5 Daftar Gunung di Malaysia yang Bisa Kamu Jelajahi saat Liburan

Gunung Kinabalu

Sebutan negeri Jiran disematkan ke negara Malaysia karena letaknya yang berdekatan dengan Indonesia. Selain menjadi negara tetangga, keduanya memiliki banyak persamaan dalam beberapa hal. Mulai dari budaya, bahasa, iklim, hingga kondisi geografisnya. Keindahan alam di Malaysia ternyata tak kalah indahnya dengan yang ada di Indonesia. Mulai dari sungai, pantai, hutan hujan tropis, dan gunung di Malaysia menyuguhkan panorama yang memanjakan mata.

Menjelajahi pegunungan yang ada di negara dengan ibukota Kuala Lumpur tersebut bisa jadi ide segar untuk mengisi waktu liburmu nanti. Apakah kamu tertarik untuk berpetualang mendaki gunung di Malaysia tersebut? Jika iya, simak informasi menarik tentang berbagai gunung di Malaysia berikut ini.

  • Gunung Korbu

Area pegunungan menjadi ladang favorit untuk dieksplorasi oleh para pecinta alam. Namun, bagi kamu yang masih pemula dalam dunia hiking, sebaiknya memilih gunung dengan ketinggian yang rendah. Jika kamu sedang mencari kawasan gunung di luar negeri dengan tingkat kesulitan yang rendah, cobalah untuk mendaki Gunung Korbu.

Korbu Mount berdiri megah dengan ketinggian 2183 meter di atas permukaan air laut. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang masih berada di tahap coba-coba untuk menaklukan sebuah gunung. Selain mudah diakses, pegunungan Korbu akan memberimu pemandangan alam yang cantik nan eksotik. Jika  berhasil naik ke atas, kamu akan sampai ke puncak tertinggi yang bernama Titiwangsa.

  • Gunung Mulu

gunung Mulu - 5 Daftar Gunung di Malaysia yang Bisa Kamu Jelajahi saat Liburan

Sumber: pinterest

Gunung di Malaysia yang bisa jadi pemberhentian selanjutnya adalah gunung Mulu. Terletak di negara bagian Serawak, ketinggiannya mencapai 2376 meter di atas permukaan laut. Disini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan batu-batu karst tropis yang sangat instagrammable.

Selain itu, disini kamu akan menjumpai banyak gua yang menjadi sejarah geologi selama hampir 1,5 juta tahun. Bersamaan dengan Taman Nasional Gunung Mulu, kawasan pegunungan ini telah tercatat sebagai salah satu situs warisan budaya UNESCO.

  • Gunung Murud/ Muru

Selain Gunung Mulu, di Serawak terdapat gunung megah lainnya yang bernama Gunung Murud. Namun, beberapa orang juga sering menyebutnya dengan nama Muru. Saat mendaki gunung di Malaysia ini, bersiaplah untuk menyaksikan keindahan alam spektakuler dari ketinggian 2423 meter di atas permukaan laut.

Beberapa poin yang membuat gunung ini istimewa adalah adanya batu lawi di dalamnya. Bahkan, terdapat dua batu raksasa dan susunan bebatuan yang bentuknya mirip dengan anjing. Selain itu, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis buah yang siap makan. Perlu kamu ketahui bahwa untuk bisa mencapai puncak pegunungan Murud bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya meminta pertolongan pemandu yang sudah berpengalaman untuk bisa menaklukkannya.

Baca juga: Menjelajahi Tempat-Tempat Menarik di Kota Kinabalu

  • Gunung Tambuyukon

Beralih ke wilayah Sabah, kamu bisa berpetualang ke pegunungan Tambuyukon. Bertengger di atas pegunungan Crocker, ketinggiannya mencapai 2579 meter di atas permukaan air laut. Kamu bisa datang ke gunung ini melalui dua jalur yaitu dari jalur Marudu atau jalur Poring.

Walaupun ketinggiannya masih kalah dengan Gunung Kinabalu, Tambuyukon ternyata lebih sulit untuk ditaklukan. Namun, jerih payahmu saat mencoba mendakinya nanti akan terbayarkan dengan panorama elok yang menanti di puncak.

Baca juga: 7 Tempat Menarik di Sabah Malaysia yang Harus Masuk Itinerary

  • Gunung Kinabalu

Raflesia Arnoldi de los b9sques de Sumatra y Borneo - 5 Daftar Gunung di Malaysia yang Bisa Kamu Jelajahi saat Liburan

Sumber: pinterest

Gunung Kinabalu menjadi penutup informasi gunung di Malaysia yang bisa kamu jelajahi. Kinabalu Mount, menjadi sangat populer karena tercatat sebagai gunung tertinggi di Malaysia. Memiliki ketinggian 4095 di atas permukaan air laut, Gunung Kinabalu berada di wilayah Sabah. Sama halnya dengan Mulu Mount, pegunungan Kinabalu juga terdaftar sebagai situs warisan dunia.

Kawasan gunung Kinabalu ini dihuni oleh 6000 spesies tumbuhan yang salah satunya adalah bunga Raflesia. Selain menyimpan koleksi bunga langka tersebut, pegunungan Kinabalu juga punya pemandian air panas alami yang akan membuatmu rileks. Gunung Kinabalu bahkan menjadi salah satu pegunungan favorit pendaki karena akses menuju puncak cukup mudah untuk dilalui.

Baca juga: Dapatkan Rekomendasi Rumah Sewa Kota Kinabalu Terbaik

Demikian rangkaian informasi tentang gunung di Malaysia yang bisa kamu jelajahi. Menaklukan puncak gunung merupakan salah satu kegiatan menantang yang akan membuat liburanmu tak terlupakan. Karena tak selalu mudah, pastikan kamu melakukan persiapan yang matang sebelum berangkat.

Selain menambah wawasan diri tentang gunung di Malaysia, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , , ,