Liburan di Perlis dengan Keluarga, Berikut Destinasi Wisatanya

perlis

Sebagian besar destinasi wisata yang paling populer di Malaysia memang berada di ibu kotanya, yaitu Kuala Lumpur. Namun siapa kira, banyak sekali destinasi wisata Malaysia selain Kuala Lumpur yang harus masuk daftar rekomendasi wisata dan wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Perlis yang menyuguhkan keindahan alam dan berbagai destinasi wisatanya. Sebagai informasi, Perlis atau juga dikenal sebagai Perlis Indera Kayangan merupakan salah satu negara bagian di Malaysia. Simak ulasan mengenai daftar tempat wisata menarik di Perlis di bawah ini.

1. Masjid Terapung Al Hussain

Untitled design 18 - Liburan di Perlis dengan Keluarga, Berikut Destinasi Wisatanya

Sumber: gstatic.com

Sesuai dengan namanya, Masjid Terapung Al Hussain terletak di atas perairan pinggir pantai (seperti mengapung di atas laut). Memiliki seni arsitektur tinggi dan letaknya langsung berhadapan dengan birunya lautan, semakin melengkapi ketenangan dan kedamaian bagi siapa saja yang mengunjungi masjid indah satu ini. Masjid ini juga memiliki daya tarik pemandangan matahari terbenam atau sunset yang cantik. 

Alamat : Masjid Terapung Al Hussain, 1, Persiaran Putra Timur, 02000 Kuala Perlis

2. Museum Kota Kayang

Kampung Kota Kayang adalah sebuah desa yang terletak di Kuala Perlis, di negara bagian Perlis Indera Kayangan, negara bagian paling utara di Malaysia dan berbatasan langsung dengan Thailand Selatan. Di dalam museum Kota Kaya, Anda bisa mengetahui seluruh sejarah berdirinya negeri Perlis hingga perjalanan pendidikan di negeri. Selain itu, museum ini juga menyimpan benda-benda peninggalan, seperti alat-alat penunjang kehidupan tradisional.

Alamat: Jalan Marhum Kayang 02000, Kuala Perlis 02000 Malaysia

Jam Buka: Setiap Hari (09.00 am – 05.00 pm)

Harga Tiket Masuk: Percuma

3. Kelam Cave

Salah satu gua yang paling menarik di Malaysia adalah Gua Kelam yang memiliki panjang 370 meter dan letaknya berdekatan dengan pasar kecil Kaki Bukit. Kawasan gua ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan mempesona. Gua Kelam terletak kira-kira 33 km ke utara Kangar dan sangat populer di kalangan wisatawan. Menariknya, pintu utama dan keluar gua berada di tempat lain. Satu-satunya jalan masuk ke gua ini melalui sebuah jembatan gantung kayu yang menghubungkan Kaki Bukit dengan Lembah Wan Tangga.

Di sekitar gua, terdapat sebuah “taman rahasia” di mana warga lokal biasa berenang. Terdapat pula peternakan rusa, camping ground, dan banyak gazebo yang biasa digunakan para wisatawan untuk bersantai. Satu hal yang perlu Anda pahami saat mengunjungi Kelam Cave adalah senantiasa menjaga kelestarian gua dan pohon-pohon yang ada di sekitarnya.

Alamat : 33 Km North of Kangar, Kaki Bukit, Malaysia

Jam operasional : Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.30 dan Sabtu, Minggu & Libur Nasional pukul 08.00 – 18.00

4. Tasik Melati Recreational Park (Melati Lake)

Untitled design 20 - Liburan di Perlis dengan Keluarga, Berikut Destinasi Wisatanya

Sumber: malaysia.panduanwisata.id

Taman ini cocok sebagai tempat pilihan keluarga untuk bersantai sambil menikmati suasana alam di sekelilingnya. Selain bersantai, Taman Tasik satu ini juga biasa digunakan untuk berbagai aktivitas fisik, seperti  jogging, bersepeda, dan bermain-main. Di Tasik Melati ini terdapat sebuah danau besar dan Anda bisa mengarunginya dengan menyewa perahu. Terdapat pula gazebo-gazebo yang berada di tengah danau yang menyajikan suasana indah nan alami. Sebagian besar pengunjung senang mengunjungi Taman Tasik ini karena cukup mampu mendatangkan ketenangan jiwa, mengurangi kepenatan, dan melepas lelah.

Alamat : 8 Miles from East Kangar, Kangar Malaysia

5. Puncak Wang Gunung

Pintu Wang Gunung ialah salah satu bukit tertinggi yang terletak di Perlis, Malaysia dan berbatasan langsung dengan negara Thailand. Bukit ini memiliki ketinggian mencapai 499 meter. Di kalangan para pecinta hiking, Wang Gunung sangat terkenal karena keunikan dan tantangannya yang mendebarkan dengan tebing-tebing yang sangat curam.

Alamat : Wang Gunung, Sungai Batu Pahat, Perlis

6. Snake and Reptile Farm

Taman Ular dan Reptilia (Snake and Reptile Farm) merupakan sebuah pusat penelitian yang dibangun untuk menghasilkan penawar bisa ular dan menjadi satu-satunya taman ular di Malaysia yang mempunyai lebih dari 20 spesies ular serta buaya dan biawak. Taman Ular dan Reptilia dikelilingi oleh Hutan Simpan Bukit Bintang yang berdekatan dengan Sungai Batu Pahat dan terletak 10 km ke utara bandar Kangar, Ibukota Perlis.

Pengunjung bisa melihat berbagai hewan reptilia selain ular, seperti buaya, burung, dan sebagainya. Di sini pengunjung juga dikenalkan berbagai jenis ular, cara-cara menghindarkan diri dari patuk ular, dan cara mengatasi sekiranya terkena patukan ular. Para petugas di taman ini bisa membantu Anda jika ingin mengambil gambar bersama ular jinak. Harga tiket masuknya juga murah, sekitar RM5.

Baca Juga: Jelajahi 8 Kuliner Malaysia Legendaris yang Tak Akan Terlupakan

Demikian daftar rekomendasi tempat wisata Perlis yang bisa jadi referensi Anda menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri nantinya, jangan lupa persiapkan juga dompet digital di smartphone Anda, yaitu aplikasi Qelola. Aplikasi keuangan ini akan membantu mengelola keuangan selama di luar negeri serta menyelesaikan transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola juga bisa Anda gunakan untuk bertransaksi antar sesama pengguna Qelola saat berada di negeri jiran Malaysia. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

 

Tags: , , , , , , , , , ,