Untukmu Travelers, Simak 5 Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi

flat lay yellow luggage with copy space scaled - Untukmu Travelers, Simak 5 Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 yang masih berlanjut, membuat kita lebih banyak beraktivitas di rumah saja. Dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa menimbulkan rasa penat, bosan, hingga muncul stres. Namun, kita bisa memperkecil risiko tersebut dengan berlibur. Saat ini, pemerintah sudah kembali membuka beberapa tempat wisata dengan menerapkan adaptasi serta protokol kesehatan terbaru. Berikut ini tips aman liburan di tengah pandemi yang bisa kamu coba terapkan saat berlibur, simak yuk!

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat

front view assortment medical still life elements 700x467 - Untukmu Travelers, Simak 5 Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi

Sebelum berlibur tentunya pastikan keadaan tubuhmu serta partner liburanmu dalam kondisi sehat. Jika kondisi badan sedang tidak sehat, maka memungkinkan daya tahan tubuh menurun. Kondisi ini tentunya akan memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh, virus Covid-19 bisa menjadi salah satunya. 

Saat pandemi ini, ada baiknya untuk melakukan rapid test atau tes PCR sebelum berangkat untuk liburan. Beberapa tempat wisata juga mengharuskan untuk melakukan rapid test agar memastikan pengunjungnya dalam keadaan bebas Covid-19. Dengan melakukan rapid test atau tes PCR sebelum liburan pastinya akan membuat liburanmu lebih aman dan nyaman.

Tentukan destinasi yang aman

selective focus miniature tourist compass map with plastic toy airplane abstract background travel concept 700x467 - Untukmu Travelers, Simak 5 Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi

Cari tahu mengenai daerah wisata yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu. Cek apakah daerah tersebut memiliki angka penyebaran Covid-19 yang tinggi atau tidak. Virus Covid-19 lebih mudah menular di tempat yang tertutup dan padat orang. Lebih baik memilih lokasi wisata yang terbuka dan minim pengunjung. Dengan lokasi yang terbuka, maka sirkulasi udara akan mengalir lebih baik. 

Setelah itu, kamu juga harus pastikan tempat penginapan atau hotel yang akan kamu datangi sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Misalnya kewajiban memakai masker, pengecekan suhu tubuh, apakah tersedia fasilitas cuci tangan di area umum, frekuensi hotel melakukan desinfeksi, dan kualitas udara di kamar. Informasi ini bisa kamu cari melalui website atau media sosial tempat penginapan tersebut.

Baca Juga: Ketahui Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi Berikut Ini

Patuhi protokol kesehatan yang berlaku

girl treats her hands with antisuptics high quality photo 700x467 - Untukmu Travelers, Simak 5 Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi

Mulailah dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di tempat wisata dan fasilitas umum. Seperti memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak satu sama lain, mengurangi kontak, dan sering mencuci tangan dengan air dan sabun adalah sejumlah hal yang tetap harus diperhatikan selama liburan. Dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku maka keamanan dan kenyamanan bersama selama liburan bisa terwujud.

Bawa hygiene kit pribadi

dental cleaning items copy space 700x467 - Untukmu Travelers, Simak 5 Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi

Jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi seperti sikat gigi, handuk, tempat minum dan alat makan. Hal ini akan meminimalisir terjadinya penularan virus Covid-19 dari barang-barang. Selain itu, pastikan juga kamu membawa cadangan masker lebih. Hand sanitizer juga wajib di dalam tasmu untuk digunakan ketika tidak tersedia tempat cuci tangan. 

Itu dia tips liburan aman di tengah pandemi Covid-19 yang bisa kamu coba terapkan. Walaupun sudah diperbolehkan untuk bepergian, harus tetap mementingkan kesehatan diri dan keluarga ya. Menerapkan protokol kesehatan saat bepergian tentunya demi menjaga kemananan dan kenyamanan bersama. Jika kamu dan keluarga sedang merasa tidak enak badan jangan takut untuk periksa ke dokter terdekat.

Jika kamu memilih Malaysia sebagai salah satu destinasi untuk liburan, untuk mengelola keuanganmu bisa pakai aplikasi Qelola loh. Aplikasi Qelola akan memudahkanmu dalam mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Tentunya dengan biaya administrasi yang murah serta langsung sampai! Jadi tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan transaksi pakai Qelola. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola melalui Playstore di smartphone-mu sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,