Belajar Bahasa Inggris Efektif untuk TKI

Belajar bahasa inggris kini semakin mudah dengan bantuan kemajuan teknologi. Dulu, akses untuk belajar sangatlah sulit dan hanya bisa didapatkan jika kamu memiliki modal. Setelah internet berkembang, belajar pun jadi lebih mudah termasuk ketika ingin menguasai bahasa baru.

Bagi para TKI, tentunya kemampuan bahasa Inggris sangat penting agar pekerjaan menjadi lancar. Tidak hanya itu, kamu juga akan semakin percaya diri jika bisa berkomunikasi dengan baik saat berada di negeri orang. Jika saat ini kemampuanmu masih rendah, tenang saja. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Berikut ini merupakan 7 tips belajar bahasa Inggris yang efektif dan mudah untuk para TKI.

1. Autodidak menggunakan bantuan video tutorial di YouTube

szabo viktor UfseYCHvIH0 unsplash - Belajar Bahasa Inggris Efektif untuk TKI

Sumber: unsplash.com

Belajar bahasa inggris kini bisa dilakukan secara asyik dan mudah. Banyaknya video tutorial di YouTube bisa kamu tonton dengan gratis. Kamu juga bisa memilih jenis video yang dirasa cocok dengan tipe belajarmu. Misalnya, ada video yang menyertakan contoh adegan, dan memberikan kuis untuk menguji materi. Agar bisa mengakses video tutorial di YouTube kamu hanya perlu gadget seperti ponsel dan kuota internet saja.

2. Menghafal 5 kosa kata baru setiap hari

Semakin banyak kosa kata yang kamu hafal, maka semakin mudah memahami orang lain bicara. Saat belajar Bahasa Inggris, kosa kata yang berlimpah lebih efisien untuk digunakan berkomunikasi ketimbang grammar yang tepat. Meski susunan katanya belum sempurna, jika kamu paham terhadap kata tersebut maka kemungkinan informasi akan tersampaikan.

Untuk melatih kosa kata, lakukan kegiatan menghafal setiap hari. Coba hafalkan 5 kosa kata baru setiap harinya. Jika kamu mampu, bisa 10 sampai 15 kosa kata. Hafalkan secara sungguh-sungguh dari cara pengucapan, artinya, cara penulisan, hingga konteks yang tepat untuk penggunaan kata tersebut.

3. Mendengarkan lagu dan hapalkan liriknya

dillon shook T2KXgTdssx4 unsplash - Belajar Bahasa Inggris Efektif untuk TKI

Sumber: unsplash.com

Mendengarkan lagu sering dijadikan alternatif untuk rileksasi. Ternyata lagu juga berperan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu, lho! Saat mendengarkan lagu barat, hafalkan liriknya. Kamu akan belajar mendengarkan kemudian mengucapkan kalimat-kalimat tersebut. Jika perlu, tuliskan lirik lagu tersebut kemudian cek apakah penulisanmu sudah benar atau belum.

4. Membaca buku berbahasa Inggris

Membaca buku tentunya juga efektif digunakan untuk belajar. Kamu pun pastinya akan menambah wawasan dengan membaca buku. Melalui buku berbahasa Inggris, kosa kata yang didapat bertambah. Tidak perlu terburu-buru saat membaca sebab jika semakin terbiasa maka kecepatan membaca juga meningkat dengan sendirinya.

Usahakan kamu juga memahami konteks bacaan, bukan hanya artinya saja. Pilih buku dengan tema yang kamu suka agar lebih semangat. Novel romantis pun tidak menjadi masalah asal kamu tekun dalam membacanya. Meski sebentar, luangkan waktu setiap hari setidaknya 20 menit untuk membaca agar kemampuan bahasamu terasah.

5. Berkirim pesan menggunakan Bahasa Inggris

joshua hoehne rvCnQeldxys unsplash - Belajar Bahasa Inggris Efektif untuk TKI

Sumber: unsplash.com

Kamu bisa memberi tahu keluarga atau teman jika sedang belajar bahasa Inggris. Minta bantuan mereka untuk mau kamu repoti dengan menerima pesanmu menggunakan bahasa Inggris. Jika teman atau keluarga juga sedang belajar, metode tersebut bisa sangat efektif. Kedua belah pihak akan belajar tata bahasa dan menambah kosa kata ketika bertukar pesan.

6. Menonton film tanpa subtitle

Kamu suka menonton film? Hal itu ternyata bisa membantu ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris. Saat menonton film barat, pastikan kamu mematikan fitur subtitle atau terjemahan langsung. Artinya kamu hanya akan mendengarkan aktor bicara tanpa membaca terjemahan ucapannya.

Teknik tersebut akan mengasah kemampuan mendengarmu. Kamu juga bisa memilih film berdasarkan jenis bahasa Inggris yang digunakan. Misalnya film Amerika, Eropa, India, Australia, dan lain sebagainya. Meski sama-sama menggunakan bahasa Inggris, diksi dan aksen yang dipakai berbeda, lho!

7. Berbicara langsung dengan orang asing

Cara paling efektif saat mempelajari bahasa baru yaitu dengan praktik langsung. Jika kamu sudah berada di luar negeri, hal tersebut sangat menguntungkan. Cobalah banyak bicara dengan orang asing. Misalnya ajak sedikit ngobrol penjaga kasir minimarket, penjual tiket kereta, atau iseng bertanya arah pada orang di jalan.

Semakin sering kamu bicara dengan orang asing maka kemampuanmu akan meningkat dengan sendirinya. Ketika ngobrol, kemampuan yang terasah yaitu speaking dan listening. Melalui percakapan secara langsung, kamu bisa mengetahui kata-kata mana yang lebih sering digunakan serta melatih aksen.

 

Semoga berbagai tips belajar bahasa Inggris di atas bisa membantu, ya. Lakukan secara rutin dan bertahap agar hasil yang didapat juga maksimal. Meski sudah berada di negeri orang, tidak ada salahnya untuk melatih kemampuan berbahasamu dengan terus belajar. Selain kemampuan komunikasi, mengatur finansial secara baik juga perlu dipelajari sebagai TKI.

Gunakan aplikasi Qelola untuk kirim uang luar negeri tanpa biaya tambahan. Aplikasi ini bahkan bisa memudahkan ketika kamu ingin isi pulsa, bayar BPJS, bayar PDAM, serta berbagai pembayaran lainnya. Untuk bisa menikmati manfaatnya, unduh aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , , , , ,