6 Rekomendasi Tempat Menarik di Penang Malaysia Terpopuler

penduduk malaysia

Kuala Lumpur dan Putrajaya merupakan dua wilayah persekutuan di Malaysia Barat yang selalu ramai didatangi wisatawan. Padahal, masih ada banyak destinasi wisata keren lain yang bisa kamu temukan di negara bagian di Semenanjung Malaysia seperti Kelantan, Terengganu, Perak, Kedah, Perlis, Selangor, Pahang, Johor, Negeri Sembilan, Melaka, dan Pulau Pinang. Berbicara tentang Pulau Pinang atau yang juga akrab disapa dengan Penang, ada banyak tempat menarik di Penang yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Malaysia.

Penang adalah satu dari negara bagian di Semenanjung Malaysia yang terdiri dari daratan Seberang Perai dan Pulau Pinang. Tempat ini merupakan rumah dari berbagai bangunan bersejarah peninggalan Inggris Raya dan juga etnis Tionghoa. Banyaknya bukti sejarah dari masa lalu yang ada di negara bagian ini membuat Penang diburu untuk tempat berlibur. Tak hanya berisi peninggalan sejarah saja, Pulau Pinang juga memiliki objek wisata alam dengan view instagenic yang sangat menyegarkan.

Tak berhenti sampai disitu saja, menghabiskan waktu di Penang Malaysia rasanya belum lengkap jika belum mencicipi kuliner lezat yang ada disana. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi wisata di Pulau Pinang, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat menarik di Penang Malaysia yang tidak boleh kamu lewatkan.

  • Fort Cornwallis

fort cornwallis penang - 6 Rekomendasi Tempat Menarik di Penang Malaysia Terpopuler

Sumber: pinterest

Fort Cornwallis merupakan landmark peninggalan sejarah yang berfungsi sebagai benteng pertahanan Inggris di masa lalu. Tempat menarik di Malaysia yang berdiri sejak tahun 1786 tersebut, selain menjadi tembok pertahanan juga berfungsi sebagai pusat administrasi. Jika masuk ke dalam kawasan wisata ini, kamu akan disambut dengan berbagai replika sejarah seperti meriam, ruang simpan amunisi, penjara, dan barang-barang antik dari era perang dunia silam.

  • Kek Lok Si Temple

silvia yohani gJ1L11k3BnU unsplash - 6 Rekomendasi Tempat Menarik di Penang Malaysia Terpopuler

Sumber: unsplash oleh @silviayohani

Jika Kuala Lumpur punya Thean Hou Temple yang menjadi kuil Budha tertua, di Penang Malaysia kamu bisa mengunjungi Kek Lo Si Temple yang jadi kuil Budha terbesar di level Asia Tenggara. Kek Lok Si Temple yang punya arti Kuil Kebahagiaan Tertinggi yang merupakan pusat wisata ziarah bagi penganut Budha dari Singapura, Hongkong, dan negara Asia lainnya ini mulai ada pada tahun 1905.

Bagi kamu yang non Budha, bisa menikmati objek wisata ini dengan cara lain seperti melihat pemandangan alam dengan view laut dan mengabadikan momen dengan latar kuil megah yang instagramable.

  • Pinang Peranakan Mansion

stefan k q84ItSFZDM unsplash - 6 Rekomendasi Tempat Menarik di Penang Malaysia Terpopuler

Sumber: unsplash oleh @stefankst

Peninggalan sejarah etnis Tionghoa bisa kamu saksikan saat mengunjungi Pinang Peranakan Mansion. Tempat yang kini menjadi museum tersebut menjadi gambaran kehidupan bangsawan China di waktu lalu. Pada mulanya, museum ini adalah rumah milik Kapitan Chung Keng Kwee. Di zaman sekarang, museum ini menyimpan beberapa koleksi benda antik, perabot jadul, dan perhiasan-perhiasan milik Baba Nyonya.

  • Khoo Kongsi dan Armenian Street

malaysia background grafitti colorful texture 700x467 - 6 Rekomendasi Tempat Menarik di Penang Malaysia Terpopuler

Sumber: freepik oleh freestockcenter

Peninggalan etnis China lainnya yang sangat populer di Pulau Penang adalah Khoo Kongsi dan Armenian Street. Khoo Kongsi merupakan hunian masyarakat Tiongkok di Penang Malaysia yang selesai didirikan pada tahun 1906. Bangunan unik dengan sentuhan khas arsitektur Tionghoa tersebut sangat viral di sosial media sehingga menarik minat banyak wisatawan. Dalam lokasi yang sama, terdapat gang kecil bernama Armenian Street yang menyimpan banyak karya seni fenomenal berupa mural-mural yang sangat instagenic.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di George Town Penang

  • Penang Hill/ Bukit Penang

fidelia zheng wlyiPNaTobo unsplash - 6 Rekomendasi Tempat Menarik di Penang Malaysia Terpopuler

Sumber: unsplash oleh fidelia zheng

Selain diisi dengan beragam bangunan bersejarah, Pulau Pinang juga punya objek wisata alam dengan panorama yang akan membuat kamu tersihir. Bukit Penang atau yang juga populer dengan sebutan Penang Hill adalah spot alami di Penang yang wajib kamu datangi. Untuk bisa sampai di puncak dengan ketinggian 821 meter  tersebut, kamu bisa menumpang kereta listrik Penang Hill Railway.

Perjalanan 30 menit menaiki kereta kabel tersebut akan terlupakan setibanya di puncak bukit  yang menawarkan pemandangan spektakuler. Selain itu, kamu bisa menyaksikan atraksi ular atau mengabadikan momen bersama ular yang penurut.

  • Pusat Jajanan Anjung Gurney

deva darshan 3SxghfyVLIc unsplash - 6 Rekomendasi Tempat Menarik di Penang Malaysia Terpopuler

Sumber: unsplash oleh deva darshan

Petualanganmu menjelajahi Penang akan lebih afdol jika dihabiskan untuk mencicipi kuliner khas Penang yang beragam dan lezat. Salah satu tempat makan terkenal yang banyak dikunjungi wisatawan saat singgah ke Pulau Pinang adalah Pusat Jajanan Anjung Gurney.

Pusat kuliner khas Penang yang buka dari jam setengah 5 sore hingga 11 malam ini juga punya menu internasional lho! Jika kamu ingin sekalian shopping, bisa mampir ke Gurney Plaza yang menjadi spot belanja murah di Pulau Pinang.

Baca juga: Intip 6 Tempat Kuliner di Penang yang Bisa Buat Gagal Diet

Sejuta keindahan di beberapa tempat menarik di Penang Malaysia tadi semoga menjadi referensi yang bermanfaat saat kamu berlibur ke Malaysia nanti. Selain mengetahui spot terkenal di Penang, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , , , , , , ,