mempraktikkannya kapan pun dan dimana pun. Semakin sering kamu berlatih, maka kemampuan berbahasamu juga akan meningkat dengan sendirinya. Cara belajar bahasa Inggris ini adalah dengan mengubah hal-hal sekitarmu dan kebiasaanmu untuk mendukung kecakapan berbahasa. Mulai dengan sering membaca buku berbahasa asing, mendengarkan podcast berbahasa asing, melihat tayangan berbahasa asing tanpa menggunakan subtitle kemanapun kamu pergi.

Praktik Rutin

praktik pexels 700x467 - Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Meskipun Otodidak

sumber: Pexels.com

Belajar bahasa berarti kamu harus siap dengan belajar yang konsisten dan terus menerus hingga menjadi kebiasaan. Semakin sering kamu praktik maka kamu akan semakin luwes menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Salah satu cara belajar bahasa Inggris yang cukup efisien adalah monolog. Kamu bisa melakukan hal ini dengan dirimu sendiri sambil melihat cermin. Berbicaralah seolah-olah kamu sedang berbicara dengan orang lain. Gunakan gerakan-gerakan tertentu untuk membantumu memperlancar praktik ini. Cara ini banyak dipakai oleh orang yang sedang belajar public speaking untuk membiasakan diri. Pertama kali tentu akan merasa aneh karena kamu berbicara bahasa asing dengan dirimu sendiri. Namun, cara ini adalah cara yang membuatmu ketagihan kalau kamu senang melakukannya secara konsisten.

Komunitas Bahasa

komunitas unsplash 700x467 - Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Meskipun Otodidak

sumber: Unsplash.com

Bergabung dengan kelompok atau komunitas bahasa adalah langkah bijak untuk bisa memperdalam kemampuan berbahasamu. Komunitas ini akan membantu kamu untuk bisa lebih sering berdialog dengan lawan bicara. Hal ini akan berdampak pada kemampuan bahasamu secara langsung. Komunitas bahasa akan membantumu untuk terbiasa berkomunikasi dengan bahasa yang kamu pelajari. Kamu juga membuka peluang-peluang baru untuk berkenalan dengan sesama anggota sehingga proses belajarmu tidak sendirian.

Traveling

traveling unsplash 700x498 - Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Meskipun Otodidak

sumber: Unsplash.com

Berjalan-jalan ke destinasi wisata baru bahkan luar negeri menjadi salah satu cara belajar bahasa Inggris. Kamu akan melihat secara langsung penggunaan bahasa ini pada semua tempat ketika kamu berwisata. Mau tak mau, kamu juga harus berkomunikasi dengan mereka untuk memenuhi kebutuhanmu. Sensasi berbicara dengan native speaker atau orang asli menjadi pengalaman berharga yang tak mudah terlupakan.

Kosakata

kosakata pexels 700x467 - Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Meskipun Otodidak

sumber: Pexels.com

Dalam berbicara bahasa asing, hal terpenting yang harus kamu kuasai adalah perbendaharaan kosakata atau vocabulary. Kamu bisa meningkatkan jumlah pemahaman kata dari kamus, buku, dan media lain yang sudah ada sebelumnya. Selain tahu bagaimana berkomunikasi, kosakata yang tepat juga menjadi bahan kamu belajar tentang kebudayaan lain. Beberapa kosakata memiliki arti yang cukup luas dan fleksibel digunakan ketika berkomunikasi dengan orang asing.

Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi tanpa tipu-tipu untuk kebutuhanmu belajar terkait dunia kerja, TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk transaksi keuangan Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,