Telusuri 7 Spot Menarik di Kota Bharu Malaysia Berikut!

kota bharu

Bukan Kuala Lumpur atau Penang, kota lain yang layak kamu kunjungi saat berlibur ke Malaysia adalah kota Bharu. Kota Bharu sendiri merupakan ibu kota dari negara bagian Kelantan yang terletak di Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat. Selain itu, diantara daerah administrasi lainnya di Kelantan seperti Pasir Mas, Tumpat, Pasir Puteh, Gua Musang, Machang, Tanah Merah, Jeli, Kuala Krai dan Bachok, Bharu adalah yang paling menarik minat turis.

Dalam bahasa Malaysia, kota Bharu berarti kota yang baru atau benteng baru. Disini, kamu akan menemukan banyak objek wisata menarik yang cukup populer. Mulai dari museum, pusat belanja, spot kuliner, landmark bersejarah, dan lain-lainnya. Daripada penasaran, yuk langsung simak informasi tentang tempat wisata menarik di Bharu, Kelantan, Malaysia berikut ini.

  • Istana Jahar

Istana Jahar sebenarnya merupakan sebuah museum yang sering disebut dengan nama Muzium Adat-Istiadat Istana Jahar. Walaupun baru diresmikan pada tahun 1992, bangunan muzium tersebut sudah ada sejak tahun 1855. Konon, Istana Jahar didirikan oleh Sultan Muhammad II sebagai hadiah untuk cucunya yang bernama Long Kundur Bendahara. Kini, Muzium Adat-Istiadat Istana Jahar menjadi salah satu objek wisata yang menarik banyak wisatawan karena desain bangunannya yang unik.

Keunikan tersebut ternyata merupakan jerih payah dari para seniman yang ada di Kelantan di masa lalu. Jika berkunjung kesini, kamu bisa mengetahui tentang sejarah Sultan Kelantan dari masa ke masa. Bahkan museum ini menyimpan banyak benda peninggalan sejarah seperti kendi gerabah, tembaga, perabotan lama, dan berkas-berkas sejarah.

  • Masjid Muhammadi

Masjid Muhammadi Kelantan - Telusuri 7 Spot Menarik di Kota Bharu Malaysia Berikut!

Sumber: pinterest

Masjid Muhammadi memiliki sejarah panjang yang cukup menarik. Sama halnya dengan Istana Jahar, masjid ini juga dibangun oleh Sultan Muhammad II. Pada mulanya, masjid tersebut didirikan dari kayu dan dipugar menjadi bangunan permanen pada tahun 1922. Desain masjid sendiri merupakan perpaduan dari gaya British dan bangunan Islam.

Oleh sebab itu, Masjid Muhammadi menjadi masjid dengan bangunan paling cantik di kota Bharu. Selain bisa beribadah dengan khidmat, kamu juga bisa mengikuti majelis ilmu yang diadakan pada waktu-waktu tertentu.

  • Menara Rehal

Bertandang ke kota Bharu rasanya tidak afdol jika tidak mampir ke Menara Rehal. Tempat yang menjadi gerbang utama menuju kota ini punya bangunan yang cukup instagramable. Banyak pelancong yang berhenti disini untuk mengabadikan foto dengan berlatarkan menara tersebut. Tak jauh dari objek wisata ini, kamu juga bisa sekalian mengunjungi Istana Jahar yang letaknya cukup berdekatan.

  • Muzium Diraja Istana Batu

Ada banyak museum yang bisa kamu eksplor selama mengunjungi kota Bharu, salah satunya adalah Muzium Diraja Istana Batu. Berdiri sejak tahun 1939, dulunya museum ini merupakan rumah milik Sultan Yahya Petra bersama istrinya yang bernama Zainab II. Namun perlu kamu tahu bahwa pendiri dari museum ini sebenarnya adalah Sultan Ismail.

Hingga akhirnya pada tahun 1991, tempat ini resmi dijadikan museum. Jika datang kesini, kamu bisa menemukan berbagai peninggalan raja-raja terdahulu seperti pakaian, artefak, perabot jadul, berbagai dokumentasi foto, dan lain-lain.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Menarik di Kelantan Malaysia

  • Pasar Siti Khadijah

Pasar Besar Siti Khadijah 700x525 - Telusuri 7 Spot Menarik di Kota Bharu Malaysia Berikut!

Sumber: pinterest

Pasar Siti Khadijah menjadi salah satu magnet wisata di kota Bharu. Hal menarik yang bisa kamu jumpai disini adalah semua penjual di dalam pasar adalah perempuan. Oleh sebab itu nama Siti Khadijah dipilih menjadi nama pasar tersebut. Selain menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, sayur, daging, dan bumbu dapur, kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh di pasar ini.

Ada banyak kerajinan tangan, kain songket, batik khas Malaysia, dan souvenir menarik lainnya yang bisa kamu berikan kepada keluarga saat liburan usai nanti. Pastikan untuk tidak melewatkan tempat yang satu ini ya!

  • Pasar Wakaf Che Yeh

Nikmati malam yang seru di Bharu dengan mengunjungi Pasar Wakaf Che Yeh. Bagi kamu yang hobi berbelanja, tempat ini jadi spot ideal untuk memuaskan hasrat belanjamu. Sama halnya dengan pasar Siti Khadijah, disini kamu juga bisa membeli berbagai kerajinan tangan, pakaian, atau aksesoris untuk buah tangan keluarga di rumah. Tak hanya itu saja, penikmat kuliner lokal juga wajib menyambangi tempat ini karena ada banyak makanan lezat yang harus kamu coba.

  • Pantai Cahaya Bulan

pantai pasir putih jakarta - Telusuri 7 Spot Menarik di Kota Bharu Malaysia Berikut!

Sumber: freepik

Jika ingin merasakan nuansa alam yang menenangkan, kamu bisa menjelajahi Pantai Cahaya Bulan. Pemandangan indah, udara yang sejuk, serta pasir pantainya yang putih siap menyambut kedatanganmu disini. Bahkan, sejauh mata memandang kamu akan menyaksikan luasnya Laut Cina Selatan. Pantai ini sangat cocok menjadi tempat pelarian dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Jangan lupa untuk menikmati keindahan pantai dengan minum es kelapa muda segar ya! Dijamin liburanmu akan semakin nyaman dan tentunya mengasyikkan.

Baca juga: Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

Selain mengetahui berbagai spot wisata menarik di Kota Bharu, Kelantan, Malaysia, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , ,