Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

karakteristik negara Malaysia

Malaysia adalah negara di Asia Tenggara yang hampir memiliki budaya dan bahasa yang mirip dengan Indonesia. Negara yang mendapat julukan negeri Jiran tersebut dulunya merupakan persinggahan para pedagang yang ada di seluruh dunia. Bahkan, beberapa dari mereka memilih untuk tetap tinggal di negara yang beribukota Kuala Lumpur tersebut. Hal ini kemudian membuat Malaysia menjadi negara multietnis karena dihuni oleh beragam suku dan ras.

Istilah TKI atau Tenaga Kerja Indonesia pasti sudah akrab di telingamu. Zaman sekarang, Malaysia menjadi salah satu negara tujuan orang-orang mencari nafkah sebagai TKI. Selain diburu karena lapangan pekerjaan, banyak warga negara Indonesia yang melanjutkan studi, berwisata, bahkan berobat saat mengunjungi negara Malaysia. Hal menarik apa saja yang menjadi magnet negeri Jiran ini ya? Yuk temukan fakta-fakta menarik lainnya tentang karakteristik negara Malaysia lewat artikel berikut ini.

  • Negara dengan Iklim Tropis

beautiful architecture building exterior kuala lumpur city malaysia 700x467 - Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

Sumber: freepik oleh lifeforstock

Tak hanya budaya dan bahasanya saja yang mirip, Malaysia ternyata juga punya iklim tropis yang sama dengan Indonesia. Jika melihat dari letak astronomisnya, negara Malaysia berada di 1°LU – 7°LU dan 100°BT – 119°BT. Keadaan iklim tersebut membuat Malaysia punya dua musim pada tiap tahunnya yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Negara dengan iklim tropis biasanya banyak menarik minat wisatawan asing karena wilayahnya mendapatkan asupan sinar matahari sepanjang 12 jam tiap hari.

Banyaknya sinar matahari yang ada di negara ini juga diimbangi dengan curah hujan tinggi yang mencapai 260-800 mm tiap tahun. Walaupun banyak mendapat sinar matahari, suhu di Malaysia tidak terlalu panas. Di daerah pegunungan suhunya ada di angka 12 derajat hingga 25 derajat celcius sedangkan di kawasan pantai antara 21 derajat hingga 23 derajat celcius.

Baca juga: Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

  • Sistem Pemerintahan yang Unik

pexels thilipen rave kumar 1625603 - Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

Sumber: pexels

Karakteristik negara Malaysia yang unik bisa dilihat dari sistem pemerintahannya. Malaysia sejauh ini menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional yang berarti negara dipimpin oleh seorang Raja. Sebutan Raja di Malaysia sendiri adalah Yang di-Pertuan Agong yang dipilih oleh 9 sultan Negeri-negeri Malaya.

Umumnya, tahta Raja Malaysia akan bergulir tiap 5 tahun sekali. Yang di-pertuan Agong punya kuasa untuk menunjuk kepala pemerintahan sebagai Perdana Menteri di Malaysia. Dengan kata lain, Malaysia dikawal oleh kepala negara dan kepala pemerintahan dalam sistem pemerintahannya.

  • Ekonomi Terbesar Ketiga di Asia Tenggara

business growth concept grey white wall side view hand putting wood block onto tower 700x467 - Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

Sumber: freepik oleh 8photo

Keadaan ekonomi di Malaysia diperkuat dari sektor pertanian yaitu karet dan minyak kelapa. Selain itu, Malaysia banyak melakukan ekspor di bidang gas alam cair, kayu, karet, tekstil peralatan olahraga, serta elektronik. Berbagai negara tujuan ekspor tersebut diantaranya adalah Cina, Singapura, Amerika Serikat, dan Thailand. Walaupun sempat diguncang krisis ekonomi pada tahun 1998, Malaysia berhasil bangkit hingga menjadi negara dengan ekonomi terbesar ketiga di Asia Tenggara.

Baca juga: Tentang Negara Malaysia, Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

  • Suku, Ras, dan Agama Beragam

islamic women friends fist bumps 700x494 - Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

Sumber: freepik oleh rawpixel.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa Malaysia adalah negara multietnis yang terdiri dari banyak suku dan ras. Negara ini dihuni oleh suku Melayu, orang Tionghoa, India, Euroasia, Eropa, dan lain-lain. Suku Melayu adalah orang asli Malaysia yang memiliki ciri khas kulit sawo matang, postur tubuh yang sedang dan rambut hitam. Sebagai negara Asia, Malaysia masih menganut budaya ketimuran yang menjunjung tinggi adat istiadat dan norma-norma kesopanan.

Baju tradisional orang Melayu biasanya disebut dengan istilah baju kurung. Baju ini terdiri dari setelan baju lengan panjang dan bawahan yang panjang. Selain itu, lebih dari setengah warga negara Malaysia menganut agama Islam, jadi di Malaysia pun Islam menjadi agama mayoritas. Sisanya adalah pengikut agama Budha, Kristen, Hindu, dan kepercayaan orang Tiongkok.

  • Bahasa Sehari-hari Malaysia

profil negara malaysia - Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

Sumber: freepik

Karakteristik negara Malaysia lainnya yang terbilang unik adalah bahasa yang dipakai. Di Malaysia, penduduk berkomunikasi dengan bahasa Melayu dan bahasa Inggris. Banyaknya pendatang yang kemudian tinggal di negeri Jiran tersebut membuat bahasa Inggris menjadi bahasa sehari-hari orang disana. Maka jangan heran jika banyak penduduk di Malaysia yang cukup fasih berbahasa Inggris.

Baca juga: Wajib Tahu! ini Tips Mudah Menguasai Bahasa Malaysia

Demikian rangkaian fakta menarik yang bisa kamu simak tentang karakteristik negara Malaysia. Jika kamu saat ini ada di negara Malaysia, pastikan untuk mengunduh aplikasi Qelola di smartphonemu. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan online yang akan memberimu kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi. Mulai dari kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel, juga beli pulsa dan kuota internet. Semua itu bisa kamu lakukan langsung dari hp secara online lho! Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,