Ini Aktivitas Pagi Sebelum Berangkat Kuliah, Biasakan Sejak Sekarang

aktivitas di pagi hari

Apa saja aktivitas pagi sebelum berangkat kuliah? Tentu saja tidak hanya sekadar mandi dan sarapan saja. Dunia perkuliahan memberikan banyak pelajaran baik belajar hidup mandiri hingga membuat sebuah keputusan. Tak jarang ada yang menemukan jodohnya sewaktu kuliah. Banyak kisah asmaranya, ada yang bisa bertahan lama tapi ada pula yang mengalami putus nyambung.

Saat kuliah ada juga yang menikmati aktivitas perkuliahan baik di kelas, ikut kegiatan mahasiswa, maupun aktif mencari tambahan uang saku. Ada yang sedih dan stres menghadapi perkuliahan? Ya, tentu saja adme tia seiring dengan pergantian semester, masalah teman, pacar, tugas yang menumpuk, hingga skripsi. Agar aktivitas kuliah juga terasa menyenangkan dan tidak terasa mononton, ada berbagai cara yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah membangun kebiasaan baik sebelum kuliah maupun setelah pulang kuliah. Ada aneka aktivitas yang dapat dilakukan sebelum berangkat kuliah. Apalagi kalau dapat jadwal kuliah pagi hari. Ada baiknya melakukan aktivitas pagi dan menjadi sebuah kebiasaan. Berikut aktivitas pagi yang bagus dilakukan sebelum kuliah:

Olahraga

Mumpung masih pagi, ada baiknya melakukan olahraga. Jangan hanya berpikir bisa bangun siang karena masuk kelas siang. Kamu dapat mengawali harimu dengan melakukan aktivitas pagi seperti olahraga. Aktivitas ini akan bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, menjaga kebugaran, serta konsentrasi. Olahraga tidak melulu harus berlangsung lebih dari 30 menit. Cari saja gerakan-gerakan yang mudah dilakukan di dalam kamar dan tidak membutuhkan ruangan luas seperti sit up, plank, push up, jumping jack, zumba, yoga dan lainnya. Sesekali bisa melakukan aktivitas pagi di luar rumah seperti jogging, berenang, lari, bersepeda.

materi kuliah 700x466 - Ini Aktivitas Pagi Sebelum Berangkat Kuliah, Biasakan Sejak Sekarang

Sumber: Pixabay/Luisella Planeta Leoni

Review Materi Kuliah

Sudah menjadi kewajiban mahasiswa untuk terus belajar. Apalagi jika perantau dari provinsi bahkan pulau yang berbeda. Kamu dapat mereview kembali materi yang sudah diberikan sebelum ya. Sehingga kalau ada kuis dadakan, kamu pun siap menjawabnya. Biasanya dosen juga akan memberikan kisi-kisi atau silabus tentang materi kuliah setiap pekannya. Kamu pun dapat membaca materi-materi yang akan dibahas pada hari itu. Dengan begitu kamu tinggal menanyakan hal-hal yang kurang paham saja. Baca terlebih dahulu materi yang akan dibahas bersama di kelas.

Baca Buku

Selain membaca materi kuliah, sah-sah saja jika mau membaca buku lainnya. Ambil waktu sebentar di pagi hari untuk membaca buku. Meskipun hanya beberapa halaman saja, setidaknya sudah terus dibaca dan tidak terhenti. Ketika kamu menerapkan rutinitas baik ini, tentu saja akan semakin suka baca buku dan menjadi kebiasaan yang baik. Bisakah dilakukan setiap pagi? Semakin banyak membaca buku bisa menambah pengetahuan, pengalaman, hingga menjawab rasa penasaran tentang sesuatu. Sesekali bisa membaca buku untuk refreshing namun juga perlu membaca buku yang mendukung perkuliahan.

Berdoa

Kegiatan yang rutin dilakukan selain olahraga dan baca buku adalah berdoa. Sempatkan diri untuk beribadah di pagi hari. Dengan aktivitas pagi ini, seseorang juga berusaha meraih kehidupan yang seimbang. Selain itu, berdoa atau beribadah juga salah upaya untuk menjaga kesehatan mental. Kegiatan ini merupakan komunikasi antara manusia dengan Sang Pencipta. Awali pagi dengan berdoa, yakni mengucap syukur atas hari yang baru dan berbagai anugerah kehidupan yang dirasakan. Selain itu juga memohon bimbingan dan berkat agar dapat menjalankan aktivitas sepanjang hari dengan baik dan lancar.

Me time

Selain berdoa, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk me time. Jangan sampai aktivitas perkuliahan malah terasa menjadi beban. Apalagi jika kamu punya keinginan besar untuk kuliah sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Me time penting dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan fisik maupun mental, memperbaiki suasana hati.

Saatnya kamu menghilangkan atau mengesampingkan sejenak gangguan yang ada dipikiran sebelum melakukan banyak aktivitas. Kamu bisa merawat diri seperti luluran. Selain itu, menikmati secangkir kopi, teh, atau susu di pagi hari. Perawatan wajah seperti menerapkan masker praktis juga dapat dilakukan saat pagi hari. Sempatkan diri untuk me time meskipun hanya beberapa menit saja. Suasana hati bagus, konsentrasi, dan badan terasa segar akan memudahkanmu menjalankan berbagai aktivitas di kampus.

Mendengarkan Lagu

Cobalah untuk mendengarkan lagu sembari mengumpulkan mood di pagi hari. Kamu bisa membereskan tempat tidur, membersihkan ruangan, dan lainnya ditemani dengan lagu-lagu kesukaan. Bisa saja mendengarkan lagu yang disukai, membuat playlist lagu yang bikin semangat pagi ataupun lagu-lagu yang menenangkan. Setiap orang pasti memiliki lagu maupun genre kesukaannya masing-masing.

aktivitas pagi 700x466 - Ini Aktivitas Pagi Sebelum Berangkat Kuliah, Biasakan Sejak Sekarang

Sumber: Pixabay/Aline Ponce

Sarapan

Aktivitas pagi yang tidak boleh dilewatkan adalah sarapan. Jika ingin memiliki berat badan ideal, bisa konsentrasi dan mendapatkan energi yang cukup maka sarapan adalah kuncinya. Biasakan sarapan sebelum berangkat kuliah. Meskipun kuliah kelas siang, sarapan perlu dilakukan. Jangan beralasan uang saku mahasiswa itu terbatas dan susah untuk mengatur bisa 3 kali makan dalam sehari. Justru itu, mulailah untuk belajar mengatur waktu makan dan uang saku. Menu sarapan yang bisa diolah dengan cepat dan disimpan cukup lama adalah oatmeal atau sereal. Bisa juga memilih menu makan yang tinggi serat sehingga rasa kenyang bisa tahan lama.

Soal keuangan mahasiswa terutama jika sedang berada di Malaysia, gunakan saja aplikasi Qelola. Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan aneka pembayaran dan kirim uang ke luar negeri dengan biaya yang murah. Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Nikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , ,