Yuk, Coba Liburan ke Tempat Bersejarah di Malaysia!

Wisata Sejarah di Malaysia

Menikmati liburan bisa dilakukan dengan banyak cara. Seringkali, orang akan memilih untuk pergi ke kota lain atau negara lain. Tujuannya yaitu untuk mendatangi lokasi yang belum pernah didatangi sebelumnya, nostalgia, mencoba jenis makanan baru, dan lain sebagainya.

Saat sedang di tempat baru, sempatkan untuk mengunjungi tempat bersejarah lokasi tersebut. Kamu akan mendapat pengetahuan tambahan secara menyenangkan sebab bisa sambil piknik. Di Malaysia ada banyak tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tempat bersejarah di Malaysia yang sebaiknya kamu kunjungi.

1. Thean Hou Temple

DSCF0392 2 700x467 - Yuk, Coba Liburan ke Tempat Bersejarah di Malaysia!

Sumber: theworldtravelguy.com

 

Rekomendasi tempat bersejarah di Malaysia yang pertama yaitu Thean Hou Temple. Lokasinya berada di Persiaran Endah, Taman Persiaran Desa, 50460 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia. Thean Hou Temple merupakan kuil Budha tertua dan terbesar di Asia Tenggara. Seringkali Thean Hou Temple disebut sebagai Dewi Surga.

Bangunannya didirikan tahun 1894 dengan mengusung gaya arsitektur tradisional bercampur kontemporer. Terdapat berbagai prasasti dan ornamen tersebar di sepanjang dinding luar terlihat khas seperti ornamen Tiongkok yang rumit. Jika ingin berkunjung, jam operasionalnya pukul 8 pagi hingga 1o malam. Tidak ada biaya masuk Thean Hou Temple alias gratis.

2. Muzium Diraja Negara

Muzium Diraja - Yuk, Coba Liburan ke Tempat Bersejarah di Malaysia!

Sumber: visitselangor.com

Kamu bisa mengunjungi Muzium Diraja Negara jika ingin sedikit belajar tentang Kesultanan Selangor. Bangunannya terbagi menjadi 3 bagian yaitu halaman, sayar sisi barat, dan sayap sisi timur. Sayap sisi barat merupakan tempat pertemuan para raja. Saya sisi timur merupakan ruang tahta. Bangunan ini sudah berdiri sejak 1928.

Muzium Diraja Negara dibuka untuk kunjungan umum setiap hari pukul 9 pagi hinggal 5 sore. Harga tiket masuk sebesar 17 ribu rupiah untuk orang dews dan 7 ribu rupiah untuk anak-anak. Alamat lengkap lokasinya yaitu Jalan Istana, Istana Negara, 50460 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

3. Kellie’s Castle

146378dc 700x379 - Yuk, Coba Liburan ke Tempat Bersejarah di Malaysia!

Sumber: malaysia.travel

Pilihan tempat bersejarah di Malaysia yang lain yaitu Kellie’s Castle. Berlokasi di 31000 Batu Gajah, Perak, Malaysia. Seperti namanya, bangunan ini berbentuk kastil. Pembangunan dilakukan pada tahun 1810 oleh seorang petani Skotlandia yang terpandang. Desain bangunan ini menyerupai istana Mughal di India. Kellie’s Castle terbagi menjadi 3 tingkat. Di lantai 2 terdapat lapangan tenis yang sangat luas.

Selain itu, kastil ini memiliki ruang bawah tanah dan terowongan rahasia. Tidak tanggung-tangguh, ada akses lift di bangunan ini. Menurut banyak sumber, lift yang ada di Kellie’s Castle merupakan lift pertama di Malaysia. Kunjungan ke Kellie’s Castle bisa dilakukan pada pukul 9 pagi sampai 6 sore. Ada tarif untuk bisa berkunjung, untuk anak-anak sebesar 31 ribu rupiah dan dewasa 35 ribu rupiah.

4. A’ Famosa

str2 mingafamosa 1 mingteoh 700x467 - Yuk, Coba Liburan ke Tempat Bersejarah di Malaysia!

Sumber: theater.com.my

A’ Famosa merupakan tempat bersejarah di Malaysia yang bisa dikunjungi kapan saja. Terbuka selama 24 jam dan gratis tanpa biaya. A’ Famosa juga dikenal dengan sebutan Benteng Melaka. Pembangunannya dilakukan pada tahun 1511 menggunakan reruntuhan dan bahan sisa bangunan lain oleh bangsa Portugis. A’ Famosa didirikan sebagai tanda untuk para Portugis bahwa mereka telah berhasil menaklukkan tanah Melaka. Jika inign mengunjungi A’ Famosa kamu bisa langsung menuju Jalan Parameswara, Bandar Hilir, 78000 Alor Gajah, Melaka, Malaysia.

5. Masjid Jamek Sułtan Abdul Samad

jamek mosque - Yuk, Coba Liburan ke Tempat Bersejarah di Malaysia!

Sumber: tripadvisor.co.id

Rekomendasi tempat bersejarah di Malaysia selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah sebuah masjid. Berdiri sejak tahun 1907, Masjid Jamek Sultan Abdul Samad merupakan tempat ibadah umat muslim yang tertua di Malaysia. Arsitektur masjid ini menggunakan gaya campuran antara gaya Islam, Mughal, dan Moor.

Tempat ini terbuka untuk umum dan hanya ditutup sementara ketika waktu ibadah salat tiba. Tentu saja tidak ada biaya masuk lokasi. Jika berkunjung di malam hari akan terlihat lebih indah dengan kerlap-kerlip lampu. Masjid Jamek Sultan Abdul Samad bisa dikunjungi di daerah Jalan Tun Perak, City Centre, 50050 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

6. St Paul Church

remaining structure of - Yuk, Coba Liburan ke Tempat Bersejarah di Malaysia!

Sumber: tripadvisor.co.id

Selain memiliki kuil tertua, Malaysia juga memiliki gereja tertua di Asia Tenggara yaitu St Paul Church. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1521. Gereja ini sempat dialihfungsikan menjadi pabrik bubuk mesiu dan pernah terjadi kebakaran besar tahun 1824 sehingga kini hanya tersisa reruntuhannya saja.

St Paul Church berlokasi di Jalan Kota, Bandar Hilir, 75000 Melaka, Malaysia. Posisi bangunannya berada di atas bukit. Kamu pun perlu sedikit mendaki jika ingin mengunjungi gereja ini. Tenang saja, sudah ada anak tangga yang dibuat sehingga perjalanan ke atas tidak terlalu melelahkan.

 

Kapan lagi bisa jalan-jalan tapi mendapat pemahaman baru? Mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Malaysia tentu perlu dimasukkan ke dalam list wisatamu. Dari segi biaya pun tidak mahal. Agar piknikmu tidak terganggu, gunakan aplikasi Qelola jika kamu ingin mengirim uang luar negeri dari Malaysia ke Indonesia. Kamu tidak perlu pusing mencari bank terdekat.

Tidak hanya itu, aplikasi Qelola juga memudahkan dalam pembayaran tagihan rutin seperti BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa membeli pulsa melalui aplikasi ini. Wah, banyak sekali manfaatnya. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google App Store.

Tags: , , , , , , , , , , , ,