Rekomendasi 6 Pulau di Malaysia dengan Panorama Instagenic

pulau di malaysia

Walaupun bukan negara kepulauan, tapi Malaysia juga memiliki pulau-pulau kecil yang indah. Berbagai pulau tersebut cukup populer dan menjadi destinasi wisata alam yang selalu ramai dikunjungi pelancong. Selain menikmati panorama alamnya yang begitu menawan, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving.

Jika kamu punya kesempatan untuk mengunjungi negeri Jiran, jangan lewatkan untuk singgah ke berbagai pulau di Malaysia tersebut. Ketahui rekomendasi pulau tercantik di Malaysia dengan membaca informasinya berikut ini.

  • Pulau Pinang

penang island - Rekomendasi 6 Pulau di Malaysia dengan Panorama Instagenic

Sumber: unsplash

Pulau Pinang merupakan salah satu pulau terbesar di Malaysia yang tidak boleh kamu lewatkan. Tak hanya pantai, pulau ini juga menawarkan banyak destinasi wisata menarik yang meliputi rumah mewah, bangunan bersejarah, kuil-kuil menawan, dan hotel dengan gaya arsitektur yang unik. Pulau Pinang atau yang juga disebut dengan Penang dihuni oleh berbagai etnis. Sehingga ada berbagai macam budaya dan kuliner lezat yang dari negara lain yang bisa kamu temukan disini.

Julukan Mutiara Timur juga disematkan pada pulau ini karena memiliki lokasi yang strategis di antara jalur perdagangan. Jajanan street food menjadi salah satu hal yang cukup populer dari Penang, Malaysia. Selain itu, pastikan untuk mengunjungi kawasan Georgetown saat singgah ke pulau ini.

Baca juga: Menikmati Penang Food yang Menggugah Selera, Sambangi 5 Lokasi Ini!

  • Pulau Redang

nazarizal mohammad tLvBvOm4XLs unsplash - Rekomendasi 6 Pulau di Malaysia dengan Panorama Instagenic

Sumber: unsplash

Jika ingin menikmati pulau dengan suasana alami dan panorama yang menawan, Pulau Redang adalah jawabannya. Terletak di daerah pesisir timur Semenanjung Malaysia, Pulau Redang menjadi pulau terbesar sekaligus terpopuler yang ada di negara bagian Terengganu. Daya tarik utama yang ada di pulau ini adalah pasir pantai putih yang berpadu dengan air laut yang sejernih kristal.

Oleh sebab itu, pulau ini menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti snorkeling dan diving. Karang-karang yang ada di sekitar pulau juga menjadi habitat bagi beberapa jenis ikan seperti ikan nemo, hiu bayi, dan juga ubur-ubur.

  • Pulau Perhentian

shimy XEEwaeB8hrI unsplash - Rekomendasi 6 Pulau di Malaysia dengan Panorama Instagenic

Sumber: unsplash

Masih di daerah Terengganu, pulau di Malaysia lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Perhentian. Pulau ini letaknya dekat dengan perbatasan negara Thailand. Tak kalah dengan Pulau Redang yang menawan, Pulau Perhentian juga menjadi incaran wisatawan untuk menghabiskan weekend atau hari libur.

Pulau ini dibagi menjadi dua yaitu Pulau Perhentian Besar dan Perhentian Kecil. Keduanya sama-sama menawarkan panorama alam magis nan eksotis. Disini kamu juga bisa melakukan aktivitas menyelam dan juga snorkeling. Jika ingin bermalam, tersedia pilihan akomodasi di sekitar pulau yang bisa kamu datangi. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa berpetualang ke hutan tropis yang ada di pulau tersebut.

  • Pulau Kapas

pulau bohey dulang - Rekomendasi 6 Pulau di Malaysia dengan Panorama Instagenic

Sumber: unsplash

Tempat ini menjadi pulau eksotis lainnya yang ada di negara bagian Terengganu. Pulau ini disebut dengan kapas karena dikelilingi oleh pantai pasir putih menawan yang terlihat seperti kapas. Hal-hal yang menarik banyak wisatawan saat berkunjung di sini adalah terumbu karang, air laut sejernih kristal, serta hutan tropis. Dengan segala keindahannya tersebut, pulau ini juga dinobatkan sebagai surganya diving dan snorkeling. Jika tertarik untuk singgah ke pulau ini, kamu bisa  menempuh jarak 6 kilometer ke timur Marang.

  • Pulau Langkawi

pulau langkawi - Rekomendasi 6 Pulau di Malaysia dengan Panorama Instagenic

Sumber: unsplash

Langkawi merupakan nama pulau yang terletak di sebelah barat negara bagian Kedah dan Perlis. Pulau ini juga berlokasi di utara Pulau Pinang Malaysia. Selain itu, Pulau Langkawi juga berdekatan dengan perbatasan Thailand di Laut Andaman. Pulau yang dihuni oleh 65 ribu orang penduduk ini punya banyak daya tarik untuk dijelajahi seperti pantai, pegunungan, hutan hujan, dan hutan mangrove.

Aktivitas menarik yang bisa kamu coba saat berada di pulau ini adalah menelusuri jembatan langit serta naik ke kereta kabel Gunung Mat Chinchang untuk melihat pemandangan indah dari ketinggian. Puncak tertinggi di Pulau Langkawi adalah Gunung Raya. Di sekitar gunung tersebut tersedia resor, restoran, dan menara untuk para pelancong melihat pemandangan sekitar. Jangan lewatkan untuk singgah ke Oriental Village saat berada di Pulau Langkawi. Di sini kamu bisa menyaksikan atraksi budaya, menunggang gajah, atau melihat pawang ular.

  • Pulau Mabul

pulau mabul - Rekomendasi 6 Pulau di Malaysia dengan Panorama Instagenic

Sumber: unsplash

Berbeda dengan keempat pulau sebelumnya, Mabul adalah salah satu pulau di Malaysia yang letaknya ada di Semporna, Sabah, Malaysia Timur. Keunikan pulau ini tampak dari bentuk pulau yang melengkung dan banyaknya batu karang yang menjadi habitat bagi ikan marin. Selain itu, pulau ini juga menjadi rumah bagi banyak jenis biota laut lainnya seperti gurita, cumi, udang, kepiting, serta rumput laut.

Bagi kamu yang hobi menyelam, tempat ini menjadi tempat yang sangat ideal untuk melakukan olahraga air tersebut. Menariknya, kamu akan menemui banyak penduduk lokal yang menjual seafood dengan menggunakan kano. Disini juga tersedia resort mewah yang pastinya menyediakan fasilitas liburan yang lengkap.

Baca juga: 6 Pilihan Wisata di Semporna Malaysia untuk Staycation Anda

Berbagai pulau di Malaysia tadi wajib masuk ke dalam daftar itinerary kamu saat berlibur ke Malaysia. Selain membuat rencana perjalanan yang menarik kamu juga harus bisa membuat rencana keuangan dengan baik. Caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Qelola yang cukup populer di Malaysia.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

 

Tags: , , , , , ,