Daftar Skill Dalam Bekerja yang Perlu Dikuasai Fresh Graduate

Skill melamar kerja

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar pekerjaan. Pasalnya tidak hanya nilai yang bagus tetapi juga diperlukan skill dalam bekerja. Sering lulusan baru mengeluhkan kesulitan mendapatkan pekerjaan bahkan sampai menunggu berbulan-bulan baru dapat pekerjaan. Bagi lulusan baru atau fresh graduate kadang kala masih ragu untuk mendaftar pekerjaan ketika syaratnya harus punya pengalaman.

CV yang menarik pun belum tentu dapat mencuri perhatian HRD. Bagi fresh graduate dengan IPK tinggi pun perlu memiliki skill dalam bekerja supaya bisa jadi nilai tambah. Peluang untuk diterima bekerja pun akan semakin tinggi. Sebagai pencari kerja tidak hanya hanya sekadar bisa mengoperasikan komputer, bisa berbahasa asing, disiplin, dan lainnya. Lantas apa saja skill yang dibutuhkan bagi fresh graduate supaya mampu bersaing di dunia kerja?

skill dalam bekerja 700x466 - Daftar Skill Dalam Bekerja yang Perlu Dikuasai Fresh Graduate

Sumber: Pixabay/Werner Heiber

Simak Daftar Skill yang Perlu Dikuasai Fresh Graduate

  • Komunikasi

Meskipun setiap hari dan setiap waktu kita berbicara ataupun menuliskan pesan tetapi penting memiliki skill dalam bekerja, yakni komunikasi. Kamu pun sebenarnya sudah mengasah skill tersebut saat berorganisasi maupun dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Ketika kamu memiliki keterampilan komunikasi yang baik nantinya akan membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan. Tak sedikit perusahaan yang mencari kandidat karyawan memiliki skill komunikasi baik secara verbal maupun nonverbal. Bagi orang-orang yang melirik pekerjaan sebagai marketing, public relation, dan lainnya pun harus dapat menunjukkan komunikasi yang lancar dan baik.

  • Kerja Sama (Team Work)

Saat bekerja, kamu akan dituntut dapat melakukan komunikasi interpersonal yang baik sehingga dapat berkoordinasi dengan rekan kerja. Skill dalam bekerja ini perlahan harus terolah agar mampu membangun hubungan kerja dan membantu rekan kerja untuk mencapai tujuan bersama. Koordinasi tim harus jelas, terarah, berpikir kritis sekaligus bisa mendengarkan pendapat dari orang lain. Saat kamu memiliki skill teamwork yang baik dalam bekerja, maka akan tercipta kerja sama hingga lingkungan kerja yang nyaman.

  • Leadership/Kepemimpinan

Inilah salah satu skill dalam bekerja yang perlu dimiliki oleh fresh graduate. Meskipun tidak jadi pemimpin dalam suatu divisi atau manajer, tetapi skill ini perlu dimiliki. Kepemimpinan atau leadership berguna untuk menunjukkan jika kamu memiliki potensi dapat menggerakkan rekan kerja. Dapat menujukkan potensi memberikan dukungan dan semangat untuk diri sendiri dan rekan kerja. Ingat, ada pekerjaan yang harus dikerjakan sendiri tetapi ada kalanya harus mengerjakan secara tim. Tidak hanya itu, skill leadership juga berguna ketika kamu memutuskan tenggat waktu pekerjaan dengan baik.

  • Manajemen Waktu

Berikutnya adalah memiliki skill manajemen waktu. Setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya, ada yang cukup santai mengerjakan, suka menunda pekerjaan, cepat mengerjakan. Kamu perlu memiliki skill dalam bekerja seperti manajemen waktu. Apalagi saat mulai bekerja, kamu dituntut untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan berdasarkan deadline yang telah ditetapkan. Kadang kala ada yang harus direvisi sehingga membutuhkan tambahan waktu. Kamu pun perlu membagi waktu dengan baik agar tidak sampai lembur.

  • Berpikir Kritis

Fresh graduate perlu memiliki skill  berpikir kritis atau critical thinking. Kamu akan membuat keputusan secara logis ketika melakukan suatu pekerjaan. Sebagai pekerja akan dituntut mampu melakukan analisa. Kamu bisa menganalisi tren yang sedang menarik maupun masalah tengah terjadi. Kamu pun turut ambil bagian dalam perkembangan perusahaan. Ketika ada konflik atau masalah, kamu dapat mengambil keputusan dan menyelesaikannya dengan pertimbangan yang logis. Berpikir kritis dan mampu melakukan analisa ini penting dimiliki sehingga kamu perlu mengasah skill tersebut.

kerjasama 700x466 - Daftar Skill Dalam Bekerja yang Perlu Dikuasai Fresh Graduate

Sumber: Pixabay/ StartupStockPhotos

  • Kreatif

Tidak hanya mampu berpikir kritis dan mampu menganalisa masalah, pencari kerja juga perlu kreatif. Bagi para fresh graduate berpikir kreatif merupakan salah satu skill yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bergelut di dunia industri. Adanya persaingan di dunia bisnis industri, perusahaan memerlukan karyawan yang mampu berinovasi dan kreatif. Apalagi lulusan baru sangat diharapkan memiliki ide-ide kreatif dan inovatif untuk memajukan perusahaan. Ketika menjadi seorang guru pun juga terus dituntut untuk mau mengikuti perkembangan zaman, dapat mengajar anak-anak dengan cara yang kreatif dan inovatif.

  • Mengolah Emosi

Kamu perlu mengolah emosi ketika membangun relasi, kerja sama, bahkan saat masuk di dunia kerja. Setiap orang memiliki karakter maupun cara yang berbeda-beda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Skill dalam bekerja ini terdengar sangat konyol tetapi kecerdasan emosional ini sangat penting dimiliki. Apakah kamu mampu mengolah emosi terlebih saat di hadapkan dengan berbagai masalah?

Sering kali kita mendengar keluhan jika ada rekan kerja atau atasan yang gampang emosi, tidak mau tahu, dan terkadang menekan. Penting memiliki skill berupa kecerdasan emosional sehingga kamu pun dapat bekerja dengan profesional dan tidak mudah terbawa emosi. Kamu pun dapat menyikapi masalah, teman kerja, maupun atasan dengan pikiran yang tenang dan profesional.

Demikinlah daftar skill dalam bekerja yang perlu dimiliki fresh graduate agar mampu bersaing di dunia kerja. Untuk mengatur dan mempermudah selama mempersiapkan diri untuk bekerja, kamu bisa pakai aplikasi Qelola. Dengan Qelola, kamu akan lebih mudah transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Prosesnya cepat, mudah, murah, dan yang pasti aman. Selain itu, kamu juga lebih mudah membayar listrik, PDAM, beli pulsa, hingga mengisi kuota internet dengan aplikasi Qelola, segera unduh aplikasi Qelola di sini sekarang juga dan daftarkan dirimu untuk menikmati berbagai kemudahan lainnya.

Tags: , , , , , ,