7 Rekomendasi Tempat Menarik di Kota Kinabalu untuk Pelancong

kota kinabalu

Malaysia adalah negara yang dibagi menjadi dua kawasan yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Keduanya berlokasi di tempat yang berjauhan dan dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Selama ini, Malaysia Barat menjadi pilihan utama para pelancong untuk berlibur. Padahal, di Malaysia Timur kamu juga bisa menemukan banyak objek wisata menarik yang tak kalah populer seperti kota Kinabalu.

Jika kamu tertarik untuk datang ke kawasan Malaysia Timur yang ada di pulau Kalimantan paling utara, jangan lupa untuk kunjungi kota Kinabalu. Kota ini adalah kota yang paling berkembang di seantero Malaysia Timur. Hal ini karena selain menjadi ibukota dari negara bagian Sabah, Kinabalu juga merupakan pusat pemerintahan sekaligus pusat industri dan perbelanjaan. Agendakan liburanmu ke Malaysia dengan singgah ke berbagai objek wisata unggulan di kota Kinabalu berikut ini.

  • Mount Kinabalu

gunung kinabalu malaysia - 7 Rekomendasi Tempat Menarik di Kota Kinabalu untuk Pelancong

Sumber: unsplash oleh Ling Tang

Kota Kinabalu merupakan kota wisata yang menjadi tujuan utama para wisatawan saat berlibur ke Sabah Malaysia. Salah satu spot wisata alam yang sangat populer di kota ini adalah Gunung Kinabalu atau Mount Kinabalu. Bahkan, gunung ini juga sudah dianggap sebagai ikon dari kota Kinabalu sendiri. Tak hanya itu saja, Mount Kinabalu juga terletak di dalam kawasan Kinabalu Park yang telah mendapatkan anugerah sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4.095 meter di atas permukaan air laut. Hal ini membuatnya menjadi gunung paling tinggi di Malaysia, bahkan di Asia Tenggara.

Gunung Kinabalu tak hanya terkenal karena menjadi gunung tertinggi di Negeri Jiran. Di dalam kawasan gunung tersebut bahkan terdapat 6.000 jenis spesies tumbuhan. Salah satu spesies flora yang paling unik adalah bunga Raflesia Arnoldi. Selain itu, Mount Kinabalu juga menjadi spot hiking terfavorit para pendaki karena akses menuju puncaknya cukup mudah dan nyaman untuk ditaklukan.

  • Muzium Sabah

Wisata sejarah selama ini selalu dianggap hal yang paling membosankan. Namun hal berbeda akan kamu temukan saat mengunjungi Muzium Sabah. Salah satu objek wisata sejarah di kota Kinabalu ini akan mengajak kamu untuk menelusuri masa lalu dengan beragam koleksi benda bersejarah yang ada di dalamnya.

Menariknya, di dalam museum tersebut ada empat galeri yaitu Kampung Warisan, Muzium Budaya Islamik Sabah, Taman Etnobotani dan Pusat Sains dan Teknologi. Selain mengetahui berbagai kisah dan sejarah tentang Kinabalu, tur museum ini juga menampilkan banyak koleksi pameran sejarah, keramik, etnografi, natural history, dan ruangan arkeologi.

  • Pasar Gaya

Tak hanya mengunjungi berbagai objek wisata menarik saja, kamu juga wajib mampir ke Pasar Gaya saat berada di Kinabalu. Di tempat ini, ada banyak jenis barang yang bisa kamu beli seperti makanan, hasil tangkapan laut, pakaian, hingga souvenir cantik yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Namun, perlu kamu tahu bahwa pasar ini hanya buka pada hari Jumat dan Sabtu saja mulai pukul 6 pagi. Selain menjadi tempat belanja murah, Pasar Gaya juga jadi spot kuliner wisatawan yang mampir ke Kinabalu. Jadi, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat ini ya!

  • Kota Kinabalu City Mosque

Kota Kinabalu City Mosque - 7 Rekomendasi Tempat Menarik di Kota Kinabalu untuk Pelancong

Sumber: unsplash oleh Chester Ho

Kota Kinabalu, dulunya bernama Jesselton. Di kota ini berdiri megah sebuah masjid yang elok bernama Kota Kinabalu City Mosque. Masjid ini juga mendapat sebutan sebagai Masjid Terapung Likas karena dibangun di atas danau buatan di tepi Teluk Likas. Selain itu, masjid ini juga memiliki desain eksterior dan interior yang cukup instagramable untuk diabadikan. Tak hanya indah, masjid ini juga akan memberikan suasana nyaman dan tenang sehingga ibadahmu akan lebih khusyuk.

  • Signal Hill

Jika ingin menikmati kota Kinabalu dengan cara yang anti mainstream, datang saja ke Signal Hill. Disini kamu bisa menikmati suasana keindahan kota dari ketinggian. Keunikannya tersebut berhasil memikat banyak wisatawan yang ingin menyaksikan panorama  kota Jesselton dari atas. Signal Hill juga bisa jadi opsi untuk melewatkan sore hari dengan memandangi keindahan matahari yang tenggelam di antara gedung-gedung pencakar langit yang ada di kota. Bahkan, dari sini kamu juga bisa melihat Laut Cina Selatan lho!

  • I Love KK Sign

Sesuai dengan namanya, tempat ini menjadi lokasi berdirinya monumen bertuliskan I Love KK. Jadi, saat menghabiskan waktu libur di Kinabalu rasanya belum lengkap jika tidak datang ke tempat ini. Kesempatan mengunjungi I Love KK Sign juga harus kamu abadikan melalui kamera sebagai kenangan bahwa kamu pernah mampir kesini. Selain berfoto di depan KK Sign, kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang tak kalah fotogenik. Bahkan, tempat ini menjadi salah satu spot keren untuk menikmati sunset di sore hari.

  • Waterfront Seafood Night Market

seafood kinabalu - 7 Rekomendasi Tempat Menarik di Kota Kinabalu untuk Pelancong

Sumber: unsplash oleh Caroline Attwood

Wisata kuliner juga wajib jadi agenda kamu saat berlibur ke kota Kinabalu. Salah satu spot kuliner yang harus kamu kunjungi adalah Waterfront Seafood Night Market. Tempat ini terkenal sebagai surganya street food kuliner olahan laut. Berbagai hidangan seafood yang lezat akan kamu temukan dengan mudah saat mampir kesini. Nikmati santapan seperti ikan, cumi, gurita, dan udang yang sudah diolah dengan racikan bumbu spesial khas Kinabalu.

Baca juga: Dapatkan Rekomendasi Rumah Sewa Kota Kinabalu Terbaik

Menjelajahi kota Kinabalu menjadi agenda liburan yang pastinya akan membuat kamu ingin datang lagi kesini. Jika ada kesempatan, cobalah untuk menjelajahi spot wisata keren lainnya ya! Selain singgah ke berbagai spot wisata menarik di Kinabalu, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphone-mu.

Tags: , , ,