Ini Perbedaan Skripsi dan Tesis yang Perlu Diketahui Mahasiswa

mengerjakan skripsi atau tesis

Perbedaan skripsi dan tesis memang perlu diketahui oleh mahasiswa. Meskipun terdengar sepele namun ada beberapa hal yang membedakannya. Hal pertama yang paling mudah untuk membedakannya adalah tingkat jenjang pendidikan serta kedalaman ilmunya. Semakin tinggi tingkatan pendidikannya tentu semakin besar pula tanggungjawabnya. Pada umumnya mahasiswa akan mengerjakan skripsi atau tesis sebagai tugas akhir untuk menentukan kelulusan.

Skripsi dan tesis merupakan jenis dokumen akademik yang dikerjakan oleh para mahasiswa atau sarjana dari hasil penelitian mereka. Jika belum pernah mengenyam pendidikan pascasarjana tentu saja akan kebingungan membedakannya. Hal yang paling mudah diketahui, skripsi dikerjakan oleh mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan S1.

Meskipun sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi rupanya masih ada orang yang bingung membedakan skripsi dan tesis. Ada yang menganggap keduanya adalah hal yang sama, yakni tugas akhir. Jika sampai mengartikannya sama maka kamu salah besar. Penasaran dengan perbedaan skripsi dan tesis? Pada ulasan ini akan dibahas tentang perbedaan skripsi dan tesis yang perlu diketahui mahasiswa. Jangan sampai salah lagi!

mengerjakan skripsi 700x464 - Ini Perbedaan Skripsi dan Tesis yang Perlu Diketahui Mahasiswa

Sumber: Pixabay/ ds_30

Skripsi

Pengerjaan skripsi dilakukan oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan Strata 1 (S-1). Mahasiswa akan dibimbing oleh satu atau dua dosen pembimbing yang telah ditunjuk perguruan tinggi atau ditunjuk oleh mahasiswa yang bersangkutan. Bimbingan skripsi dilakukan supaya hasil skripsi mahasiswa berkualitas baik dari isi, penelitian, hingga penyampaiannya dalam bentuk dokumen akademik. Mahasiswa harus melakukan penelitian yang dilakukan sesuai dengan bidang studi yang diambil.

Skripsi akan dikerjakan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Isinya berdasarkan hasil penelitian di lapangan dan kepustakaan. Ada dasar-dasar teori yang dipilih. Kalau sudah sampai pada tahap skripsi ini, mahasiswa akan disibukkan dengan bolak balik perpustakaan untuk mendapatkan referensi. Namun, saat ini sudah ada jurnal yang dapat diakses secara online. Penulisan skripsi adalah bagian yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Namun, bobot penulisannya masih dalam kategori rendah hingga sedang.

Butuh waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan karya tulis ini. Pengerjaan skripsi adalah bagian dari kegiatan pendalaman disiplin ilmu lewat kegiatan penelitian dan menulis bagi mahasiswa program S-1. Kelulusan mahasiswa akan ditentukan dari kualitas hasil skripsi. Penyampaian dan pemahaman terhadap isinya harus dikuasai oleh mahasiswa. Penting untuk mengikuti kelas penulisan ilmiah dan metode penelitian yang umumnya akan diberikan di setiap semesternya.

Tesis

Sementara itu, tesis merupakan tugas akhir yang dikerjakan oleh mahasiswa program magister (S-2). inilah karya ilmiah tertulis yang disusun oleh mahasiswa pascasarjana. Tidak hanya sekadar menentukan kelulusan S-2, tetapi juga disusun berdasarkan dengan hasil penelitian yang empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis merupakan kompilasi penelitian yang membuktikan bahwa kamu memiliki pengetahuan tentang informasi yang dipelajari selama program pascasarjana.

Penelitiannya diambil dari pengalaman empiris, teori, dan bersifat mendalam. Tesis merupakan proyek yang menandai berakhirnya program magister. Mahasiswa program magister akan meneliti suatu topik kemudian mengalisis dan mengomentari informasi tersbeut. Topik itu akan dibahas, bagaimana hal tersebut bisa berkaitan dengan pokok bahasan tertentu.

Mahasiswa akan dituntut berpikir kritis tentang suatu topik dan mendiskusikan informasi itu secara mendalam. Inilah kesempatan untuk memperluas pengetahuan pada bidang yang sedang dikejar secara profesional. Penyusunan tesis akan lebih mendalam dibandingkan skripsi. Tugas riset yang dikerjakan mahasiswa program magister ini mempresentasikan pengetahuan mahasiswa menguasai bidang khusus. Sehingga bobot penulisannya termasuk sedang-tinggi.

rujukan 700x466 - Ini Perbedaan Skripsi dan Tesis yang Perlu Diketahui Mahasiswa

Sumber: Pixabay/ Jens P. Raak

Perbedaan Lain yang Perlu Diketahui

1. Keaslian penelitian:

  • Program S-1 akan bisa mereplika penelitian orang lain tetapi dengan bahasan atau topik yang berbeda.
  • Program S-2 mengutamakan keaslian penelitian dari penulis dan belum pernah ada yang menulisnya

2. Jumlah rujukan :

  • Rujukan yang wajib digunakan untuk tingkat S-1 minimal 20 item.
  • Jumlah rujukan wajib digunakan untuk tingkat S-2 minimal 40 daftar pustaka/rujukan.

3. Penguji:

  • Skripsi akan diuji oleh dosen minimal magister
  • Tesis akan diuji oleh dosen minimal magister berpengalaman atau bergelar doktor.

4. Rumusan masalah:

  • Skripsi: memiliki rumusan masalah sekitar 1-2
  • Tesis: memiliki minimal 3 rumusan masalah

5. Peranan dosen pembimbing

Peranan penulisan skripsi, 60 persen dilakukan oleh mahasiswa. Namun, dosen pembimbing masih memberikan bimbingan penulisan skripsi hingga 40 persen. Hanya saja setiap dosen juga memiliki caranya sendiri-sendiri untuk membimbing mahasiswanya.

Sementara itu, bagi mahasiswa program magister penulisan tesis 80 persen dilakukan sendiri. Dosen pembimbing akan berperan sekitar 20 persen saja. Semakin tinggi tingkatan pendidikannya maka akan semakin mendalam ilmunya dan tanggungjawab terkait kedalaman ilmu yang dipelajari.

Nah itulah beberapa informasi tentang perbedaan skripsi dan tesis. Penelitian dikerjakan dengan metodologi penelitian dan harus bisa dipertanggungjawabkan semuanya. Keduanya adalah penelitian yang dilakukan mahasiswa dengan bobot yang berbeda. Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin mendalam ilmu yang dipelajari.

Sementara itu, untuk memudahkan berbagai aktivitas transaksi uang secara online, pakai saja aplikasi Qelola. Bagi mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Negeri Jiran, jangan sampai tidak mengunduh aplikasi Qelola. Ada berbagai kemudahan untuk melakukan pembayaran termasuk beli pulsa, transfer uang, bayar listrik, dan lainnya. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola di sini untuk memudahkan berbagai transaksi cukup dari handphone saja.

Tags: , , , , , , ,